8 Aktivitas Favorit para Ibu Selama #dirumahaja Agar Tidak Stress

Kids

fiaindriokusumo・13 May 2020

detail-thumb

Ini dia delapan pilihan aktivitas yang menjadi favorit para ibu selama berada #dirumahaja. Pilihan aktivitas yang dilakukan agar bisa mengalihkan pikiran dari pandemi dan stress. Apa yang nomor satu? 

Selamat datang di masa work from home hari ke sekian (sampai sudah nggak ingat lagi, ahahaha), masa ketika udah mulai lupa hari, masa ketika sudah mulai terbiasa dengan situasi dan rutinitas sekarang, masa ketika akhirnyaaaa bisa berdamai dengan kondisi saat ini.

Namun, senyaman-nyamannya dan senrimo-nrimonya kita dengan situasi sekarang, si kondisi the new normal saat ini, sebagai seorang ibu, pasti tetap adalah yang namanya khawatir, stress plus jenuh. Iya nggak sih?

Ya gimana nggak stress, wong yang dipikirin banyak banget. Mulai dari urusan kesehatan, mengatur keuangan yang sekarang rentan nggak stabilnya, mengatur menu makan, mengurus kegiatan anak selama di rumah, sampai urusan kantor.

Tapi, salut untuk yang namanya para ibu ini, kemampuan mereka untuk multitasking dan coping with stress nggak usah diragukan lagi. Selalu mencari cara dan kesibukan.

Beberapa waktu lalu, saya sempat bertanya ke komunitas Mommies Daily, apa yang mereka lakukan selama masa karantina ini agar tidak terlalu stress? Berikut 8 jawaban tertinggi …

8. Belajar makeup

Lama-lama bosan juga di rumah penampilan gitu-gitu aja, ya udahlah sekalian aja belajar makeup. Sembali nge-list, produk-produk yang bisa dibeli setelah masa pandemi ini berakhir.

7. Virtual meeting dengan teman-teman

Jadi rajin ngajakin teman-teman satu geng untuk zoom meeting atau whatsapp call barengan, hahahaha. Ngobrol ngalor ngidul, sampai nyampah segala permasalahan hidup, di sinilah tempatnya.

6. Nonton IG Live

Banyak akun-akun Instagram yang membuat IG Live dengan konten menarik serta berilmu. Main social media sekaligus menambah ilmu.

5. Ikutan zoom class olahraga

Nggak mau ah kelar-kelar karantina berat badan membengkak, jadi ikutan olahraga adalah salah satu cara para ibu menyibukkan diri dan mengalihkan pikiran dari rasa cemas.Ditambah demi menjaga kesehatan serta daya tahan tubuh.

4. Perbanyak ibadah

Memang benar ya, hadirnya masalah membuat kita jadi mendekatkan diri kepada sang pencipta. Apalagi saat ini bulan Ramadan juga, jadilah beribadah di rumah dengan lebih khusyuk.

3. Belajar masak

Pilihan Aktivitas Favorit para Ibu Selama #dirumahaja - Mommies Daily

Mau itu hasil masakannya enak atau nggak, yang penting belajar masak sendiri dulu aja. Selain nambah skill, juga menekan pengeluaran agar nggak jajan terus, dan lebih aman, mengingat sekarang kita harus super waspada juga kalau pesan makanan dari luar.

2. Online Shopping

Belanjaaaaaa, ahahahah, yah gimana, dengan alasan nggak boleh keluar rumah kalau nggak penting-penting amat, jadilah belanja online menjadi solusinya dong. Alhasil, list product di keranjang belanjaan nambah terus. Suka lupa kalau kondisi finansial juga harus diperhatikan *__*

1. Nonton, nonton dan nonton

Pilihan Aktivitas Favorit para Ibu Selama #dirumahaja - Mommies Daily

Ini dia jawaban yang paling banyak diberikan oleh para ibu-ibu.

“Nonton mbak, agar bisa lepas sejenak dari kenyataan hidup, hahaha.”

“Jadi sering nonton mbak, cari program yang bagus dan seru, nggak hanya untuk saya atau suami, namun juga untuk anak-anak. Kita jadi bisa belajar bareng dengan cara yang menyenangkan.”

Bicara tentang kegiatan nonton TV selama #dirumahaja, salah satu yang menarik untuk dilirik adalah program-program yang ada di MOLA TV. MOLA TV bisa dibilang menghadirkan berbagai program menarik serta menghibur untuk semua orang, dengan berbagai minat, latar belakang, usia dan juga laki-laki atau perempuan (jadi bisa untuk suami juga kan :D).

