Now Reading
Tidak Kontak Fisik Tapi Rutin Berkirim Pesan? Waspada Tanda Micro Cheating

Tidak Kontak Fisik Tapi Rutin Berkirim Pesan? Waspada Tanda Micro Cheating

Dhevita Wulandari

Asik chatting dengan orang yang bukan pasangan sah dan merasa hal itu wajar-wajar saja? Mungkin Anda sudah masuk ke dalam Micro Cheating.

Percaya perkataan kebanyakan orang bahwa mau ditutupi bagaimanapun, cepat atau lambat perselingkuhan dan kebohongan tetap akan terkuak juga. Sehingga tampaknya tidak ada ruang aman bagi orang yang berselingkuh dalam suatu hubungan. Jika sudah begitu, siap-siap menanggung risikonya, deh!

Baca juga: Usia Rawan Perselingkuhan

Dikutip dari Binus Psychology, selingkuh adalah perilaku melanggar komitmen hubungan, yang akhirnya melukai rasa percaya dalam sebuah hubungan romantis. Selingkuh juga merupakan sebuah penyakit dalam suatu hubungan. Selingkuh itu sendiri biasanya sering diartikan dengan dua orang yang menjalin hubungan padahal sudah mempunyai pasangan, punya intensitas berkomunikasi, bertemu, dan kontak fisik yang dilakukan secara diam-diam.

Baca juga: 13 Jenis Perselingkuhan dan Alasan di Baliknya

Lalu, bagaimana sebenarnya hubungan yang dijalin oleh dua orang yang bukan sepasang kekasih sah dan tidak ada kontak fisik? Seperti sering berkirim pesan meski tidak menggunakan panggilan ‘sayang’, sering memantau sosial medianya, curhat dengan lawan jenis, dan merasa nyaman dengan seseorang lain yang bukan pasangan sahnya? Apalagi kalau semua hal itu dilakukan tanpa sepengetahuan pasangan sah. Hati-hati, mungkin saja Anda sedang dalam fase Micro Cheating!

Apa sih Micro Cheating itu?

Menurut Psikolog Melanie Schilling seperti dikutip dari laman The Good Housekeeping, micro cheating diartikan sebagai serangkaian tindakan yang tampaknya kecil, tapi mengindikasikan kalau seseorang tersebut secara emosional atau fisik telah terfokus pada orang lain yang ada di luar hubungan mereka, alias bukan pasangan resminya.

Bukan kontak fisik yang dilakukan seperti kebanyakan permasalahan selingkuh yang terjadi, melainkan emosi alias perasaan yang sudah terbagi-bagi fokusnya. Apabila Anda merasa tidak asing dengan kondisi seperti ini, bisa jadi Anda telah melakukan selingkuh kecil atau ‘micro cheating’ ke pasangan.

Baca juga: Kenapa Perselingkuhan Sulit Diakhiri? Ini 10 Alasannya!

Selain saling berkirim pesan, micro cheating ditandai dengan beberapa ciri seperti:

– Stalking akun medsos seseorang yang disuka.
– Dandan dengan tujuan ingin menarik perhatian ‘si dia’.
– Tidak membahas ‘si dia’ dengan pasangan sah.
– Segera menghapus riwayat obrolan di ponsel agar tidak ketahuan pasangan.
– Punya akun aplikasi dating dan sering menggunakannya diam-diam.
– Tidak saling membicarakan pasangan masing-masing saat sedang chating dengan si dia.

Jika Anda merasa melakukan hal-hal dengan tanda-tanda di atas, kemungkinan besar Anda memang melakukan micro cheating. Namun, ini bukan hal sepele, micro cheating juga bisa berujung petaka, lho! Untuk tahu lebih jelasnya, baca di HALAMAN SELANJUTNYA.

Photo by Asterfolio on Unsplash

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top