Now Reading
Rekomendasi Aplikasi untuk Meditasi

Rekomendasi Aplikasi untuk Meditasi

RachelKaloh

Buat yang mulai bosan atau mungkin makin stres dengan WFH, berikut rekomendasi aplikasi untuk meditasi yang patut diunduh untuk sehari-hari.

Kalau dalam sehari kita punya waktu buat scrolling timeline Instagram, di tengah kemumetan ngejar deadline kerjaan atau di sela-sela online meeting, artinya kita sebetulnya punya waktu untuk melakukan hal lain. Apalagi, biasanya otak dan tangan otomatis mencari handphone buat diutak-atik. Daripada buka apps social media, kenapa tidak luangkan waktu buat meditasi, sebentar saja, dengan pilihan aplikasi berikut ini yang tersedia di App Strore maupun Google Play.

Baca juga: Infografik: Selfcare Worksheet Selama Pandemi

Headspace: Meditation & Sleep

Menawarkan ratusan meditasi dengan berbagai pilihan topik yang bisa didengar ketika kita ingin mengistirahatkan pikiran sejenak. Dari topik planning, creativity, personal growth, insecurity, coping with with cravings sampai managing conflict. Tersedia berbagai sesi untuk pelari, murid, anak, dan meditasi untuk mengatasi masalah sulit tidur. Pengguna gratis dapat menikmati 10 sesi.

Calm

Aplikasi Calm mengantarkan kita ke mindfulness dengan meditasi yang terpandu dan beragam jenis suara yang menenangkan seperti hujan, dedaunan, ombak dan laut serta musik, termasuk lagu-lagu Sam Smith. Buat yang mengalami masalah tidur, Calm memiliki fitur berbagai cerita pengantar tidur buat anak dan orang dewasa yang dibacakan langsung oleh artis, seperti Stephen Fry, LeVar Burton, Leona Lewis, Matthew McConaughey dan lain-lain.

Riliv

Aplikasi keluaran PT Riliv Psikologi Indonesia juga patut dicoba, nih, karena menawarkan beragam topik meditasi, dari yang paling mendasar dan membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak dengan cerita menarik. Karena buatan Indonesia, masalah bahasa tidak akan lagi menjadi kendala.

KALM & Kalmselor – KALM Counselors

Jujur, saya juga baru tahu kalau sekarang mereka punya aplikasinya, karena saya sudah lebih dulu follow akun @get.kalm di Instagram. Buat Anda yang butuh konseling, bisa dengan mudah menggunakan aplikasi KALM untuk chat secara aman dan rahasia dengan tenaga konselor profesional. Tidak hanya buat khalayak umum, para psikolog, psikiater dan konselor profesional yang terdaftar untuk memberikan konseling online bahkan bisa mencari tambahan pendapatan dengan mendaftarkan diri sebagai tenanga konselor di platform Kalmselor. Tentunya, dengan melewati proses seleksi dan verifikasi terlebih dahulu. 

Present – Guided Meditation

Yang menarik dari aplikasi ini adalah tampilan grafisnya. Ibaratnya, kita seperti sedang memulai sebuah journey untuk menjadi pribadi yang lebih sehat dan lebih bahagia, tentunya. Ada lebih dari 20 paket berisi beragam topik meditasi yang bisa kita pilih untuk ikuti. Aplikasi ini membantu kita untuk lebih fokus, mengurangi stres dan kecemasan, lebih nyenyak saat tidur dan tentu meningkatkan self awareness. Sayangnya, baru tersedia untuk pengguna iOs, nih, Mommies.

TeasEar – ASMR Slime Simulator

Meski bukan aplikasi meditasi, namun aplikasi ini menawarkan cara menarik untuk menghindari stres dan menenangkan kecemasan. Andalan aplikasi ini adalah teknik ASMR satisfying relaxing sounds, yang juga diakui merupakan metode relaksasi yang progresif. Seperti halnya main game menggunakan jari-jari sambil mendengarkan suara yang menenangkan. Salah satu kegiatannya adalah bermain memecahkan bubble wrap. Kebayang, nggak, sih? Langsung unduh saja dan cobain sendiri serunya!

Mesmerize – Visual Meditation

Aplikasi meditasi yang bentuknya berupa pengalaman menikmati audio visual yang unik pada indera penglihatan dan pendengaran. Mesmerize mengombinasikan visual dengan musik psycho-acoustic dan meditasi yang dipandu oleh ahli dalam memberikan meditasi yang all in. Buat pecinta psychedelic art atau visual dengan memainkan jiwa, raga, dan pikiran, patut cobain aplikasi ini!

Kalau Mommies sendiri, punya aplikasi andalan apa, nih, buat meditasi?

Baca juga: Memahami Parental Burnout dan Cara Mengatasinya

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top