Now Reading
Pola Hidup Sehat pada Anak = Investasi Jangka Panjang

Pola Hidup Sehat pada Anak = Investasi Jangka Panjang

pola hidup sehat

Orang tua, jangan sampai lupa ya untuk memiliki salah satu investasi jangka panjang yang sangat penting ini: ajarkan anak pola hidup sehat!

Bicara tentang investasi, ternyata nggak harus selalu tentang finansial. Di luar urusan investasi seputar saham, pasar uang dan obligasi, urusan  mengajarkan anak kecerdasan emosional, memastikan anak sehat secara fisik serta mental itu juga jenis investasi yang tidak kalah penting. 

Di masa-masa seperti ini, kesehatan menjadi hal paling utama yang perlu diperhatikan. Tak hanya kesehatan untuk para orang tua, namun juga kesehatan untuk anak. Makanya, Mommies jangan hanya fokus mengatur pola hidup sehat untuk diri sendiri (karena merasa sudah tua, uhuk) namun juga penting mengajarkan anak mengenai pola hidup sehat. 

Mengajarkan anak untuk menjalankan pola hidup sehat SEBAIKNYA dimulai sejak dini. Karena tak hanya penting menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkan imunitas, namun juga membentuk kebiasaan anak untuk terus melakukan pola hidup sehat hingga dewasa. Selain itu, menjalankan pola hidup sehat juga dapat membantu tumbuh kembang anak lebih optimal.

Apakah mudah? Tentu tidak, hahaha. Duh, membuat diri kita rutin berolahraga dan mengonsumi makanan sehat aja kadang butuh pecutan, apalagi mengajarkan si kecil, iya nggak? Terlebih anak kecil kan belum paham benar apa untungnya menjalani pola hidup sehat untuk mereka. 

Agar tidak terlambat, sebagai orang tua kita bisa mencoba melakukan beberapa cara berikut ini:  

1. Menjadi contoh yang baik bagi anak 

Children see, children do. Kita semua pasti tahu ini. Anak itu lebih mudah melakukan apa yang kita juga lakukan dibanding melakukan apa yang kita katakan. Mau anak senang makan buah dan sayur? Ya jadilah orang tua yang juga doyan makan buah dan sayur. Ingin anak nggak malas olahraga? Ya kita sebagai orang tua jangan bisanya nyuruh doang terus kita leyeh-leyeh manja. Kita juga harus aktif olahraga. 

2. Sediakan Camilan Sehat

Coba ingat-ingat, saat kita capek sama kerjaan atau santai nonton film di rumah, camilan yang kita makan apa? Keripik-keripik asin penuh MSG, cokelat manis dengan tinggi lemak atau es krim satu kotak besar? Kalau jawabnnya iya, ya jangan heran kalau anak juga maunya segala macam manis dan MSG. Coba deh, biasakan kalau di rumah ngemilnya buah-buahan, atau flourless cake, kacang almond (untuk yang nggak alergi). Buah memiliki rasa banyak kandungan bermanfaat untuk anak, kaya akan vitamin yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh anak. 

3. Berlatih Mengunyah Makanan dengan Perlahan

Mengunyah makanan secara perlahan ternyata sangat penting loh, Mommies! Hal ini berpengaruh pada kepekaan anak untuk mendeteksi rasa lapar dan kenyang dengan lebih baik. Mengunyah dengan perlahan juga dapat membantu kelancaran sistem pencernaan anak sehingga metabolisme tubuhnya lebih optimal.

4. Buat Rutinitas Makan Bersama

Ketika makan bersama, kita dapat mengisi momen makan bersama dengan percakapan. Dalam percakapan, kita dapat menyisipkan informasi mengenai kandungan nutrisi dan fungsinya bagi tubuh dengan bahasa dan cara yang sederhana. Misalnya, saat makan wortel, kita dapat menjelaskan bahwa wortel dengan warna yang cantik dan rasa yang lezat akan menjaga kesehatan mata sehingga anak dapat membaca buku cerita yang ia sukai tanpa terganggu.

5. Ajak Anak Berolahraga

Melakukan aktivitas bersama tentunya terasa lebih menyenangkan. Biarkan anak memilih olahraga yang ia sukai dan kita akan menemaninya untuk melakukan olahraga tesebut. Dengan begitu, kegiatan olahraga akan terasa menyenangkan sekaligus menjadi kebiasaan bagi anak untuk bergerak aktif penting dan ini membangun sistem kekebalan tubuh anak.

6. Biasakan Anak untuk Rutin Minum Air Mineral 

Salah satu kebiasaan yang paling penting dalam menerapkan pola hidup sehat pada anak adalah membiasakan anak rutin mengonsumsi air mineral setiap hari. Selain untuk melengkapi asupan mineral hariannya, air mineral memiliki banyak manfaat bagi anak seperti menjaga tubuhnya tetap terhidrasi dengan baik, lebih bertenaga, menjaga fokus dan konsentrasi, dan menjaga kelembaban kulit anak dengan baik.

Membiasakan anak mengonsumsi air yang cukup setiap hari juga dapat membantu kelancaran proses pencernaan dalam tubuhnya sehingga nutrisi yang diserap oleh tubuh lebih optimal untuk mendukung tumbuh kembang anak. Mommies juga harus memastikan bahwa air mineral yang dikonsumsi anak bersih dan aman serta memiliki kandungan mineral alami berkualitas yang baik untuk tubuh. Salah satunya seperti Le Minerale, yang dikemas dengan tutup rapat dan kedap udara sehingga bebas dari kontaminasi virus dan bakteri dari luar. Selain itu, kemasan galonnya juga selalu baru dan bening sehingga terjamin kehigienisannya. Semua ini demi memastikan kualitas mineral alami dari galon Le Minerale tetap utuh dan terjaga sampai ke tangan kita. 

Membiasakan pola hidup sehat pada anak merupakan sebuah investasi jangka panjang terhadap masa depan mereka. Tidak mudah tapi bukannya tidak mungkin. Dengan pola hidup yang sehat, kita dapat membangun imunitas yang kuat dan menjaga daya tahan tubuh anak. 

Yuk Mommies, kita biasakan menerapkan pola hidup sehat sejak dini pada anak!

Image by Freepik

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top