Now Reading
5 Jenis Vaksin Covid-19 yang Beredar di Indonesia. Apa Saja Perbedaannya?

5 Jenis Vaksin Covid-19 yang Beredar di Indonesia. Apa Saja Perbedaannya?

dewdew
jenis vaksin covid

Kenali jenis vaksin Covid-19 yang saat ini beredar di Indonesia. Meski kita nggak bisa pilih-pilih jenisnya, nggak ada salahnya mengetahui perbedaannya.

Demi mencapai herd immunity alias kekebalan kelompok terhadap pandemi Covid-19, vaksin jadi salah satu cara terefektif saat ini, tentunya ada syaratnya. Syarat untuk mencapai kekebalan kelompok dalam suatu negara, minimal 70% rakyatnya harus sudah divaksin. That’s why pemerintah lagi ‘galak-galaknya’ mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mau divaksin. Untuk itu, yuk kenali jenis vaksin Covid-19 yang saat ini beredar di Indonesia. Meski kita nggak bisa pilih-pilih jenis vaksin yang tersedia, nggak ada salahnya kita mengetahui perbedaan masing-masing jenis, ya, kan?

Vaksin Sinovac

Teknologi vaksin Sinovac memanfaatkan virus SARS-COV-2 alias virus Corona yang telah dimatikan (inactivated). Hal ini dilakukan dengan tujuan memicu respons imun kita. Metode ini sebenarnya sudah terbukti efektif dan telah digunakan dalam pengembangan vaksin lain, seperti vaksin flu dan vaksin polio. Efikasinya sendiri di Indonesia berdasarkan riset mencapai sekitar 65%. Nilai efikasi bisa berubah, ya, mommies, karena sampai saat ini riset masih terus dilakukan. Sementara WHO menyebut bahwa Sinovac memiliki nilai efikasi 51% mencegah kasus COVID-19 bergejala pada mereka yang berusia 18 tahun ke atas. 

Sinovac baru mendapat validasi dari WHO tanggal 1 Juni 2021, sehingga bisa dipastikan vaksin Sinovac aman, teruji mutunya, dan terbukti khasiatnya. Dengan diterbitkannya Emergency Use Listing (EUL), melalui Kemenkes, pemerintah meyakini bahwa WHO memastikan vaksin Sinovac telah memenuhi standar internasional. Standar tersebut adalah untuk keamanan, efikasi, dan pembuatan. Sinovac sendiri sudah melewati uji klinis tahap ketiga dan digunakan lebih dari 20 negara di dunia.

Photo by Ivan Diaz on Unsplash

Klik halaman selanjutnya untuk informasi vaksin AstraZeneca

Pages: 1 2 3 4 5
View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top