banner-detik
FITNFAB MOMMY

10 Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan, Salah Satunya Meningkatkan Imun Tubuh

author

?author?19 Aug 2021

10 Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan, Salah Satunya Meningkatkan Imun Tubuh

Manfaat Jahe merah untuk kesehatan ternyata ada banyak dan salah satunya untuk meningkatkan imun tubuh. Penting di masa pandemi. 

Jahe merah - Mommies Daily

Umumnya orang awam mengenal jenis jahe hanya dua macam, jahe putih dan jahe merah. Tapi ternyata, masih ada varian lainnya, jahe emprit, dan jahe putih putih besar. Nah, sekarang saya akan fokus membahas varian jahe merah.

Dari bentuk fisiknya mirip seperti jahe putih yang biasa digunakan untuk rempah memasak. Namun punya warna kulit merah. Dan jenis ini memang lazimnya digunakan sebagai bahan baku obat-obatan. 

Rasa pedas yang jahe merah punya berasal dari zat keton zingeron, nah zat ini lebih banyak dari jahe putih. Hebatnya lagi, jahe merah mengandung agen antibakteri, seperti Escherichia coli, Salmonella enteriditis, dan  Staphylococcus aureus untuk melawan bakteri jahat. Tak hanya itu jahe merah juga mengandung minyak atsiri yang sangat tinggi. Kandungan ini dikenal dapat meredakan masalah pernapasan.

Baca juga: Waspada! Ini 10 Tanda Imun Tubuh Lemah

Jahe merah - Mommies Daily

Dari sekian banyak kandungan jahe merah, ini dia manfaatnya untuk tubuh:

1. Mengatasi seputar masalah pencernaan

2. Meningkatkan imun tubuh

3. Mengatasi asma

4. Mengurangi gejala demam dan flu

5. Mengurangi rasa mual yang disertai pusing, akibat masuk angin atau mabuk perjalanan

6. Mengatasi radang tenggorok

7. Mencegah radang usus. Zat aktif zingeron yang sudah saya sebut di atas dapapt menghambat enzim yang memicu peradangan di pencernaan.

8. Menurunkan berat badan. Ekstrak jahe merah diketahui dapat mengontrol nafsu makan, karena sesaat kita mengonsumsinya, akan merasa kenyang lebih lama. Selain itu, efektif membakar kalori dan lemak.

9. Mengatasi reumatik karena kandungan zat flavonoid, yang dapat meredakan peradangan.

10. Meningkatkan kesuburan pria.

Minyak atsiri pada jahe merak punya efek afrodisiak. Sehingga dapat mengatasi beberapa gangguan reproduksi yang dialami pria. Afrodisiak adalah zat kimia yang digunakan untuk merangsang daya seksual. Cara kerjanya, meningkatkan serta melancarkan sirkulasi aliran darah dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui, jika aliran darah lancar akan berdampak juga ke aliran darah penis, dan akhirnya memungkinkan pria mengalami ereksi. Selain itu, kandungan antioksidannya diyakini mampu meningkatkan jumlah hormon testosterone yang berperan penting meningkatkan kesuburan pria.

Kiat agar manfaat jahe merah bisa optimal, hindari menambahkan gula atau pemanis buatan lainnya. Karena hanya akan menganggu penyerapan zat antioksidan pada jahe. Selain itu, mengonsumsi jahe merah disarankan, paling banyak 1-2 ruas ibu jari, atau setengah sampai 1 sendok makan bubuk jahe merah dalam satu hari.

Cuci jahe merah di air mengalir, garang di atas api, hingga kulitnya sedikit kehitaman. Lalu hilangkan dulu bagian kulit kehitaman yang tadi terbakar, dengan cara dikerok pakai sendok, selanjutnya geprek dan rebus hingga aroma pedas jahe merah keluar.

Baca juga: Hindari 5 Kebiasaan yang Membuat Imun Tubuh Lemah

Share Article

author

-

Panggil saya Thatha. I’m a mother of my son - Jordy. And the precious one for my spouse. Menjadi ibu dan isteri adalah komitmen terindah dan proses pembelajaran seumur hidup. Menjadi working mom adalah pilihan dan usaha atas asa yang membumbung tinggi. Menjadi jurnalis dan penulis adalah panggilan hati, saat deretan kata menjadi media doa.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan