Now Reading
Rekomendasi Doula di Berbagai Kota di Indonesia

Rekomendasi Doula di Berbagai Kota di Indonesia

RachelKaloh
rekomendasi doula

Buat Mommies yang tertarik untuk menggunakan jasa dan dukungan doula selama masa kehamilan dan melahirkan, cek dulu yang ini! Ini rekomendasi doula di berbagai kota di Indonesia.

Belakangan ini makin sering, kan, melihat Instagram para artis dan mom-fluencer yang saat melahirkan didampingi dua orang wanita, selain suaminya. Ya, mereka adalah doula, support system yang memberikan dukungan secara fisik, mental, emosional dan spiritual. Tidak hanya itu, doula juga memberikan informasi yang bermanfaat sepanjang ibu menjalani masa kehamilan dan jelang melahirkan serta, yang paling penting, nih, membantu persiapan ibu dan ayah, berupa edukasi persalinan dan rencana kelahiran (birth plan). Semua dilakukan dengan tujuan agar ibu merasa lebih nyaman, relaks dan siap untuk melahirkan. 

Bedanya dengan dokter, doula memang bukan tenaga medis dan tidak berhak melakukan saran dan intervensi medis, semua keputusan dan pilihan mengenai persalinan datang dari ibu dan ayah. Oleh karena itu, memilih doula juga tidak semudah memilih dokter kandungan yang sudah jelas praktek di rumah sakit mana. Biasanya, kita perlu menghubungi doula dari penyedia jasa doula, berupa yayasan maupun komunitas. Hal ini tentu dilakukan jauh sebelum due date alias ketika menjalani masa kehamilan, ya, supaya doula lebih mudah membantu kita mempersiapkan persalinan.

Berhubung sekarang ini masih sulit untuk mendatangi tempat-tempat penyedia jasa doula, maka… Social media to the rescue! Untungnya, sekarang ini makin banyak doula yang bisa kita temui di Instagram. 

Rekomendasi Doula Jabodetabek

@nujuhbulanstudio

Di sini, Mommies bisa mengikuti kelas offline dan online seputar persiapan melahirkan. Selain itu, Mommies juga bisa bertanya langsung seputar doula bahkan bikin janji sesuai jadwal ketersediannya. Atau, kungjungi websitenya di www.nujuhbulan.com.  

@temanlahiran

Temanlahiran juga merupakan sebuah komunitas yang menyediakan jasa seputar edukasi kehamilam dan kelahiran. Mereka membuka kelas dan konseling, pendampingan doula dan layanan privat. Mommies bisa langsung menghubunginya via link di bio Instagram mereka atau klik www.temanlahiran.co.

@amanibirth_indonesia

Merupakan salah satu servis doula terbesar yang dikembangkan oleh Aisha Al Hajjar, seorang bidan dan childbirth educator asal Amerika Serikat yang kini tinggal di Arab Saudi. Amani Birth sendiri menjalani konsep islami dalam mendampingi ibu menjalani kehamilan, persalinan hingga saat mengasuh anak. Info lengkap mengenai doula di berbagai area di Indonesia juga ada di Instagram mereka.

@makdoulaetha

Merupakan seorang certified doula dan certified CBE, sekaligus konselor laktasi. Makdoulaetha menyediakan kelas hamil, child birth education, bahkan post-partum doula, yaitu pelayanan kepada ibu selama menjalani masa nifas.

@anisyacahya

Kalau lihat profil Instagram-nya, doula Anisya ini sering banget memberikan edukasi tentang parenting, menyusui dan nutrisi penting untuk busui. Ia juga merupakan seorang konselor laktasi.

@ashtradymach

Ashtra adalah penulis buku, doula dan post-partum doula. Ia juga founder komunitas @haloibu.id di mana para ibu bisa ikut berkumpul dengan sesama ibu tanpa menghakimi, meditasi bersama, dan merayakan diri sebagai ibu dan perempuan.

Rekomendasi Doula Bandung

@agustinahujandanbintang

Agustina Harmawati adalah bidan doula dan childbirth educator di daerah Bandung. Ia juga sering mengadakan kelas online dan offline seputar persiapan persalinan.

Surabaya

@annisa311

Buat Mommies yang tinggal di daerah Jawa Timur, doula Annisa juga sering mengadakan kelas, seperti persiapan persalinan dan couple prenatal gentle yoga, persiapan menyusui, merawat new born, kebanyakan dilakukan secara online dan via zoom.

Medan

@sekolah.emaak

Ini adalah akun yang dikelola langsung oleh bidan Febrina, yang juga pendiri @ibusejatiindonesia. Di sini, ia banyak memberikan informasi dan tips seputar melahirkan secara normal dan juga menawarkan paket perawatan paska kelahiran yang bisa Mommies ambil, khususnya yang berdomisili di Medan dan sekitarnya. 

Jogja

@bidankita

Pasti Mommies sudah familiar dengan bidan Yesie Aprilia, kan? Di akun Instagram-nya, @bidankita, MOmmies bisa mendapatkan segudang informasi mengenai kehamilan. Untuk jasa doula yang tersedia, bisa langsung mendatangi kliniknya di daerah Klaten, Jawa Tengah.

Semarang

@yusitaprita

Doula Prita adalah seorang bidan yang memulai karirnya sejak 2011. Lewat Instagram, ia juga sering memberikan informasi terkait kelas prenatal, baik yang offline maupun online. Berdomisili di Semarang, Mommies bisa langsung menghubunginya atau kunjungi website www.ibualam.com

Baca juga:
Antara Dokter Kandungan, Bidan dan Doula, Apa Bedanya?
Cara Mempelajari Posisi Janin dengan Belly Mapping

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top