Now Reading
Jaga Kebersihan Udara Untuk Kesehatan Paru Kita

Jaga Kebersihan Udara Untuk Kesehatan Paru Kita

Jangan anggap remeh penyakit ISPA karena faktanya, ISPA adalah salah satu dari lima penyakit penyebab kematian. Maka, penting bagi kita menjaga kesehatan paru agar tak mudah terkena ISPA.

Coba ingat-ingat deh Mommies, seberapa sering kita atau mungkin si kecil dikatakan terkena ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut)? Menurut Mommies, ISPA tuh adalah hal yang lumrah dialami, ya kan. Padahal, menurut data Riskesdas 2018 dari WHO, disebutkan ISPA adalah salah satu dari lima penyakit penyebab kematian. Duh, sedih ya. Dan, salah penyebabnya adalah kualitas udara di sekitar kita yang buruk.

Kebetulan, beberapa waktu lalu, Mommies Daily baru saja mengadakan event bersama komunitas yang menghadirkan dokter Astri Indah Prameswari, Spesialis Penyakit Paru dan membahas mengenai permasalahan dan tips Menjaga Kesehatan Paru. Mulai dari masalah paru yang paling sering ditemui, penyebabnya apa saja, hingga sedahsyat apa dampak udara buruk terhadap kesehatan paru-paru kita.

Berikut saya rangkum ya, agar kita semua semakin paham mengenai cara yang tepat menjaga kesehatan paru-paru kita.

Apa saja masalah kesehatan paru yang paling sering ditemukan?

– Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)
– Infeksi paru: Pneumonia atau TBC
– Alergi seperti asma

Apa yang seringkali menjadi penyebab timbulnya masalah pada paru-paru?

– Gaya hidup tidak sehat seperti merokok
– Genetik
– Infeksi
– Penuaan yang membuat kondisi paru kita tidak lagi sesehat dulu
– Polusi udara baik di dalam ruang maupun di luar ruangan

Nah, bicara mengenai polusi udara atau kualitas udara yang buruk, sejauh mana dampak udara tidak bersih terhadap kondisi paru-paru kita?

Polusi udara terutama partikel debu dapat meningkatkan beban oksidatif paru. Paru memiliki sistem antioksidan enzimatik untuk meminimalkan kerusakan. Sistem antioksidan menjadi nonaktif jika beban oksidan cukup besar. Keadaan “stres oksidatif” akan memberikan kontribusi pada patogenesis beberapa penyakit pernapasan.

Maka, pencegahan apa yang bisa kita lakukan untuk melindungi kesehatan paru kita, terutama dari kualitas udara yang buruk?

– Perbaiki gaya hidup, salah satunya berhenti merokok, rutin konsumsi makanan dengan gizi seimbang, olahraga teratur, istirahat cukup dan rajin mencuci tangan.
– Hindari stres
– Rutin melakukan pengecekan kesehatan
– Lakukan etika batuk yang baik dan benar
– Ciptakan lingkungan yang bersih dan sirkulasi udara yang baik di tempat tinggal, kantor maupun kendaraan pribadi

Dan berkaitan dengan udara yang bersih, salah satu cara yang mudah menurut dokter Astri adalah dengan membersihkan ruangan dan menyemprotkan desinfektan secara rutin. Tinggal bagaimana kita cerdas memilih desinfektan yang aman untuk diri kita, keluarga maupun lingkungan.

Bicara tentang cerdas memilih desinfektan, Mommies sudah tahu belum kalau sekarang sudah hadir Puressentiel Purifying Air Spray, semprotan desinfektan premium dengan bahan dasar terdiri dari 41 essential oils yang 100% murni serta natural. Beberapa di antaranya ada:

Lemon dan Fresh ginger untuk melawan virus
Rosemary, eucalyptus, oregano dan thyme untuk melawan bakteri
Lavender, tea tree dan lemongrass untuk basmi jamur dan fungi
Geranium dan citronella untuk mengatasi bau-bau yang tidak sedap.

Artinya, Puressentiel Purifying Air Spray ini memiliki banyak manfaat, karena anti virus, bakteri, dan jamur, serta membasmi tungau debu dan bantu menghilangkan aroma nggak sedap di dalam ruangan. Wih, banyak banget ya manfaatnya. Apalagi proses pembuatannya ini cruelty free, lho plus biodegradable formula.

Bicara faktor keamanan sudah pasti aman karena memiliki 11 ujia efikasi dan 4 uji toleransi. Produk ini memiliki toleransi yang baik untuk penderita asma dan alergi (katergori ringan hingga sedang).

Aromanya sih untuk saya pribadi enak dan bikin nyaman ya, cara memakainya juga gampang, tinggal semprotkan 1-2 kali ke arah udara (bisa juga pada permukaan benda seperti karpet, sofa dan sejenisnya), tinggalkan ruangan tertutup selama 30 menit, kemudian biarkan jendela terbuka untuk sirkulasi udara.

Untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sirkulasi udara yang baik, bisa banget lho dimulai dari lingkungan keluarga kita di saat kita mungkin tidak bisa mengendalikan kualitas udara di luar sana. Yuk, mulai dari sekarang.

Baca juga: Menjaga Kesehatan Paru-paru dengan 5 Jenis Makanan Ini

Photo by Olia Nayda on Unsplash

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top