banner-detik
SELF

Mencintai Diri Sendiri, Sudahkah Kita Melakukannya?

author

fiaindriokusumo01 Dec 2020

Mencintai Diri Sendiri, Sudahkah Kita Melakukannya?

Self-love is not selfish because you cannot truly love another until you know how to love yourself.

Karena seringkali, lebih mudah memberi cinta untuk orang lain dibanding memberi cinta untuk diri sendiri.

Dari kecil kita (atau setidaknya saya) tumbuh besar terbiasa mendengar kalimat-kalimat semacam ini:

“Yang sayang sama kakak adeknya…”

“Nurut sama orangtua dan jadi sumber kebahagiaan orangtua ya…”

“Terima dan cintai pasangan kamu apa pun kondisinya…”

“Cinta orangtua ke anak itu nggak akan pernah ada batasnya…”

Dst….

Baca juga: Sering Merasa Pura-pura Bahagia, Kenapa Tidak?

Jadi, ya, kita terbiasa diajarkan, diminta, dituntut untuk mencintai orang-orang terdekat kita, memastikan mereka berbahagia, menjaga dan mengurus mereka, eh tapi nggak diajarkan untuk mencintai diri sendiri. No wonder, kadang, kita bisa berlimpah ruah memberikan cinta ke orang lain, alias bucin, tapi lupa bucin ke diri sendiri, ahahaha. Lupa untuk puk puk dan menyayangi diri sendiri. Lupa mengatakan maaf dan terima kasih ke diri sendiri, lupa menjaga sosok yang paling berharga, yaitu diri sendiri.

Self Love di era gempuran social media juga semakin sulit dilakukan, ketika kita mudah banget menyaksikan kesempurnaan hidup orang lain di ranah social media (yang belum tentu sesuai dengan realita hidupnya), pokoknya indah aja dulu di social media. Alhasil, sibuk membandingkan diri, merasa iri, kemudian merasa diri kurang. Lelah. Tiada. Akhir.

Jadi, yuk, mulai sekarang, tempatkan diri kita di prioritas utama untuk disayang, dicintai, dihargai, diberi kesempatan kedua, disemangati, dimanja, dan sejuta kenyamanan lain yang selama ini seringnya kita berikan ke orang lain.

Bukan bermaksud menjadi manusia egois, tapi lebih kepada menjadi manusia yang menyadari bahwa kita layak bahagia tanpa harus menyakiti orang lain. Bahwa kita layak bahagia dengan standar yang kita buat sendiri, bukan dengan menggunakan standar orang lain.

Yuk, bersama-sama dengan Mommies Daily yang di bulan Desember ini memasuki usia 11 tahun, kita mulai mempraktikkan Self Love, Self Acceptance agar kita bisa menjadi manusia yang berbahagia dan membuat orang-orang di sekitar kita juga bahagia.

Seperti biasa, di ulang tahun Mommies Daily, kami selalu memiliki campaign, kalau tahun kemarin campaign-nya adalah #MDMentalHealthJourney, maka tahun ini MD ingin mengajak semua orang untuk memulai #MDSelfLoveJourney #BecauseYouMatter so please #LoveYourselfFirst.

Akan ada banyak rangkaian online event yang akan kami lakukan, mulai dari IG Live hingga Youtube Live, bersama dr Jiemi Ardian SpKJ. Jangan lupa follow Instagram kami @mommiesdailydotcom untuk tahu kapan waktunya, dan jangan lupa untuk ikutan ya.

Semoga, di bulan ini sekaligus bulan penghujung 2020, cinta kita tidak hanya disebar ke orang lain, namun juga ke diri kita sendiri.

Self-love is not selfish because you cannot truly love another until you know how to love yourself.

Baca juga: Jerat The Hustle Culture yang Menghancurkan Hidup Kita Tanpa Sadar

Share Article

author

fiaindriokusumo

Biasa dipanggil Fia, ibu dari dua anak ini sudah merasakan serunya berada di dunia media sejak tahun 2002. "Memiliki anak membuat saya menjadj pribadi yang jauh lebih baik, karena saya tahu bahwa sekarang ada dua mahluk mungil yang akan selalu menjiplak segala perilaku saya," demikian komentarnya mengenai serunya sebagai ibu.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan