Now Reading
Cara Ampuh dan Aman Usir Nyamuk dari Bayi

Cara Ampuh dan Aman Usir Nyamuk dari Bayi

siscachristina

Jika ada bayi, mommies perlu hati-hati memilih produk pembasmi nyamuk. Beberapa cara  alami ini dinilai aman untuk usir nyamuk bahkan saat ada bayi.

Melihat bayi bentol digigit nyamuk rasanya nggak tega, sebab dia belum mampu menggaruk sendiri. Lebih ngeri lagi jika nyamuk yang berkeliaran dekat rumah berjenis aedes aegypti yang bisa membawa virus dengue, zika, chikungunya dan demam kuning. Jangan sampai bayi terkena penyakit karena nyamuk!

Membasmi nyamuk dengan produk anti nyamuk mengandung kimia sebetulnya cukup ampuh, tapi khawatir zat racun yang terkandung di dalamnya terhirup bayi. Jangankan bayi, saya aja kalau berada di ruangan yang habis disemprot pembasmi nyamuk, tenggorokan seperti tercekat dan nggak lama batuk-batuk. Butuh waktu dua jam supaya saya bisa kembali menghirup udara di ruangan tersebut.

Baca juga: INFOGRAFIK: Semua Tentang Nyamuk, Si Kecil Mematikan

Untuk bayi, mommies perlu hati-hati memilih produk pembasmi nyamuk. Saatnya kembali ke solusi alami. Karena menggunakan bahan-bahan alami, cara ini dinilai aman dan ampuh untuk usir nyamuk bahkan saat ada bayi sekalipun.

Ini Cara Ampuh dan Aman Usir Nyamuk Bagi Bayi

Gunakan serai

Nggak heran kalau dalam produk losion pembasmi nyamuk baik untuk bayi dan dewasa, mengandung serai. Pasalnya, serai mengandung atsiri dan sitronela yang dibenci nyamuk. Mudah ditemui di pasar, harganya pun murah. Beberapa cara mengolah serai untuk mengusir nyamuk, yaitu:

  1. Potong serai kecil-kecil lalu letakkan di dalam wadah, dan taruh di beberapa bagian rumah yang sering jadi sarang nyamuk, misalnya di kolong, sudut rumah, teras dan dapur.
  2. Rebus 3-4 batang serai (boleh lebih) hingga sarinya betul-betul keluar. Gunakan airnya untuk mengepel lantai.
  3. Geprek serai dan gantung dekat kipas angin atau AC hingga mengeluarkan aroma yang mampu menghalau nyamuk. Ganti sereh bila sudah kering atau aromanya sudah habis.

Semprotkan larutan bawang putih

Semua ibu pasti punya bawang putih di dapur. Ini semacam bumbu wajib setiap masakan. Selain sebagai bumbu, ternyata bisa bermanfaat buat mengusir nyamuk, lho! Kandungan nicotinic acid pada bawang putih nggak disukai nyamuk. Cara mengolahnya, rebus beberapa bawang putih yang sudah dipotong atau digeprek hingga mendidih. Masukkan ke dalam botol spray dan semprotkan ke ruangan yang banyak nyamuk. Yang pasti, aman bagi bayi.

Letakkan tanaman kemangi, lavender dan daun mint di dalam dan luar rumah

Selain bisa dikonsumsi, tanaman mint dan kemangi juga berkhasiat untuk mengusir nyamuk. Letakkan daun mint di kamar. Aroma mentolnya yang wangi bisa menyegarkan ruangan sekaligus membuat nyamuk pergi. Kemangi mengandung zat geraniol dan linalool yang baunya nggak disukai nyamuk. Letakkan beberapa pot di dalam rumah. Kalau lavender, saya yakin mommies sudah tahu keunggulannya dalam mengusir nyamuk. Tanamlah beberapa lavender di halaman untuk menghalau nyamuk masuk ke dalam rumah.

Manfaatkan kulit jeruk

Sehabis makan jeruk, jangan buang kulitnya! Kulit jeruk bisa digunakan sebagai pengusir nyamuk yang aman bagi bayi. Senyawa lemonen yang terkandung di dalamnya bisa mengganggu sistem pernapasan nyamuk. Rajinlah mengganti kulit jeruk apabila sudah layu.

Rasanya cara-cara tersebut cukup mudah diaplikasikan ya? Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Baca juga: Lotion Anti Nyamuk Untuk Bayi

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top