Tips Terbaik Seputar Menyusui Agar Ibu Tidak Stres

Menyusui di dunia nyata, tak seindah di iklan atau di film-film. Menyusui bisa jadi momen yang sangat stressful. Bagaimana agar ibu tidak stres?

Menyusui: Kok, Gini Amat Ya - Mommies Daily

Ini sangat sangat penting karena stres justru malah membuat ASI tidak lancar. Ibu bahagia, ASI lancar. Ibu tidak bahagia, ASI tidak lancar padahal kenyataannya ibu tidak bahagia karena ASI tidak lancar. Muter aja terus ahahahaha.

Bagaimana agar ASI lancar, proses menyusui bisa jadi menyenangkan dan ibu tidak stres?

Cari ilmu sebanyak mungkin

Ini sangat sangat krusial dan sebisa mungkin ajak semua pihak terkait untuk ikut mencari ilmu! Suami harus tahu apa dan bagaimana proses menyusui. Kalau memang serumah, orangtua dan mertua pun harus diajak untuk ikut kelas atau bertemu konselor ASI. Semua ini agar proses menyusui tidak dibumbui suara-suara orang terdekat yang bukannya menyemangati malah membuat stres karena tidak sepakat.

Sekarang sudah banyaaakkk sekali kelas pra menyusui. Samakan persepsi, suami, ortu dan mertua yang akan jadi penyemangat utama ketika menyusui rasanya sulit. Tapi sebelum itu, mereka harus banget untuk tahu ilmunya, kan!

Hindari lingkungan toxic

Kalau ada teman yang nyinyir terus, ipar yang menyindir tak henti, jauhi dululah. Orang-orang seperti ini ikut membantu dan membiayai anak saja tidak kok ya bawel banget bikin ibu stres. Hindari dulu. Yang mommies perlukan saat ini adalah lingkungan yang supportif dan tidak bersuara sumbang agar proses menyusui bisa lancar. Block mereka, baik di socmed maupun di hidup nyata hahaha.

Makan sehat!

Ini yang sering terabaikan oleh ibu menyusui. Ibu menyusui butuh gizi untuk dirinya sendiri dan anak maka penting sekali untuk makan bergizi dengan porsi yang lebih banyak dari biasanya. Sudah pernah saya tulis di sini tentang betapa pentingnya makan bergizi untuk ibu menyusui: Jangan Hanya Pumping & Nursing, Ibu Menyusui Juga Harus Perhatikan Gizi

Tidur saat bayi tidur

Jangan percaya berbagai mitos yang menghalangi ibu menyusui untuk tidur! Tidurlah saat anak tidur karena istirahat itu sangat penting terutama ketika malam masih harus begadang. Tidur cukup membuat emosi lebih stabil.

Outsource hal lain

Apa yang membuat sibuk selain menyusui? Masak? Beres-beres rumah? Outsource pada pihak lain atau abaikan dulu. Fokus pada menyusui saja!

Self care!

Menyusui bisa lho sambil maskeran. Anak biarkan nangis sebentar tapi mandi tidak buru-buru tidak apa-apa lho. Self care sangat penting untuk kewarasanmu. Sempatkan, jangan ditunda atau diabaikan.

Ikut komunitas sesama ibu baru

Ini juga penting karena kadang kita hanya butuh curhat lalu diiyakan oleh ibu lain dan jadi merasa punya teman. Ikut komunitas, di mana pun bisa. Instagram atau WhatsApp group sudah banyak sekali termasuk komunitas New Mom Mommies Daily yang sudah sampai 3 group!
Punya tips lain?


Post Comment