Now Reading
Update Covid-19: Daftar Negara Asia Yang Izinkan Anak Divaksin dan Cerita Mona Ratuliu Terpapar Virus Corona

Update Covid-19: Daftar Negara Asia Yang Izinkan Anak Divaksin dan Cerita Mona Ratuliu Terpapar Virus Corona

dewdew
izinkan anak divaksin

Update Covid-19: Beberapa negara Asia sudah mulai izinkan anak divaksin. Ada juga cerita Mona Ratulia dan Indra Brasco terpapar Covid.

Per 4 Juni 2021, beberapa negara Asia berikut ini sudah mengizinkan anak dengan usia tertentu divaksin Covid-19. Negara Singapura sendiri membuka membuka program vaksinasi untuk anak remaja berusia 12-18 tahun mulai 1 Juni. Sementara Jepang sudah lebih dulu menyetujui penggunaan vaksin Corona Pfizer untuk anak usia 12 tahun ke atas pada tanggal 28 Mei 2021. Filipina juga sejak tanggal 26 Mei memutuskan untuk memberi izin penggunaan vaksin Corona Pfizer BioNTech untuk anak-anak di usia 12-15 tahun. Memang kebanyakan pemberian vaksin ini dilakukan untuk di atas usia 12 tahun. Tapi lebih baik, deh, daripada nggak, ya, kan? Lalu Indonesia kapan? 

Juru bicara bicara vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan, pihaknya masih menunggu rekomendasi dari IDAI dan organisasi profesi lainnya, termasuk ITAGI, terkait penggunaan vaksin Covid-19 bagi anak-anak. Sepertinya kita yang di Indonesia masih harus sabar menanti hingga beberapa waktu ke depan. 

Kasus aktif Covid-19 naik 12,5%

Update Covid per 8 Juni 2021, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 , Ganip Warsito menyatakan bahwa dalam waktu 4 hari terakhir, kasus aktif COVID-19 naik 12,5%. 

Dari jumlah terendah kasus aktif yang dimiliki Indonesia per 18 Mei adalah 87.514, saat ini menjadi 98.455. Hal ini diungkapkan oleh Ganip pada Rapat Koordinasi Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Nasional. Yang paling signifikan peningkatan jumlahnya hingga 1000 kasus dalam 5 pekan terakhir adalah DKI Jakarta, Jawa Tengah, Kepulauan Riau, Aceh dan Sumatera Barat. Yuk, bisa, yuk, tingkatkan lagi protokol kesehatan. Biar pandemi cepat berlalu.

Baca juga: 5 Fakta Badai Sitokin yang Bisa Menyebabkan Kematian Pada Penderita Covid-19

Infeksi jamur hitam terkait virus Corona

Belum dilaporkan terjadi di Indonesia, sih, tapi ada baiknya kita juga mengetahui mengenai informasi ini. Di Chilli, petugas medis telah melaporkan kasus jamur hitam yang terkait dengan virus Corona. Tadinya infeksi ini ditemukan pertama kali di India. Dinyatakan ratusan orang sedang berjuang melawan infeksi jamur hitam yang kemunculannya bersamaan dengan varian baru Corona, yaitu varian Delta atau B1617.2. Infeksi ini juga menyebabkan kematian yang mencapai lebih dari 50 kasus. Lalu saat ini sudah ditemukan di Chili, juga Uruguay. Infeksi jamur hitam ini menyebabkan penglihatan kabur, nyeri dada, hingga sulit bernapas. 

Cerita Mona Ratuliu dan Indra Brasco terpapar Covid-19

Baru-baru ini Mona Ratuliu akhirnya menceritakan kisah ia dan suaminya terinfeksi Covid-19 hingga tak bisa bertemu dengan anak-anaknya hingga sebulan. Kisah berawal ketika di bulan April, suaminya Indra Brasco dinyatakan positif Covid. Sempat isoman di rumah, setelah menunjukkan gejala di hari ke-6 Indra Brasco akhirnya harus dirawat di rumah sakit dan sempat menunjukkan penurunan fungsi ginjal. Sementara Mona yang tadinya dinyatakan negatif, ketika merasakan gejala, kembali tes PCR dan kemudian dinyatakan positif Covid-19. Berhubung Numa anak bungsunya masih menyusu, si bayi pun ikut Mona diisolasi. “Wah, rasanya kayak naik roller coaster, deh,” terang Mona. Alhamdulillah saat ini Mona sekeluarga bisa berkumpul kembali setelah keduanya dinyatakan negatif. 

Photo by Adam Nieścioruk on Unsplash

 

 

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top