Now Reading
3 Cara Mencerahkan Kantong Mata yang Hitam

3 Cara Mencerahkan Kantong Mata yang Hitam

RachelKaloh

Selain harus tidur cukup, kantong mata yang hitam bisa lebih cerah dengan tips berikut ini, Mommies! Plus, rekomendasi produk untuk mencerahkan kantong mata yang hitam.

Bicara tentang kantong mata, Busui, mana, nih, suaranya? Begadang dan kurang tidur sudah pasti dapat menyebabkan kantong mata terlihat jelas bahkan menghitam. Nggak hanya Busui yang begadang, pasti banyak juga Mommies yang baru bisa konsentrasi kerja begitu anak terlelap di malam hari. Nah, biar pagi-paginya tampilan mata nggak kaya panda, tips berikut ini boleh dicoba, lho!

First thing first: “Mengurangi, bukan menghilangkan kantong mata!”

Sebelum lanjut ke cara mencerahkan kantong mata yang hitam kita perlu paham sama satu hal ini dulu. Faktanya, menurut dr. Dewi Hasanah, SpKK, seperti yang dilansir Femaledaily.com, krim mata apapun meski dengan senjata kandungan pencerah seperti niacinamide tidak akan bisa menghilangkan kantong mata. Hitam di bawah mata bukanlah pigmentasi, melainkan pembuluh darah yang melebar, jadi, krim pencerah sebanyak apapun tidak akan berefek langsung bisa menghilangkannya. Jadi, ini yang bisa kita lakukan:

Es batu dibalut serbet atau kantong teh dingin

Dr. Dewi memberikan solusi untuk mengurangi lingkaran hitam yaitu dengan cara mengompres area mata dengan es batu yang dibalut serbet bersih atau kantong teh dingin. Inilah usaha yang bisa dilakukan, sebatas mengurangi pembengkakannya saja. Tapi, usaha ini mungkin hanya ampuh bagi kita yang punya mata panda karena kurang tidur. Kalau sudah bawaan dari lahir alias bersifat genetik, hampir pasti lingkaran hitam tersebut nggak akan hilang, seperti halnya pori-pori besar. 

Mentimun, tomat dan susu

Masing-masing dari bahan alami yang sudah pasti selalu ada di rumah ini bisa Mommies pilih, sebagai alternatif untuk mengurangi lingkaran hitam di area mata. Mentimun sudah banyak dikenal dapat mengurangi bengkak di daerah mata karena memiliki kandungan air, kaya akan antioksidan, dan vitamin C. Caranya, potong mentimun, tempel di bawah mata sekitar 10-15 menit, lalu bilas. Coba juga cara yang sama menggunakan tomat, karena dipercaya mengandung vitamin C yang tinggi. Atau, andalkan susu yang mengandung asam laktat yang tinggi untuk membantu mencerahkan kulit yang menggelap! Caranya, celupkan kapas ke dalam susu murni dingin, lalu tempel di area mata selama 15-20 menit.

Produk yang dapat membantu mencerahkan area mata

Untuk Mommies yang merasa bahan-bahan alami ini kurang ‘nendang’, produk berikut ini bisa dicoba. Tapi ingat, yang namanya skincare, hasilnya tidak akan instan, perlu digunakan dalam waktu lama secara rutin.

GlamGlow Brighteyes Eye Cream

Produk eye cream ini dapat mengurangi tanda lelah dan kerut di area mata dan memberikan efek tampilan lebih bright. Aplikasikan pada area bawah mata, kelopak dan di bawah alis. Teksturnya ringan, tidak gumpal dan mudah diserap kulit. 

SNP Bird’s Nest Aqua Eye Patch

Hasilnya tentu akan berbeda di kulit masing-masing. Buat kebanyakan orang, produk ini membantu melembapkan mata yang lelah karena bisa dipakai pagi dan malam. 

Kose Cosmeport Eye Mask

Ringan dan tidak mengandung pewangi. Mengandung coenzyme q10, kolagen, hyaluronic acid, dan ekstrak pearl untuk membantu menghilangkan puffiness pada kantong mata.

Baca juga: 7 Rekomendasi Eye Cream dan Eye Serum Favorit para Ibu

Selain produk dan tips di atas, pastikan gaya hidup juga diubah. Buat yang sering begadang bukan karena menyusui, cobalah untuk tidur dalam waktu yang cukup di malam hari, minimal 7 jam. Hindari merokok dan konsumsi makanan yang bernutrisi. Selamat mencoba, Mommies!

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top