Now Reading
Perubahan Baik pada Anak Setelah 6 Bulan di Rumah

Perubahan Baik pada Anak Setelah 6 Bulan di Rumah

annisast

Enam bulan di rumah, ada perubahan baik apa saja, moms?

Saat awal PSBB, saya naif sekali. Dipikir akan 2 minggu di rumah jadi ya sudahlah anggap liburan. Tau-tau sudah 6 bulan, lama sekali ya kita diam di rumah! :))

Saya dan suami masih full WFH, suami hanya pernah ke kantor sekali karena laptop bermasalah itu pun tidak masuk. Hanya laptopnya ditinggal. Saya hanya ke kantor 2 kali kemarin saat event Power Hour by MD. Anak kami, full di rumah 6 bulan sekolah di rumah.

Meski orang-orang (sepertinya) sudah beraktivitas normal, saya dan suami kok ya lama-lama lebih senang di rumah, ya? Ternyata tidak masalah tidak ke mall setiap minggu, tidak masalah makan di rumah terus, tidak masalah tidak nongkrong atau nonton konser. 

Kalau mau dicari sebelnya ya bisa sebel banget di rumah terutama bagi anak yang jadi tidak bebas bermain di luar atau playdate. Tapi kalau dilihat dari sisi positif atau perubahan baik pada anak, banyak lho sisi positif yang bikin saya bersyukur banget 6 bulan ini bisa diam di rumah. Apa saja?

Berat badan anak aman

Awal pandemi dimulai dengan saya sedang kejar berat badan anak yang sudah tidak naik selama … SATU TAHUN. Karena berat badan tidak naik otomatis tinggi badan jadi tidak naik juga, tinggi badannya sudah di garis merah.

Enam bulan di rumah, berat badan yang sudah tidak naik selama satu tahun itu ternyata dengan mudah naik terus karena makannya bisa kita kontrol dengan baik. Kini berat dan tinggi badannya sudah di atas garis hijau. PR nya hanya masak yang lebih niat sih ahahaha tapi sungguh worth it!

Baca: Tips Masak dan Cara Menambah Berat Badan Anak

Jarang sakit

Namanya anak daycare yang setiap hari ke luar rumah, beberapa bulan sekali pasti pilek. Alergi juga mudah kambuh karena makanannya tidak dijaga 100%. Sekarang sudah 6 bulan tidak batuk pilek sama sekali. Sehat! Alergi pun bisa saya jaga benar karena saya tahu persis SEMUA hal yang dia makan.

Lebih kreatif karena bosan

Mainan-mainan yang biasanya jarang dikeluarkan, puzzle yang terlupakan, benda-benda yang biasanya bukan mainan, kini keluar semua. Berantakan sih tapi ya sudahlah. Kami juga jadi lebih kreatif, bisa dibuat daftar apa saja jenis crafty things dan science experiment yang dibuat bersama selama pandemi ini hahaha. Hal yang tidak pernah saya bayangkan akan dilakukan bersama anak karena dulu sih malas. :))))

Canggih pakai gadget

Namanya juga gen Alpha ya, cuma dicontohkan sekali cara join Zoom berikutnya dia sudah bisa explor sendiri semua fiturnya. Lalu jadi lancar juga menggunakan Google Classroom, bisa mengisi kuis Google Form sendiri, dan banyak lagi.

Pun jadi belajar lebih banyak karena ia kan hanya nonton YouTube Kids dengan channel yang sudah saya subscribe, karena screen time lebih banyak jadinya tahu-tahu dia jadi belajar banyak hal. Dari tentang luar angkasa yang memang dia sukai sampai science lain seperti penemu gravitasi dan pengetahuan umum lainnya.

Mommies, apa hal baik yang terasa setelah 6 bulan di rumah?

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top