Tips Agar Anak Betah Memakai Masker

Masker sudah jadi pakaian wajib ya. Hanya bisa dibuka saat di rumah. Bagaimana dengan anak-anak?

masker

Karena merupakan hal baru, masker jadi sesuatu yang risih dan dianggap menganggu bagi anak. Padahal mau tidak mau mereka kan harus memakainya juga kalau memang perlu keluar rumah.

Ini tips agar anak betah memakai masker

Sounding

Ini yang utama. Anak perlu tahu dulu KENAPA ia perlu menggunakan masker. Untuk anak di atas usia 4 tahun harusnya sudah paham ya. Untuk yang di bawah usia 4 tahun sepertinya bisa menggunakan face shield saja kalau tidak mau menggunakan masker.

Pastikan bahannya menyerap keringat

Masker punya berbagai macam bahan, banyak di antaranya yang tidak menyerap keringat sehingga area wajah jadi lembap dan akhirnya gatal, tentu jadi tak nyaman. Bahan katun yang paling nyaman untuk anak.

Tali, lebih nyaman dibanding karet

Karet yang tersangkut ke telinga atau ke belakang kepala, lama-lama membuat tidak nyaman. Sementara tali dengan bahan katun lebih lembut menyentuh kulit sehingga tidak gatal.

Jangan ngotot pada model

Ahahaha ini karena saya lihat banyak sekali masker anak lucu-lucu namun sepertinya karetnya kurang nyaman atau bahannya tak menyerap keringat. Masa iya sih yang penting lucu tapi dipakai hanya semenit saja? :))))

Latihan di rumah

Iya, jangan langsung dipakai saat keluar. Biarkan anak bermain-main di rumah dengan maskernya agar ia terbiasa. Pun sekalian latihan, agar ia tak begitu saja membuka masker. Beri tahu anak cara membuka masker, kapan harus mencuci tangan, dan aturan new normal lainnya. :)

Baca juga:
Serba-serbi Homeschooling, Bukan Hanya Memindahkan Sekolah ke Rumah
Saat Jam Tidur Anak Jadi Tak Tentu Selama Pandemi
Begini Saran Psikolog Agar Anak Tak Jadi Generasi Prank


Post Comment