Now Reading
Cara Ampuh Menghilangkan Bau Apek di Lemari dan Bau di Kulkas

Cara Ampuh Menghilangkan Bau Apek di Lemari dan Bau di Kulkas

Jika mommies mempunyai dua permasalahan bau di lemari dan kulkas, cara menghilangkan bau berikut ini bisa membantu banget, lho! 

Ketika buka kulkas dan menutupnya kembali, mommies secara reflek akan mengendus bau tak sedap yang ditinggalkan di sekitar ruangan. Ini artinya, kulkas mommies sudah waktunya dibersihkan. 

Dari hasil pemantauan saya, idealnya minimal dua minggu sekali kulkas sudah harus dibersihkan, sih, moms – dan paling maksimal jarak satu bulan sekali. Tak hanya meninggalkan aroma menyengat, semata-mata untuk menjaga kualitas bahan makanan dan minuman yang kita simpan di dalamnya. 

Begitu juga dengan lemari pakaian. Karena sehari-hari umumnya konsep lemari akan tertutup rapat. Maka udara yang mengalir di sekitar baju, tak punya sirkulasi yang baik. 

Untuk mengatasi dua permasalahan bau tersebut, silakan dipraktikkan kiat-kiat di bawah ini.

Cara menghilangkan bau apek di lemari

1. Keluarkan semua benda yang ada di lemari pakaian. Jika aromanya masuk kategori menyengat, sebaiknya secara bertahap cuci semua pakaian mommies. Tapi jika aromanya masih wangi, jejak dari pelembut pakaian mommies, masih bisa ditoleransi.

2. Terlepas sudah ketemu atau belum sumber permasalahan bau tak sedap, kerahkan vacuum cleaner mommies untuk membersihkan debu-debu atau sampah kecil lainnya.

3. Periksa seluruh bagian lemari dengan teliti, gunakan alat bantu senter. Untuk mencari sumber bau. Biasanya yang terjadi, ada jamur atau yang lumayan parah kotoran hewan seperti cicak bahkan tikus. Jika hal ini terjadi, pastikan mommies membersihkannya dengan tuntas, menggunakan cairan disinfektan.

4. Mommies bisa menggunakan spons atau kain microfiber, peras hingga kain terasa lembap dan gunakan untuk membersihkan seluruh bagian dalam lemari.

5. Setelah semua tahapan di atas selesai, biarkan lemari dalam keadaan kosong dan terbuka selama beberapa hari. Agar sisa air setelah mengelap benar-benar kering. 

6. Jika lemari sudah dalam keadaan tak berbau. Pastikan mommies tidak memasukkan pakaian dalam keadaan lembap. Karena bakteri dan jamur, senang berkembang biak dalam situasi tersebut. Dan seminggu sekali, buka lemari pakaian, agar terjadi sirkulasi udara yang mumpuni. 

7. Masih ada bau yang tertinggal? Coba tempatkan soda kue (bukan baking powder) dalam sebuah wadah di lemari pakaian mommies. Cara ini dipercaya akan menyerap bau. Jika dipantau sudah ada perubahan, namun baunya belum sepenuhnya hilang, mommies dapat mengulangnya dengan sedikit soda kue.

Tips menghilangkan bau di kulkas

1. Tahap satu, sama dengan membersihkan lemari pakaian. Mommies sebaiknya mengeluarkan semua isi kulkas. Teliti satu persatu tanggal kedaluwarsa pada makanan dan minuman kemasan. Buang yang sudah berbau tak sedap. 

2. Gunakan cairan yang aman untuk membersihkan kulkas. Saya biasanya cukup memanfaatkan cairan pencuci piring yang dilarutkan ke dalam air, karena sifatnya mampu menghilangkan sisa-sisa lemak atau tumpahan lainnya yang mengandung minyak dan gula. Selain itu, mommies juga bisa mencampur air lemon dengan soda kue. Setelahnya kulkas mommies akan beraroma segar.

3. Lagi-lagi mommies bisa mengandalkan kain microfiber, karena tidak akan meninggalkan bekas di permukaan kulkas. Jangan terlalu basah, ya, mommies. Perhatikan semua celah, karena sering kali tidak sadar ada cairan yang tumpah dan sudah berkerak.

4. Semua penghuni kulkas yang memiliki kemasan, sebaiknya tak luput dibersihkan, ya. 

5. Jika bau tak sedap masih saja bersarang. Mau tak mau, mommies mencari kulkas cadangan untuk menaruh semua bahan makanan dan minuman. Cabut steker listrik, dan biarkan pintunya terbuka beberapi hari, supaya terjadi pertukaran udara. Masukkan soda kue di dalam wadah agar membantu penyerapan bau membandel.

6. Mencegah atau meminimalkan bau datang kembali. Secara rutin 2-3 hari sekali cek tiap makanan yang di dalam kulkas. Buang apa pun yang berbau menyengat, berjamur dan sudah ada potensi kerusakan.

7. Ketika akan memasukkan sisa masakan. Pastikan mommies menaruhnya dalam wadah tertutup rapat. Jika tidak, inilah salah satu sumber masalah bau menyengat. Berbagai aroma makanan akan saling mengontaminasi satu sama lain.

8. Tiap rak kulkas, usahakan diisi dengan kategori bahan makanan yang sama. 

Baca juga: Cara Terbaik Menata Isi Kulkas

Referensi artikel

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top