Skill Kemandirian yang Harus Dipelajari Anak Sebelum Masuk SD Menurut Psikolog

Masuk SD itu hal besar sekali ya. Dari TK yang rasanya hanya bermain sambil sedikit belajar, tiba-tiba punya jadwal pelajaran yang pasti saat di SD. Apa yang harus disiapkan anak?

Sekolah Montessori - Mommies Daily

Skill pertama adalah yang sangat mendasar seperti tahu nama sendiri, sudah mengerti bagaimana bergantian bermain bersama teman, dan bisa meregulasi emosi atau sudah tidak tantrum ya.

Nah, tapi ada juga nih skill kemandirian yang sebaiknya sudah harus anak bisa lakukan sebelum masuk SD untuk membantu dia melewati masa sekolah dengan baik.

Kebetulan saya kemarin berkonsultasi dengan Psikolog Anak & Keluarga dari Ruang Tumbuh, Irma Gustiana A,M.Psi, Psi, tentang hal ini jelang Xylo (6 tahun) masuk SD minggu depan. Apa saja skill kemandirian itu?

Bantu diri

Skill bantu diri seperti mandi dan makan sendiri harus sudah bisa. Buang air kecil dan besar sendiri pun harus sudah bisa bersih-bersihnya.

Ini sering dilupakan ortu lho. Banyak yang melupakan skill bersih-bersih setelah BAB harus dipelajari anak sebelum masuk SD agar ia bisa membantu dirinya sendiri nanti di sekolah.

Namun karena sekarang sekolah online ya, kalau belum bisa, jadi kesempatan untuk dibantu dulu di rumah sambil terus di-encourage agar anak bisa melakukannya sendiri.

Pakai baju dan sepatu sendiri

Di beberapa sekolah, memakai baju, terutama memasang kancing sendiri ini jadi tes masuk untuk masuk SD karena bisa memasang kancing adalah tanda skill motoriknya sudah berjalan dengan baik.

Yang agak sulit itu mengikat tali sepatu sendiri. Namun sepengalaman saya, sejak usia 5 tahun anak bisa diajari untuk mengikat tali sepatu sendiri meski kadang masih terlalu longgar sehingga ikatannya gampang lepas.

Jangan menyerah dan terus ajak anak berlatih ya mom!

Tidur sendiri

Di usia 6 tahun, anak sebaiknya sudah bisa tidur sendiri. Selain kemandirian, tidur di kamar sendiri mengajarkan anak tentang privasi dan rasa memiliki akan kamarnya.

Naik sepeda roda dua

Naik sepeda roda dua ternyata bagian dari skill yang sudah harus bisa dilakukan anak sebelum masuk SD! Selain motorik, mengendarai sepeda juga melatih self control anak. Ia akan belajar keseimbangan, belajar kapan harus berhenti atau belok agar tidak menabrak, belajar melambatkan laju sepeda, dan banyak lagi.

Gimana dengan anak mommies? Sudah bisa skill kemandirian di atas sebelum masuk SD?


Post Comment