Now Reading
10 Pertanyaan Tentang Kulit Sensitif yang Paling Sering Ditanyakan

10 Pertanyaan Tentang Kulit Sensitif yang Paling Sering Ditanyakan

Dhevita Wulandari

Ini dia 10 pertanyaan tentang kulit sensitif beserta jawabannya. Semoga membantu untuk para Mommies.

Mengetahui jenis kulit bisa membantu kita untuk menentukan jenis perawatan dan pemilihan produk yang akan kita lakukan. Karena tanpa tahu jenis kulit yang kita miliki, akanlah sia-sia secanggih dan semahal apapun perawatan dan produk yang kita pilih.

Salah satu jenis kulit yang membutuhkan perawatan susah-susah gampang adalah kulit sensitif, karena memiliki tingkat toleransi yang rendah terhadap pemakaian skincare atau makeup jika kandungannya tidak sesuai.

Untuk mengenal kulit sensitif lebih dalam lagi, berikut adalah 10 pertanyaan tentang kulit sensitif yang paling sering ditanyakan.

1. Kulit sensitif itu seperti apa?

Kondisi di mana kulit dapat dengan mudah mengalami iritasi akibat berbagai faktor. Bisa karena faktor internal, tapi bisa juga karena faktor eksternal akibat pola hidup yang tidak baik.

2. Apa ciri-ciri kulit sensitif?

Masalah paling umum adalah lapisan kelembapan kulit yang terganggu. Jika kelembapan kulit tidak terlindungi dengan baik, skin barrier akan mengalami berbagai masalah dan kerusakan. Kulit sensitif juga bisa dilihat dari kulit yang mengalami dehidrasi di mana kulit menjadi kering dan gatal bahkan mengalami pengelupasan atau muncul kondisi seperti bersisik, kasar, dan pecah-pecah. Ciri-ciri kulit sensitif lainnya adalah kulit terasa tidak nyaman, sering merasa perih, kaku, dan muncul kemerahan.

3. Apa yang menyebabkan kulit sensitif?

Sering kali penyebab kulit sensitif yang muncul tidak disadari, sehingga terlambat ditangani. Beberapa hal yang menyebabkan kulit sensitif antara lain adalah paparan sinar matahari, polusi, perubahan suhu yang terlalu ekstrim, dan eksfoliasi yang berlebihan.

Bisa juga dari faktor kimiawi karena pemakaian produk kecantikan dan perawatan yang tidak sesuai dengan kebutuhan kulit.

Sebab lainnya dari sisi psikologis yang kurang baik, seperti stres dan emosi berlebihan. Makanan yang dikonsumsi juga dapat menjadi faktor penyebab kulit sensitif.

4. Bagaimana saya tahu kulit saya sensitif atau tidak?

Perlu dilakukan pengecekan seperti apakah wajah sering merasa panas atau perih ketika menggunakan produk kosmetik atau perawatan wajah, wajah sering berubah kemerahan, mudah gatal, kering, mengelupas, dan terasa kencang. Jika sudah merasakan sebagian besar dari beberapa hal ini, kemungkinan kondisi kulit Anda sensitif.

5. Adakah tes untuk mengetahui kulit sensitif?

Untuk mengetahui apakah seseorang memiliki kulit sensitif, cobalah lakukan tes sederhana sebelum membeli produk. Salah satunya dengan memanfaatkan tester yang tersedia. Untuk produk kosmetik dan perawatan kulit wajah, bisa dengan cara mengoleskan secara tipis pada bagian belakang telinga. Dan untuk produk perawatan kulit tubuh, bisa dengan mengoleskannya pada punggung tangan.

Tunggu sekitar lima menit untuk melihat apakah produk tersebut menimbulkan reaksi. Jika ada reaksi kemerahan, gatal atau perih, maka jangan gunakan produk tersebut.

6. Kulit sensitif apakah bisa sembuh?

Harus benar-benar mengetahui mengapa kulit sensitif itu terjadi, kemudian barulah bisa menemukan solusi yang sesuai. Hentikan juga penggunakan produk yang tidak cocok dengan kulit sensitif. Dengan perawatan tepat dan pola hidup yang baik, kulit sensitif dapat diatasi.

