banner-detik
HEALTH & NUTRITION

7 Cara yang Bisa Dilakukan Agar Anak Mau Makan Sehat

author

gitalarasw02 Sep 2021

7 Cara yang Bisa Dilakukan Agar Anak Mau Makan Sehat

Apakah Mommies sering kebingungan karena Si Kecil suka pilih-pilih makanan? Berikut cara yang bisa dilakukan agar anak mau makan sehat. 

Asupan makanan bergizi sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Sumber makanannya beragam, mulai dari daging ayam dan sapi, buah-buahan, hingga sayur-sayuran. Makanan dengan kandungan nutrisi tinggi ini juga menjaga sistem kekebalan tubuh anak yang dibutuhkan selama masa pandemi. Apalagi, sudah ada beberapa sekolah yang memulai Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

Sayangnya, terkadang anak suka pilah-pilih makanan. Orang tua pun mesti pintar-pintar memikirkan strategi agar anak melahap makanan yang disajikan.

Berikut 7 cara yang bisa dilakukan agar anak mau makan sehat

1. Biarkan anak membantu menyiapkan makanan

Membiasakan anak terlibat di dapur memberikan gambaran kepadanya bagaimana proses pengolahan makanan. Ia pun lebih mengenal dan bertanggung jawab terhadap makanan yang dikonsumsi. Sebagai contoh, Mommies bisa mengajak Si Kecil yang berusia TK untuk memilih sayur dengan warna-warna menarik sebagai bahan dasar sup. Sementara untuk anak usia SD bisa membantu mengaduk atau mengukur bahan.

2. Pahami porsi makan anak

Jika Si Kecil tidak makan sesuai porsinya, jangan langsung dimarahi ya, Mommies! Seperti orang dewasa, anak juga mengalami perubahan nafsu makan. Sediakan berbagai pilihan menu makanan sehat dan sesuaikan dengan selera makanan anak. Jadikan makan sebagai pengalaman yang menyenangkan, bukan menimbulkan trauma. Namun, jika nafsu makan anak tak kunjung membalik dalam lebih dari tiga hari, segera periksa ke dokter ya, Mommies.

3. Ajak anak fokus pada makanannya

Sebaiknya biasakan anak untuk fokus saat makan. Artinya, anak duduk dan menikmati aktivitas makan, bukan makan sambil menonton televisi atau mengakses gawai. Makan dibarengi dengan distraksi seperti ini membuat anak sulit mendeteksi rasa kenyang sehingga rentan membuatnya makan berlebihan (overeating).

Ingin tahu trik lainnya agar anak terbiasa makan makanan sehat? Klik link berikut ini ya, Mommies!

BACA JUGA:

Mengintip Karya Fotografer Mengabadikan Kebiasaan Makan Anak Selama Seminggu

Meningkatkan Nafsu Makan Anak yang Menurun

Share Article

author

gitalarasw

-


COMMENTS