Now Reading
6 Rekomendasi Asam Folat, Suplemen untuk Bumil

6 Rekomendasi Asam Folat, Suplemen untuk Bumil

RachelKaloh

Suplemen asam folat dari yang paling murah sampai yang paling mahal yang tersedia over the counter (tidak perlu resep dokter). Ini 6 rekomendasi suplemen asam folat untuk bumil

Sekarang ini, kan, semua serba terbatas. Dulu kita bisa rutin sebulan sekali cek kandungan, sekarang tidak demikian. Demi keselamatan kita para bumil yang harus mengunjungi obgyn, apalagi yang prakteknya di RS umum, pemeriksaan kandungan bisa-bisa dilakukan 2 atau 3 bulan sekali, bahkan kalau tidak ada keluhan, balik ke dokternya, nanti-nanti aja! Lalu, gimana kalau stok suplemen bulanan yang diberikan dokter habis sebelum jadwal cek tiba?

Tenang, kita bisa cari sendiri di apotek. Kebetulan, sekarang ini banyak pilihan produk suplemen dengan kandungan asam folat (dan vitamin yang dibutuhkan lainnya) yang tersedia Over The Counter (OTC) dan tidak memerlukan resep dokter. Ini rekomendasi asam folat, silakan pilih, mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Mommies.

Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold

Saya banyak lihat para bumil yang mengonsumsi suplemen ini, karena manfaatnya yang jangka panjang, alias membantu produksi ASI ketika bayi sudah lahir. Asam folat Blackmores mengandung lower constipation iron yang dapat mencegah sembelit. Ukuran tabletnya cukup besar, pastikan sedia air minum secukupnya. Selain mengandung asam folat, Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold ini juga dilengkapi dengan nutrisi vitamin C, omega 3, vitamin D dan kalsium. Tersedia di beberapa apotek dan e-commerce dengan kisaran harga mulai dari Rp. 300.000-an per botol.

Sundown Natural Folic Acid

Satu botol ada yang isinya 100 tablet dan 350 tablet, bisa jadi pilihan buat Mommies supaya nggak perlu bolak-balik beli ke apotek. Ukuran tabletnya tidak terlalu besar sehingga mudah ditelan. Selain asam folat, suplemen ini juga dilengkapi omega 3 yang dapat membantu perkembangan otak janin. Tersedia dia beberapa apotek dan juga e-commerce mulai dari Rp. 135.000.

Nature’s Plus Folic Acid Hearts

Dari segi ukuran tablet, termasuk besar, bentuknya hati. Dari segi aroma, tidak setajam Blackmores. Selain asam folat, ada juga kandungan vitamin B6 dan B12. Buat bumil yang sering mengalami anemia, suka pusing dan mual serta ‘kleyengan’, bisa konsumsi suplemen ini karena membantu meningkatkan produksi sel darah merah. Untuk satu botol berisi 90 tablet, harga mulai dari Rp. 160.000.

Folamil Genio

Kehamilan pertama dulu, saya diresepkan Folamil Genio oleh dokter. Bentuknya kapsul lunak, tidak ada aroma sehingga tidak mengganggu buat dikonsumsi saat kita lagi mual-mualnya. Selain asam folat, vitamin B kompleks, betakaroten, kalsium dan DHA yang bermanfaat selama kehamilan juga terkandung dalam suplemen ini. Pas buat bumil yang mengalami mual cukup parah dan susah makan di awal kehamilan. Harganya mulai dari Rp. 120.000 untuk satu botol isi 30 kapsul. 

Folavit

Suplemen yang satu ini mengandung asam folat dan vitamin B9. Dibandingkan dengan produk serupa lainnya, untuk harga, Folavit termasuk yang paling terjangkau, mulai dari Rp. 10.000 untuk 1 strip berisi 10 tablet kecil. Meski murah, kandungannya tidak kalah, kok, dengan merk lainnya. Cocok buat ibu hamil yang masih bisa makan dengan seimbang dan rutin konsumsi sayur dan buah dengan lancar tanpa hambatan.

Hydromama

Yang satu ini memang bukan suplemen, sebetulnya, namun bisa dikonsumsi setiap hari oleh ibu hamil karena mengandung asam folat dan vitamin C yang tinggi. Enaknya, Hydromama ini tersedia dalam berbagai rasa, dari jeruk, mixed berry, blackcurrant, kelapa, lemon, sampai rasa kopi. Buat bumil yang merasa terganggu dengan mual, konsumsi Hydromama yang dilarutkan dengan segelas air dingin ini akan sangat membantu.

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top