Now Reading
Parenting Berdasarkan Enneagram, Yang Mana Tipe Kepribadianmu?

Parenting Berdasarkan Enneagram, Yang Mana Tipe Kepribadianmu?

annisast
enneagram

Tahu Enneagram? Enneagram of Personality membagi kepribadian manusia menjadi 9 dan satu sama lain bisa jadi berkaitan. Apa hubungannya dengan parenting?

Enneagram bisa membantu kita memetakan pola parenting. Juga bisa membantu memberi insight pada kita untuk bereaksi pada situasi tertentu dan tentunya bisa membantu kita untuk menjadi orang tua yang lebih baik.

Tes Enneagram ini bisa dengan mudah ditemukan di internet ya. Ada yang gratis, ada juga yang lebih komprehensif dan berbayar.

Jika dikaitkan dengan parenting, ini tipe-tipe kepribadian Enneagram dan apa yang perlu diperhatikan.

1. The Reformer

Tipe pertama ini biasaya seorang yang perfeksionis dan idealis jadi saat punya anak, set ekspektasi yang sesuai. Tidak semua harus idealis kok, tidak semua juga harus sempurna. Kamu, hanya perlu jadi ibu yang cukup untuk anakmu.

2. The Helper

Panggilanmu membantu sesama, kamu senang sekali kalau bisa membantu. Nah, tapi saat jadi orangtua, kamu juga harus paham kalau dirimu pun berharga. Jangan sampai lupa untuk merawat diri, fisik dan mental, ya!

3. The Achiever

Kamu dikenal sebagai orang ambisius dan hidup demi kesuksesan dengan berbagai pencapaian. Sebagai orangtua, ingat kalau anak lahir saja kita sudah bahagia, jadi jangan menuntut anak untuk meraih apa yang kita cita-citakan. Prosesnya yang penting, bukan hasil! Plus, kita tetap akan sayang pada anak kan, apapun hasil yang mereka dapat?

4. The Individualist

Kamu sering dibilang drama, sensitif, dan temperamental. Yang tersulit dari jadi orangtua di tipe ini adalah kamu harus bisa kelola emosimu sendiri sekaligus mengelola emosi anak. Sadari bahwa keputusanmu seharusnya rasional bukan emosional.

5. The Investigator

Kepribadian nomor 5 adalah seorang yang introvert, tidak terbuka dan menghargai kejujuran. Untuk anakmu, cobalah lebih terbuka dan bicara pada mereka sesuai usianya. Kadang sulit tapi tidak ada salahnya dicoba.

6. The Loyalist

Tipe ini hampir selalu cemas, curigaan, namun bertanggung jawab karena mereka sudah mengantisipasi semua kemungkinan buruk yang mungkin terjadi. Sebagai orangtua, percaya pada insting itu baik, takut itu boleh, tapi jangan ketakutan terus menerus. Karena rasa khawatir itu biasanya menular lho. Kamu terlalu khawatir, anak pun akhirnya jadi ikut khawatir.

7. The Enthusiast

Kamu adalah orang yang menyenangkan, disukai banyak orang, namun mudah terdistraksi sehingga sulit fokus. Sebagai orangtua dengan berbagai kewajiban, biasanya kamu jadi kesulitan untuk membagi waktu. Lalu juga ingat kalau anak perlu perhatian khusus di mana kamu tidak terdistraksi apapun.

8. The Challenger

Tipe ini senang membela kebenaran, senang berdiskusi dan berargumen sebelum memutuskan sesuatu. Sebagai orangtua, ingat anak adalah individu sendiri sehingga kamu harus mulai melihat dari sudut pandang mereka dan jangan selalu ngotot bahwa kamu yang paling benar.

9. The Peacemaker

Kamu tipe yang cinta damai, optimis, dan senang melihat sesuatu dari berbagai perspektif. Sebagai orangtua, kamu harus belajar bilang tidak meskipun anak merengek dan meminta sesuatu. Jangan lupa untuk bicarakan apa yang kamu butuhkan sehingga anak tak perlu menebak apa maunya kita sebagai orangtua.

Baca juga:
Kenali Tipe Kepribadian Anda Agar WFH Lebih Efektif
Jenis–jenis Kepribadian dan Pengaruhnya Pada Karier (Introvert, Extrovert, & Ambivert)

Follow us on Instagram!

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top