Now Reading
12 Rekomendasi Film Tentang Perempuan yang Membuat Kita Bangga Sebagai Perempuan

12 Rekomendasi Film Tentang Perempuan yang Membuat Kita Bangga Sebagai Perempuan

12 rekomendasi film tentang perempuan berdaya berikut ini akan menginspirasi kita untuk berani bersuara dan bilang, “I am extremely proud to be a woman.” 

Di bawah ini, adalah 12 rekomendasi film tentang perempuan yang ‘jagoan’ berani menabrak dan menaklukkan pikiran sempit serta diskriminasi terhadap kaum perempuan. Fakta atau fiktif, kisah tentang mereka nyatanya menjadi sumber ide dan keberanian untuk wanita-wanita lain agar berani berdaya dan bersuara.

The First Wives Club (1996)


Setelah kematian tragis seorang sahabat, tiga orang wanita yang pernah bersahabat di bangku kuliah (Bette Midler sebagai Brenda Cushman, Goldie Hawn sebagai Ellis Eliot, dan Diane Keaton sebagai Anni Paradis) bertemu lagi, setelah 30 tahun tak saling memberi kabar. Mereka menjalani hidup dengan problematikanya masing-masing yang menggerus segala bentuk kewarasan sampai suatu hari, masing-masing menyadari telah menjadi korban kecurangan suami mereka. Dengan taktik jitu bak panglima perang kawakan, ketiganya berhasil membalas dendam dengan cara yang elegan tanpa harus mempemalukan diri.

Fried Green Tomatoes (1992)


Sebuah film yang mengisahkan tentang perjalanan menemukan kekuatan. Evelyn Couch (Kathy Bates) berjumpa dengan wanita tua eksentrik di sebuah panti wreda. Dari Ninny Threadgoodi (Jessica Tandy), Evelyn mendengar cerita tentang kehebatan yang mampu ditimbulkan dari persahabatan antara kaum wanita. Cerita ini menginspirasi Evelyn untuk berani berenang melawan arus, melakukan banyak hal di luar bayangan untuk mengubah hidupnya menjadi lebih baik.

Miss Congeniality (2000)


Ketika teroris mengancam akan meledakkan bom di acara “Miss United States pageant”, FBI segera mencari agen wanita untuk melakukan penyamaran. Gracie (Sandra Bullock) terpilih untuk melakukan tugas itu. Yang terjadi selanjutnya adalah hal klise tapi menyegarkan tentang kisah ‘perombakan penampilan’. Pada akhirnya, penampilan biasa-biasa saja yang dilengkapi dengan kecerdasan dan keberanian membuat wanita jadi lebih menarik daripada sekadar kecantikan ragawi.

Queen of Katwe (2016)


Film dokumenter yang juga disutradarai oleh sutradara wanita ini mengisahkan tentang gadis berusia 10 tahun bernama Phiona (Madina Nalwanga). Gadis kecil ini hidup di daerah kumuh di Katwe, Uganda. Hidupnya berubah usai ia mempelajari permainan catur. Istimewanya lagi, kemampuan Phiona bermain catur sangat alami. Kemenangan demi kemenangan ia raih hingga mampu mengubah kehidupannya. Membawanya pada masa depan yang cerah, bebas dari kemiskinan.

The Devil Wears Prada (2006)


Miranda Priestly (Meryl Streep) dan Andrea Sachs (Anne Hathaway) menjalani pekerjaan di dunia glamor yang dipenuhi dengan orang-orang ambisius tanpa hati dan standar ganda yang kerap merugikan perempuan. Setelah sekian lama menjadi asisten Miranda yang workaholic, ambisius, kejam, dan dingin, Andrea berani mengambil langkah besar, ia memutuskan hengkang. Dengan caranya sendiri, ia mampu menemukan pekerjaan lain di bidang yang sama. Bedanya, di kantor baru ini, meski penghasilannya tidak sebesar dulu, Andrea bisa bekerja dengan hati tenang dan bebas dari rasa bersalah.

Mona Lisa Smile (2003)


Film berlatar tahun 1950-an ini menceritakan tentang Katherine Watson (Julia Roberts), seorang guru baru yang mengajar di sekolah khusus perempuan. Dengan gayanya yang ceplas-ceplos dan bohemian, Katherine tak lelah memperjuangkan kesetaraan gender. Ia memberi pengaruh besar terhadap murid-muridnya. Katherine berhasil membuka mata mereka tentang masa depan yang terbentang dan potensi-potensi yang menanti untuk dijelajahi, daripada sekadar berdiam di rumah dan menjadi seorang istri.

Enam film berikutnya wajib ditonton bareng anak perempuan deh Moms.

Baca juga: Kesalahan Orang tua Dalam Mendidik Anak Sehingga Toxic Masculinity Masih Merajalela

Pages: 1 2
View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top