Now Reading
7 Cara Tampil Maksimal Saat Online Meeting

7 Cara Tampil Maksimal Saat Online Meeting

layanan konsultasi online

Walau namanya online meeting, bukan berarti kita nggak bisa tampil maksimal. Ini 7 cara tampil stand out saat online meeting.

WFH dan SFH membuat online meeting menjadi makanan kita sehari-hari, terutama para working mom. Mungkin kalau meetingnya bersama rekan-rekan kantor yang ngobrolin urusan internal, kita lebih bebas ya tampil apa adanya (alias belum mandi atau sambil pakai skincare). Masalahnya, jika meeting bersama klien atau orang luar, mau itu online meeting sekalipun, Namanya penampilan tetap harus dijaga dong. Namanya juga profesional. Mau nggak menyalakan kamera mungkin nggak kenapa-kenapa, tapi alangkah lebih baiknya jika kamera tetap on agar klien juga bisa melihat wajah kita.

Baca juga: Tetapkan Batasan Kerja di Rumah Berdasarkan Kepribadian

Berikut, lima cara agar kita bisa tetap tampil maksimal saat sedang online meeting:

1. Kenakan aksesoris

Paham, kalau meeting hanya bagian atas saja yang terlihat. Makanya kita biasanya rapih di atas, bawah cukup celana pendek, hehehe. Nah, berhubung bagian atas yang menjadi sorotan, bisa banget diakali dengan pemakaian aksesoris. Kaos sederhana, asal rapih, sopan dan bersih masih aman dikenakan dipadu dengan kalung cantik atau scarf. Bisa juga pilih anting yang bold atau hoop.

2. Perhatikan background

Memang bisa saja “Namanya juga meeting di rumah, ya pasrah aja dengan background, wong ruangannya hanya ada itu,” menjadi alasan, tapi bukan berarti latar meeting kita adalah tumpukan pakaian berantakan atau deretan sepatu, kan?! Coba deh cari background yang bersih atau lebih aman, seperti pintu, tembok atau halaman yang asri. Kalau sulit, maka ubah settingan dari laptop dan pilih background yang kosong.

3. Lakukan eye contact

Walau sulit dilakukan, tapi ini merupakan hal penting untuk dilakukan apalagi jika kita meeting dengan klien. Meeting online bukan berarti membuat kita less sopan santun, kan? Kalau memang harus sambil mencatat, ya nggak kenapa-kenapa, tapi tetap sesekali usahakan ada eye contact dengan lawan bicara.

4. Jangan hanya wajah yang terlihat

Pastikan jarak duduk kita dengan kamera membuat area bahu dan sebagian dada kita terlihat di layar, sehingga lawan bicara bisa melihat gesture tubuh kita dan membuatnya lebih nyaman berkomunikasi dengan kita. Gesture juga membantu lawan bicara untuk lebih mudah memahami apa yang ingin kita sampaikan.

5. Miliki gesture yang baik

Area wajah, bahu dan juga dada sudah terlihat, tapi duduk kita asal-asalan dan berkesan malas-malasan, ya jangan juga. Pastikan kita duduk dengan tegak, atau bersandar pada kursi namun tetap tegak, jangan lemas dan berkesan kita malas menghadiri meeting ini.

Baca juga: 8 Tanda Pekerjaan Sudah Membahayakan Kesehatan Mental Anda

6. Senyum

Ingat, bahwa sebagian besar yang dilihat oleh lawan bicara kita adalah area wajah, maka pastikan kita tidak lupa untuk tersenyum.

7. Cahaya

Pastikan pencahayaan membuat wajah kita terlihat dengan baik, jangan sampai area kita meeting gelap sehingga membuat lawan bicara sulit melihat kita. Sudahlah dia harus fokus mendengarkan kita bicara, pakai pula foks memerhatikan ekspresi wajah kita.

Good luck Mommies 😊.

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top