7. Bagaimana cara merawat kulit sensitif?

Jika sudah mengetahui faktor penyebab, cara merawatnya akan lebih mudah dilakukan. Perawatan terhadap kulit sensitif bisa dimulai dari memilih produk yang ramah untuk kulit sensitif dan produk khusus kulit sensitif.

Hindari mandi terlalu lama. Cukup mandi dengan durasi 10 – 15 menit saja, setelah itu rutin aplikasikan pelembap. Hindari juga terlalu sering memegang dan mencuci wajah.

Selanjutnya, hindari paparan sinar matahari yang terlalu lama. Jika harus beraktivitas di luar ruangan, gunakan pakaian lengan panjang, celana panjang, topi yang bisa sedikit menutupi bagian wajah, dan gunakan sunscreen secara rutin.

Apabila semua cara di atas sudah dilakukan tetapi tidak juga memperlihatkan hasil, cobalah konsultasikan ke dokter kulit.

8. Kandungan apa saja dalam skincare yang dibutuhkan untuk kulit sensitif?

Orang dengan kulit sensitif harus mengetahui apa masalah utamanya, baru kemudian cari kandungan skincare yang sesuai dengan permasalahan tersebut. Bisa dengan menggunakan produk perawatan kulit sensitif yang mengandung centella asiatica dalam bentuk pelembap atau serum, lidah buaya, teh hijau, chamomile, polifenol (zat kimia yang ditemukan pada tumbuhan), gliserin yang aman untuk kulit sensitif, petrolatum atau petroleum jelly, bakuchiol, jojoba oil, pelembap dengan kandungan pseudo-ceramide dan jangan lupa sunscreen dengan perlindungan UVA dan UVB.

9. Kandungan apa saja di dalam skincare yang harus dihindari kulit sensitif?

Hindari penggunakan skincare dengan kandungan bahan kimia yang bersifat iritan bagi kulit sensitif dan produk efoliasi yang keras.

10. Produk apa yang cocok untuk kulit sensitif?

Dalam pemilihan produk, yang harus diperhatikan adalah fungi dan kegunaan yang sesuai dengan kebutuhan kulit sensitif seperti yang terdapat pada Cetaphil. Cetaphil menyediakan rangkaian produk perawatan kulit, mulai dari pembersih wajah dan tubuh, pelembap, serta produk untuk masalah kulit umum yang bisa dipakai untuk semua jenis kulit, bahkan kulit yang sensitif.

Produk-produk dari Cetaphil sudah teruji secara dermatologi bisa menjadi pilihan bagi orang-orang yang memiliki kulit sensitif. Salah satu yang bisa direkomendasikan adalah Cetaphil Gentle Skin Cleanser. Produk ini diciptakan sebagai pembersih yang lembut untuk membersihkan namun tanpa menghilangkan kelembapan kulit, cocok digunakan oleh semua jenis kulit termasuk kulit sensitif, dan dapat digunakan untuk wajah dan tubuh.

Selanjutnya bisa menggunakan Cetaphil Daily Advance Ultra Hydrating Lotion yang menghidrasi dan menjaga kesehatan kulit tubuh, cocok untuk semua jenis kulit terutama untuk kulit yang kering, bahkan sangat kering. Pilihan produk lainnya ada Cetaphil Moisturizing Lotion yang mengandung avocado oil untuk melawan polusi dan menenangkan kulit. Bisa digunakan untuk semua jenis kulit, dari kulit kering sampai berminyak, dan juga untuk kulit sensitif.

Jangan lupa untuk menjaga kulit sensitif dari sinar matahari dengan menggunakan produk Cetaphil Daily Facial Moisturizer SPF 15. Selain sebagai sunscreen dengan SPF 15 dan PA++ untuk melindungi kulit tubuh dari UVA dan UVB, produk ini juga sebagai pelembap yang bisa digunakan untuk semua jenis kulit.

Semoga jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tentang kulit sensitif ini membantu untuk para pejuang kulit sensitif 😊.

Baca juga: 5 Bahan Aktif Skincare yang Sebaiknya Tidak Digunakan Bersamaan

Subscribe Youtube Mommies Daily.

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top