banner-detik
LIFESTYLE

10 Inspirasi Gaya Hijab dari Berbagai Negara

author

Dhevita Wulandari28 Apr 2021

10 Inspirasi Gaya Hijab dari Berbagai Negara

Bukan hanya di Indonesia saja gaya hijab perempuan muslim yang beragam, tapi ternyata gaya hijab di setiap negara itu berbeda-beda, lho! Ini dia 10 inspirasi gaya hijab berbagai negara.

Mendekati lebaran, salah satu yang diperhatikan oleh perempuan selain baju lebaran pastinya adalah hijab. Mau hijab warna apa, polos atau bergambar, segiempat atau pashmina, bahannya apa yang nyaman, dan seterusnya. Meski masih dalam masa pandemi, penampilan untuk lebaran virtual tetap harus oke dong. Biar nggak bosan dengan gaya hijab yang itu lagi itu lagi, beberapa gaya hijab dari berbagai negara ini bisa jadi inspirasi.

Berikut 10 inspirasi gaya hijab dari berbagai negara

1. Gaya hijab Indonesia

Sebelum mencoba gaya hijab negara lain, pastinya harus coba gaya hijab negara sendiri dulu. Gaya hijab Indonesia dikenal cukup variatif dalam bentuk dan warna yang menarik, tetapi ada satu ciri khas yaitu hijab lilit di leher. Meskipun mudah dan praktis, hasil tampilannya akan terlihat berbeda di setiap orang. Untuk gaya hijab ini Mommies bisa menggunakan hijab pashmina dan segi empat, tergantung mana yang biasa digunakan.

2. Gaya hijab Malaysia

Image dari sini

Perempuan muslim di Malaysia lebih menyukai gaya hijab yang sederhana tetapi terlihat elegan. Pada umumnya gaya hijab Malaysia cenderung menutupi bagian dada, dan ada juga yang melilitkan hijab memutar dari atas kepala kemudian ada satu bagian yang dibiarkan memanjang di sebelah sisinya.

BACA JUGA: CARA MENGATASI MASALAH RAMBUT PADA WANITA BERHIJAB

3. Gaya hijab Korea

Image

Korea sangat terkenal dengan fashion yang unik dan keren. Ditambah lagi dengan kondisi Korea yang bercuaca dingin sehingga mengharuskan mereka untuk selalu menggunakan baju lebih dari satu lapis saat keluar rumah, sehingga gaya hijab Korea pun lebih simpel agar tetap nyaman dengan outfit yang digunakan.

4. Gaya hijab Jepang

Image

Jepang punya cara unik di mana hijab dibentuk menyerupai rambut. Lebih uniknya lagi, Jepang punya gaya hijab aizome di mana hijab yang digunakan harus berwarna biru. Bukan sekadar warna biru saja, hijab aizome perlu teknik pewarnaan khas agar bisa menghasilkan warna biru indigo. Gaya hijab ini juga lebih dikenal dengan hijab biru indigo.

5. Gaya hijab Arab

Image

Perempuan muslim Arab selalu menggunakan inner atau dalaman hijab. Cuaca yang panas di Arab membuat pemilihan kain hijabnya pun biasanya yang tipis dan menyerap keringat sehingga tetap nyaman digunakan. Meskipun berbahan tipis, hijab harus dipastikan tidak tembus pandang. Gaya hijab biasanya dilakukan dengan menaikkan bagian hijab dari sisi yang panjang ke atas kepala dan ujung hijab berada di salah satu pundak.

Bagaimana dengan gaya berkerudung dan berhijab di negara seperti Turki, Afganistan, India, Inggris dan Pakistan? Cek di HALAMAN SELANJUTNYA ya Mommies :).

6. Gaya hijab Turki

Image

Gaya hijab Turki merupakan salah satu gaya hijab yang bisa langsung dikenali. Pada bagian atas dahi, ujung hijab dibuat agak mengerucut. Perempuan Turki juga senang untuk menonjolkan cepolan rambut yang dibuat agak ke atas sehingga hijab terlihat lebih bervolume. Selain itu, mereka juga dikenal sangat modis dan pintar memadupadankan outfit dengan hijab, sehingga perempuan muslim Turki selalu terlihat modis dan menarik.

7. Gaya hijab Pakistan

Image

Bukan hijab, tetapi perempuan muslim Pakistan lebih sering menggunakan kerudung atau selendang panjang yang dikenal dengan istilah dupatta yang diletakkan di atas kepala dengan rambut sedikit terlihat. Tidak juga menggunakan jarum pentul atau peniti di bagian bawah dagunya, mereka hanya menyampirkan bagian ujung kerudung dari depan dada ke pundak, sehingga bagian lehernya masih tetap terlihat.

8. Gaya hijab Afghanistan

Perempuan Afghanistan dikenal menggunakan hijab yang bernama burqa. Bentuknya panjang dari kepala hingga bagian kaki dan ada bagian transparan di daerah mata untuk bisa melihat. Umumnya burqa yang digunakan berwarna biru langit, tidak terlalu cerah juga tidak terlalu gelap.

9. Gaya hijab India

Image

Tidak kalah unik dengan negara lainnya, gaya hijab India punya kekhasan tersendiri. Untuk pemakaian hijab tetap simpel dan biasanya polos, menutupi bagian leher dan sedikit bagian atas dada. Uniknya, ada perhiasan yang diletakkan di dahi, mulai dari yang simpel hingga yang ramai. Hanya saja perhiasan tersebut digunakan terutama ketika ada acara penting seperti pernikahan. Namun untuk sehari-hari, perempuan muslim India hanya menggunakan selendang panjang yang dikerudungi. Hampir mirip dengan gaya hijab Pakistan, bedanya gaya hijab India hanya memperlihatkan sedikit rambut dan menutupi bagian leher.

10. Gaya hijab Amerika dan Inggris

Image

Terlihat serupa, gaya hijab perempuan muslim Amerika dan Inggris umumnya menggunakan hijab pashmina yang dililitkan ke atas kepala, dan menutupi bagian leher dan dada secara rapat. Gaya hijab seperti ini cocok untuk cuaca di Amerika dan Inggris yang dingin. Untuk gaya hijab Inggris, tidak hanya menutup leher dan dada, biasanya juga menutupi punggung.

Nah, Mommies sudah tahu kan berbagai gaya hijab dari berbagai negara. Jadi kira-kira gaya hijab mana yang cocok untuk Mommies?

BACA JUGA: 4 CARA MERAWAT HIJAB KESAYANGAN

PAGES:

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan