Lansia Paling Rentan Saat Pandemi, Apa yang Bisa Kita Lakukan Untuk Membantu?

Ketika banyak pihak sudah menerima bantuan, pernahkah terpikir bagaimana dengan para lansia? Yuk bantu mereka dengan cara mudah ini.

Saat ojol, supir taksi, mereka yang terkena PHK atau unpaid leave telah mendapat bantuan dari banyak pihak, pernah terpikir nggak bagaimana dengan kaum lansia? Kelompok usia yang masuk ke dalam golongan rentan terkena Covid-19?

Menurut laporan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), angka kematian Lansia, paling banyak dari orang yang terpapar Covid-19, yaitu mencapai lebih dari 22% dari total kematian yang terjadi. Lansia rentan terpapar karena mengalami penurunan produksi hormon pada tubuh dan menurunnya fungsi organ-organ tubuh.

Ketika mereka juga harus menjalani karantina mandiri, ditambah puasa, tentu tantangan yang mereka hadapi berkali lipat. Maka apa yang bisa kita lakukan untuk membantu mereka?

1. Beri bantuan tenaga untuk membantu membersihkan lingkungan rumah

Jika rentan memasuki area rumah karena takut menularkan penyakit, berinisiatif lah untuk membersihkan halaman rumahnya, garasi atau area sekitar rumah agar tetap terjaga kebersihannya.

2. Berdonasi dengan membeli produk makanan

Donasi Untuk Lansia dari Heinz ABC - Mommies Daily

Yes, hanya dengan membeli produk-produk makanan, kita sudah bisa berdonasi untuk para lansia di seluruh Indonesia.

Salah satu hal yang sangat dibutuhkan oleh lansia sudah pasti terjaganya ketersediaan bahan-bahan pokok. Memahami kebutuhan para lansia ini dan mengerti bahwa lansia sudah pasti kesulitan untuk memenuhinya, maka Heinz ABC bekerja sama dengan Foodbank of Indonesia (FOI), Alfamart dan Indomaret akan memberikan bantuan bahan pokok kepada lansia dengan total bantuan sebesar Rp 7,5 miliar, yang akan diberikan di 8 wilayah di Pulau Jawa, yakni DKI Jakarta, Tangerang, Bandung, Solo, Yogyakarta, Surabaya dan Pasuruan. Nantinya ABC akan dibantu oleh Foodbank of Indonesia untuk menyalurkan bantuan tersebut kepada para lansia yang membutuhkan.

Bagaimana caranya kita bisa ikut berperan? Dengan membeli produk-produk Heinz ABC yang tersedia di minimarket seperti Alfamart, Alfamidi dan juga Indomaret. Dari setiap pembelian produk ABC tersebut, konsumen akan membantu Heinz ABC menyumbangkan Rp 1.000 untuk donasi yang akan diberikan kepada lansia tersebut.

3. Sumbang pakaian layak pakai

Selain kebutuhan akan kebersihan lingkungan tempat tinggal tetap terjaga kebersihannya serta ketersediaan bahan-bahan pokok, kita juga bisa membantu lansia yang membutuhkan dengan memberikan pakaian layak pakai untuk melindungi tubuh mereka. Pastikan pakaian yang kita donasikan itu bersih ya (dicuci terlebih dahulu serta disetrika). Bisa juga ditambah dengan selimut untuk penghangat diri serta masker yang tentu juga dibutuhkan di masa pandemi sekarang ini.

Kepedulian sederhana dari kita bisa jadi mood booster bagi mereka untuk terus kuat menjalani situasi pandemi sekarang ini.

Jadi teringat dengan kalimat Nelson Mandela berikut ini: A society that doesn’t value its older people, denies its roots and endangers its future. Let us strive to enhance their capacity to support themselves for as long as possible and, when that cannot do so anymore, to care for them.

Yuk hargai para lansia dengan memberikan bantuan, yang mungkin terlihat nggak seberapa bagi kita namun sangat berarti untuk mereka.


Post Comment