Now Reading
Jangan Sering Dicukur, Ini 7 Manfaat Rambut Kemaluan bagi Vagina yang Jarang Diketahui

Jangan Sering Dicukur, Ini 7 Manfaat Rambut Kemaluan bagi Vagina yang Jarang Diketahui

Dhevita Wulandari
Manfaat Rambut Kemaluan - Mommies Daily

Manfaat rambut kemaluan bagi vagina untuk kesehatan organ intim ternyata ada banyak lho, Mommies! Nah, sebelum terlalu sering mencukur, cek dulu manfaatnya.

Mencukur rambut kemaluan memang bisa memberi kesan yang bersih, namun jarang diketahui pula bahwa rambut kemaluan memiliki fungsi penting bagi kesehatan organ intim. Salah satunya melindungi vagina dari risiko infeksi dan iritasi.

Dikutip dari Health, Jessica Shepherd, MD, seorang ahli bedah ginekologi di Baylor University Medical Center mengatakan, “Rambut kemaluan menjadi pelindung bagi tubuh, Keberadaan rambut ini dapat membantu mencegah bakteri dan patogen yang tak diinginkan masuk ke vagina.”

Sebaiknya dipikir ulang terlebih dulu sebelum akhirnya memutuskan untuk waxing habis atau mencukur bulu kemaluan.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Otot Vagina yang Kendur

Berikut beberapa manfaat rambut kemaluan bagi vagina.

1. Perlindungan alami dari virus dan bakteri

Rambut kemaluan menjadi penghalang dan pelindung alami dari virus dan bakteri untuk membantu menjaga kebersihan organ intim. Dengan adanya rambut kemaluan, virus dan bakteri akan tersaring dan tidak bisa langsung masuk ke vagina.

Saat rambut atau bulu kemaluan benar-benar dihilangkan, kulit sekitar vagina akan menjadi rentan terhadap iritasi. Hal ini dikarenakan pencabutan rambut kemaluan membuka folikel rambut sehingga meninggalkan luka kecil yang terbuka. Maka dari itu, menjadi benteng pelindung juga merupakan salah satu manfaat rambut kemaluan bagi sistem reproduksi wanita.

2. Membantu mengontrol kelembapan vagina

Salah satu alasan kenapa rambut atau bulu tumbuh di bagian organ intim adalah untuk mengontrol kelembapan di kulit. Saat kelembapan terjaga, kemunginan vagina terkena infeksi jamur juga akan lebih rendah.

3. Meningkatkan sensasi seks

Ketika bulu terkena sentuhan, akan ada sedikit sensasi yang dikirim ke ujung-ujung saraf yang kemudian terekam di otak sebagai rangsangan ringan. Apabila rambut kemaluan dicukur habis, sensasi tersebut akan hilang. Tidak hanya itu, rambut kemaluan juga dapat menjaga organ intim tetap hangat. Suhu hangat ini pada sebagian orang ternyata dapat meningkatkan gairah saat berhubungan seksual.

Baca juga: 7 Hal Berbahaya Untuk Vagina, Jangan Coba Dilakukan, ya!

Nah, apakah Mommies masih ingin mencukur bulu kemaluan? Coba simak lagi manfaat lain dari rambut kemaluan di halaman selanjutnya, salah satunya bisa menambah Libido!

Photo by Charles Deluvio on Unsplash

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top