Program Originals MOLA TV ini adalah program tayangan hasil produksi orisinal dari MOLA TV. Dan pilihannya pun ada banyak, sehingga kita bisa pilih sesuai dengan minat kita apa nih ….

Untuk pecinta sport, tonton deh

- Dream Chasers Garuda SelectKisah perjuangan anak Indonesia yang mendapat kesempatan langka untuk mengejar mimpi berkarier di Liga Eropa. Kita bisa ngasih lihat ke anak, bagaimana untuk mencapai sebuah mimpi ada kerja keras yang harus dilakukan. Tak hanya tentang keahlian di lapangan, namun juga pentingnya mental, sikap serta rasa percaya diri.

Pilihan Aktivitas Favorit para Ibu Selama #dirumahaja - Mommies Daily

- Dream Chasers Inter Nicolo Zaniolo dan bakat muda terbaik Italia lainnya yang berjuang meraih mimpi menembus tim Utama Inter Milan.

- Football Family Keluarga selebritas Indonesia adu tangkas pengetahuan di dunia sepakbola dalam sebuah kuis seru. Bisa banget dicontoh untuk kegiatan bersama keluarga selama masa #dirumahaja nih Mom. Sekalian ngetes seberapa besar pengetahuan kita akan olahraga yang satu ini :p.

Untuk pecinta budaya, bisa nonton

- Tradisi & Kini, sebuah kisah di balik layar, perjuangan untuk menyelaraskan budaya yang telah terbangun selama ratusan tahun agar tetap relevan dengan masa kini.

Nah, kalau doyan masak-masak atau cinta kuliner, maka program ini bisa jadi pilihan

- Masakan di Rumah  Di sini kita akan diajak oleh Happy Salma menyelusuri masakan Indonesia yang khas, nilai-nilai yang ada di balik masakan tersebut, seperti Sop Bunga Jepun atau Bebek Betutu.

8 Aktivitas Favorit Para Ibu Selama #dirumahaja Agar Tidak Stress - Mommies Daily

Jika ingin belajar dari pengalaman hidup orang lain

- Malam Indah yang dibawakan oleh Iwa K bisa jadi tontonan yang menarik. Bagaimana di sini Iwa K ngobrol-ngobrol dengan para bintang tamu mengenai pengalaman hidup dari berbagai macam angle. Sebagai seorang pasangan, sebagai seorang ayah hingga urusan ranjang. Ini tonton berdua aja sama suami :D.

- Komando Warriors , sebuah program heroic berkisan tentang prajurit elit Indonesia dari kesatuan Kopassus yang beradu ketahanan dengan prajurit elit dari negara lain. Kalau anak kita punya cita-cita jadi tentara, bisa nih diajak ke nonton ini.

Kalau khusus untuk anak, ada juga kok program Kids MOLA TV. Mulai dari Dino Dan  yang mengajak anak belajar lebih jauh tentang Dinosaurus; Ruby’s Studio untuk anak-anak berjiwa seni karena di sini anak-anak diajak berekspresi melalui musik dan tari; atau Look Kool yang membuat sains terasa menyenangkan karena dibawakan sambil bermain.

Nah, jika Mommies belum berlangganan, saat ini MOLA TV lagi ada program melalui Paket Langganan Corona Care MOLA TV. Program apa nih? Program yang berkomitmen untuk membantu mengatasi pandemi virus Corona di Indonesia, melalui sumbangan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Palang Merah Indonesia (PMI) melalui Paket Langganan Corona Care MOLA TV.

8 Aktivitas Favorit Para Ibu Selama #dirumahaja Agar Tidak Stress - Mommies Daily

Setiap orang bisa ikut menyumbang dengan bebas memilih sendiri nilai paket langganan Corona Care MOLA TV yang bisa disesuaikan dengan kemampuan. MOLA TV akan menggandakan nilai pilihan paket dan dikonversi menjadi nilai sumbangan yang langsung disalurkan secara utuh ke pihak BNPB dan PMI.

Jadi, dari 8 pilihan aktivitas tadi, mana yang Mommies juga lakukan? Atau mungkin Mommies ada pilihan aktivitas lainnya? Share yuk di kolom komen.

Baca juga:

Begini Rasanya Terjebak di Rumah Bersama Orang tua

Saat Anak Bertanya "Ma, Kapan Pandemi Ini Berakhir?"

7 Ketakutan para Ibu di Masa Pandemi