Now Reading
Hati-hati! Ini 7 Tanda Tubuh Kelebihan Air Putih

Hati-hati! Ini 7 Tanda Tubuh Kelebihan Air Putih

Dhevita Wulandari

Minum air putih memang baik untuk kesehatan. Namun, jika berlebihan akan berdampak buruk. Perhatikan 7 tanda tubuh kelebihan air putih ini!

Minum air putih dengan takaran yang cukup setiap harinya memang dapat memberikan efek baik dan sehat pada tubuh. Namun, terlalu banyak minum air putih juga dapat berbahaya bagi tubuh.

Kondisi tubuh kelebihan air putih disebut sebagai overhydrated atau overhidrasi. Artinya, tubuh mengalami ketidakseimbangan dari cairan yang masuk. Hal ini terjadi saat tubuh menampung lebih banyak cairan dibanding dengan yang dihasilkan.

Dikutip dari Insider, minum terlalu banyak air putih dapat menyebabkan efek samping mulai dari iritasi ringan hingga dapat mengancam nyawa yang disebabkan oleh ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh. Elektrolit dalam tubuh seperti kalium, natrium, dan magnesium membantu segala kegiatan yang terjadi dalam tubuh mulai dari ginjal hingga jantung. Namun, ketika tubuh kelebihan air, tubuh dapat mengalami gejala seperti, mual, muntah, kembung, dan diare. Kemudian, konsentrasi garam dalam darah pun menjadi berkurang sehingga menyebabkan pembengkakan pada sel-sel tubuh.

Tanpa disadari, tubuh ternyata punya alarm otomatis ketika tubuh kekurangan air yaitu dengan munculnya rasa haus. Rasa haus adalah tanda tubuh membutuhkan air putih. Namun, sejumlah orang minum air tanpa merasakan haus terlebih dulu. Jika Mommies mengonsumsi air putih ketika tidak haus, kemungkinan Mommies sudah meminum lebih dari yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga, sebaiknya biarkan rasa haus menjadi tanda untuk minum dan jika ingin minum saat tidak haus, usahakan minum secukupnya.

Baca juga: Berapa Banyak Kebutuhan Air pada Anak?

Pada tubuh kelebihan air putih, sebenarnya tanpa disadari ada tanda dan gejala yang muncul. Beberapa tanda tubuh kelebihan air putih di antaranya adalah seperti berikut ini.

1. Linglung dan disorientasi
Pada kasus yang berat, minum terlalu banyak air dapat menurunkan konsentrasi natrium dalam darah dan menyebabkan otak membengkak sehingga berisiko dan berbahaya bagi kesehatan tubuh. Jika sudah mulai mengalami tanda-tanda seperti kebingungan, kejang, atau kehilangan kesadaran, sebaiknya segera temui dokter.

2. Urine jernih
Sama seperti rasa haus, warna urine juga dapat menunjukkan apakah tubuh kekurangan atau kelebihan minum. Dikutip dari Healthline, urine yang bewarna kuning pucat atau sedikit kekuningan seperti limun menunjukkan tubuh terhidrasi dengan sehat. Namun, jika urine tidak berwarna, mungkin tubuh kelebihan cairan dan perlu mengurangi asupan air.

Untuk tanda-tanda tubuh kelebihan air putih lainnya dapat dibaca di halaman selanjutnya ya, Mommies.

Photo by Camila Quintero Franco on Unsplash

Baca juga:

Kebutuhan Air Minum Ibu Hamil dan Ibu Menyusui

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top