Now Reading
Jenis Tanaman Hias: Mulai dari yang Mudah Dirawat, yang Susah Hingga yang Berbahaya

Jenis Tanaman Hias: Mulai dari yang Mudah Dirawat, yang Susah Hingga yang Berbahaya

dewdew

Sebelum keluar uang banyak untuk tanaman hias, pahami dulu nih jenis tanaman hias yang mudah perawatannya, yang susah sampai yang berbahaya bagi kesehatan.

Buat mommies yang masih maju mundur mau ikut tanam menanam, bekali diri dengan beberapa fakta di bawah ini dulu, ya.

Baca juga: Pilihan Tanaman Untuk Setiap Ruangan di Rumah

Jenis tanaman hias yang mudah dirawat

Buat pemula, kayaknya akan lebih menyenangkan jika memilih tanaman yang mudah dirawat. Hindari tanaman yang membutuhkan banyak penanganan, takutnya kalau gagal malah kapok. Mommies bisa mulai dengan tanaman yang nggak terlalu rewel seperti Sirih Gading. Tanaman ini dikategorikan sebagai tanaman yang tahan banting di berbagai kondisi. Tapi bukan berarti nggak perlu disiram, ya.

Pakis Jepang juga merupakan tanaman yang istilahnya mudah ditangani. Baik di bawah sinar matahari, maupun suasana teduh, Pakis Jepang bisa dengan mudah tumbuh. Tapi jangan lupa rutin menyiramnya dan hindari tanah yang terlalu kering.

Tanaman Sri Rejeki atau yang dikenal juga dengan aglaonema cocok dijadikan tanaman hias di dalam ruang. Mudah dirawat karena bisa tetap hidup walaupun nggak terlalu sering kena sinar matahari. Apalagi tanaman ini baik untuk kesehatan karena bisa menyuplai udara bersih.

Jenis tanaman hias yang susah perawatannya

Jika dilihat-lihat suplir memiliki daun-daun yang warna dan bentuknya cantik. Membuat siapapun tergoda untuk memiliki dan merawatnya. Selayaknya yang cantik-cantik (uhuk), harga dan biayanya nggak murah, serta penanganannya juga nggak bisa sembarangan. Suplir nggak bisa kena matahari langsung, tapi juga sulit bertahan di dalam ruangan. Nah, lho. Agak-agak rempes memang, tapi kalau tahu selahnya, suplir akan tumbuh sempurna. Tingkat kelembapan juga faktor penting buat suplir menampilkan kecantikan daunnya. Memang butuh trial and error menangani tanaman yang satu ini.

Satu lagi tanaman yang lumayan merepotkan adalah Tanduk Rusa. Walaupun mampu menampilkan kesan eksotik, tanaman ini membutuhkan penyiraman intensif. Sudah begitu saat disiram, Tanduk Rusak harus dilepaskan dari media tanamnya, rendam dalam air, baru ditempatkan kembali setelah kering.

Tanaman hias beracun

Bagaimana kalau tanaman hias tersebut beracun? Tanaman Dollar termasuk di dalamnya. Karena bentuknya yang manis, tanaman Dollar suka diletakkan di sudut ruangan, namun ia mengandung senyawa oksalat, penyebab iritasi dan gatal pada kulit. Jika tak sengaja menyentuh daunnya, segera cuci tangan dengan sabun, bilas hingga bersih. Jauhkan dari jangkauan anak-anak, terutama balita, ya, mommies.

 

Kuping Gajah cukup populer di kalangan pecinta tanaman. Warnanya cantik, sih, tapi daunnya bisa menyebabkan gangguan pernapasan, lho. Ketika kita tak sengaja menggosok daunnya, bisa menyebabkan sensasi terbakar pada kulit. Jadi berhati-hatilah saat merawatnya.

Tumbuhan bunga Azalea merupakan jenis tanaman berbunga dari keluarga Ericaceae dan Genus Rhododendron. Biasanya tumbuh di wilayah beriklim sedang, dan sering kita temukan di negara-negara Asia Timur. Bukan berarti di Indonesia nggak bisa dibudidayakan. Bunganya cantik banget memang, tapi jauhkan dari jangkauan anak-anak, ya. Buat balita yang masih suka memasukkan semua-mua ke dalam mulut, bunga ini berbahaya bila termakan karena bisa menyebabkan sakit perut, sulit bernapas dan bahkan kelumpuhan.

Tempat beli tanaman online

Nggak sempat ke luar rumah atau masih nyaman stay at home? Tenang, tanaman saat ini juga bisa dibeli secara online, kok. Mommies bisa memilih beberapa tanaman yang lagi hits di @odtf_things. Lengkap dengan media tanam, hingga potnya. @sobatberkebun juga bisa mommies lirik. Bahkan mereka juga menyediakan hampers tanaman semisal mommies ingin kirim-kirim ke orang-orang tersayang supaya ikutan kegiatan tanam-menanam.

Anda di Jakarta sementara ingin sekali menanam mawar dari Malang? Banyak seller dari Malang di Tokopedia yang siap mengirimkan bibitnya, bahkan disertai garansi. Saya pernah menerima kiriman bibit mawar rambat dari Malang yang dikemas sedemikian rupa, sehingga saat sampai di rumah kesegarannya tetap terjaga. Namun yang perlu diperhatikan jika membeli bibit tanaman dari luar kota, segera setelah diterima langsung perlakukan sesuai petunjuk seller, ya. Ada yang harus langsung dibuka, dibiarkan dulu, baru kemudian ditanam. Ada juga yang harus segera dibongkar dan dimasukkan ke dalam media tanam.

Selamat menanam!

Baca juga: Bercocok tanam 101 Bagi Pemula

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top