Now Reading
Hobi Baru di Masa Pandemi: Tanaman hingga Ikan, dari Harga Murah Hingga Fantastis

Hobi Baru di Masa Pandemi: Tanaman hingga Ikan, dari Harga Murah Hingga Fantastis

RachelKaloh

Kini, banyak juga, lho, yang segitunya bela-belain beli ikan dan beli tanaman walau harganya nggak murah. Demi kewarasan, katanya.

Namanya juga hobi, biasanya, di saat lagi anget-angetnya, cenderung bisa bikin seseorang jadi (makin) impulsif. Apalagi dengan lebih banyaknya waktu yang dihabiskan di rumah, kenyamanan itu menjadi sangat amat penting (ya, iyalah, udahlah nggak bisa ke mana-mana, masa di rumah nggak boleh, sih, punya hobi baru?). Selain demi kewarasan di tengah keadaan yang masih nggak menentu, mengoleksi (dan merawat) ikan maupun tanaman dipercaya bisa meningkatkan aura positif di rumah.

aquarium

Ikan Cupang dan ikan Guppy

Image: azgardens.com
Image: azgardens.com

Meski keduanya banyak dipilih menjadi peliharaan karena sirip dan warnanya yang indah dan unik, ternyata dua jenis ikan ini memiliki karakter yang jauh berbeda. Ikan cupang termasuk ikan dari Indonesia sedangkan ikan guppy berasal dari Amerika Tengan dan Amerika Selatan. Kedua jenis ikan ini banyak diminati karena proses pemeliharaannya tidak sulit dan tidak butuh tempat yang luas. Harga ikan guppy yang paling mahal bisa sampai Rp 4 juta per pasang, sedangkan ikan cupang bisa sampai Rp 10 juta per ekor.

Ikan Koi

Image: piccapixel.com
Image: piccapixel.com

Sebetulnya, ikan koi sudah lama populer di Indonesia, namun, memang bila ingin mengoleksi ikan ini, butuh wadah luas berupa kolam ikan. Tingkat kedalaman kolam juga tidak bisa asal-asalan dibuat. Selain faktor keindahan, koi dipercaya dapat membawa keberuntungan, nggak heran ikan koi ini paling sering ditemukan di restoran, di rumah-rumah dengan kolam ikan, bahkan di area terbuka tempat umum seperti mall. Selain itu, koi termasuk jenis ikan yang mudah dipelihara, karena tergolong kuat, tidak perlu rutin diberikan makanan, beberapa kali dalam seminggu saja cukup. Namun, hati-hati ketika memasukkan jenis ikan lain di kolam karena koi cenderung bisa mengintimidasi ikan jenis lain. Harga koi sangat beragam, dari Rp 20 ribuan, sampai yang paling mahal, jenis black dragon bisa mencapai Rp 2,8 Miliar, wow!

Tanaman Hias Monstera

Image: apartmenttherapy.com
Image: apartmenttherapy.com

Variasi harga mulai dari Rp 1 juta hingga 6 jutaan, tergantung jenisnya. Yang lagi populer di sini adalah Monstera Deliciosa dan Monstera Variegata. Tanaman ini, sesuai namanya, Monstera, yang bermakna abnormal, banyak diminati karena keunikannya. Sayang sekali dalam bahasa Indonesia, sebutannya kurang enak didengar, yaitu “Janda Bolong”, mungkin karena dedaunannya cenderung bolong-bolong. Selain bentuknya yang unik, Monstera termasuk tanaman yang cukup kuat dalam kondisi ruangan yang minim cahaya alami, ia juga tahan bila ditempatkan di area ber-AC. Tren harga yang terus menanjak membuat para peminat Monstera merasa nggak rugi untuk membelinya, bahkan banyak yang menganggapnya sebagai investasi tersendiri. Memang, sih, begitu dipajang di teras maupun di pojokan rumah, tampilan interior rumah otomatis jadi lebih cantik dan Instagramable, pantas saja kini banyak diminati ibu-ibu.

Tanaman Hias Philodendron Birkin

Image: jardinagemaroc.com
Image: jardinagemaroc.com

Tanaman Philodendron juga terdiri dari banyak jenis, salah satu yang sedang populer sekarang ini adalah Philodendron Birkin. Ciri khasnya, daunnya yang memiliki motif garis-garis, perpaduan antara hijau muda dan hijau tua. Saat ukurannya masih belum terlalu tinggi, tanaman ini masih bisa dijadikan hiasan di atas meja dengan penggunaan pot kecil yang mendukung. Layaknya Monstera, Philodendron Birkin juga merupakan tanaman yang tahan panas sehingga bisa ditaruh di mana saja, baik di dalam maupun luar ruangan. Kisaran harganya beragam, dari Rp 1 juta sampai dengan Rp 8,5 juta.

Tanaman Hias Philodendron Congo Rojo

Image: anselandivy.com
Image: anselandivy.com

Selain bisa sebagai tanaman gantung, Philodendron Congo Rojo ini juga bisa menjadi tanaman hias untuk di teras rumah. Tanaman ini digemari karena perawatannya yang dianggap mudah, disiram saja secara rutin. Pertumbuhannya juga tergolong cepat, lebih cepat bila dibandingkan dengan anthurium. Harganya mulai dari Rp 100 ribuan.

Jadi, mau pilih yang mana buat dikoleksi?

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top