banner-detik
PREGNANCY

Bahaya Rumput Fatimah, Ini Penjelasan Dokter Kandungan

author

?author?01 Apr 2021

Bahaya Rumput Fatimah, Ini Penjelasan Dokter Kandungan

Bahaya rumput Fatimah, yang sejak lama dipercaya dapat mempermudah proses persalinan, ternyata sebaliknya, bisa membahayakan nyawa ibu dan janin.

Saya jadi teringat cerita mbak Fia beberapa tahun lalu, di mana mbak Fia menceritakan bahwa dokter kandungannya dulu mewanti-wanti agar jangan mengonsumsi rumput fatimah. Kata mbak Fia, pak dokter bilang, rumput fatimah hanya membuat mulas tapi tidak membantu proses pembukaan jalan lahir, yang ada malah dapat memicu perdarahan dinding rahim.

Dan kemarin, saya pun membaca berita mengenai kejadian pilu yang dialami seorang ibu, ia kehilangan janinnya karena minum rendaman rumput fatimah. Bahkan sampai mengalami syok karena perdarahan. Kasus ini sempat viral dalam sebuah video.

"Janin meninggal akibat rumput fatimah. Detak jantung janin negatif dan ibu mengalami syok akibat pendarahan," tulis keterangan video, dikutip dari TikTok @infobumildansikecil, Rabu (31/3/2021).

Video ini menuai aneka komentar dari netizen. Didominasi ibu lainnya yang menceritakan pengalaman mereka saat minum air rendaman rumput fatimah. Di antaranya: 

"Dulu aku juga gitu pas mau lahiran di suruh minum air rendaman rumput fatimah..tapi aku buang hehehe...untung ga aku minum," tulis @au***.

Menurut keterangan dari Dokter kandungan dr. Febriansyah Darus, Sp.OG (K), rumput fatimah bisa memicu kontraksi terus-menerus yang berbahaya untuk ibu dan janinnnya.

"Ya, memang enggak boleh makan rumput fatimah itu. Rumput fatimah itu isinya senyawa seperti oksitosin, salah satu hormon yang dalam tubuh perempuan fungsinya untuk meningkatkan kontraksi," kata Febriansyah, dikutip dari  Haibunda, Rabu (31/3/21).

Febriansyah mengatakan bahwa obat oksitosin memang bisa diberikan untuk menginduksi persalinan. Namun, dosisnya  harus tepat dan sudah sesuai untuk melahirkan. Sementara rumput fatimah yang dikonsumsi ibu hamil tidak diketahui pasti dosis oksitosinnya. Akibatnya, kontraksi yang terjadi pun di luar batas.

Untuk mencegah hal ini terjadi pada diri mommies dan orang-orang di sekitar kita, sebaiknya kita simak penjelasan lebih lanjut, seputar obat oksitosin untuk induksi persalinan, dan apa saja bahaya mengonsumsi rumput fatimah untuk ibu dan janin di HALAMAN BERIKUTNYA.

Baca juga:

5 Pertanyaan Seputar Keguguran yang Sering Muncul

Aturan Melahirkan di Saat Pandemi

Share Article

author

-

Panggil saya Thatha. I’m a mother of my son - Jordy. And the precious one for my spouse. Menjadi ibu dan isteri adalah komitmen terindah dan proses pembelajaran seumur hidup. Menjadi working mom adalah pilihan dan usaha atas asa yang membumbung tinggi. Menjadi jurnalis dan penulis adalah panggilan hati, saat deretan kata menjadi media doa.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan