banner-detik
NEWS

Dari Aloe Vera sampai Vodka, Perlukah Membuat Hand Sanitizer Sendiri?

author

annisast13 Mar 2020

Dari Aloe Vera sampai Vodka, Perlukah Membuat Hand Sanitizer Sendiri?

Masih stok hand sanitizer karena pandemi Covid-19? Atau sudah mulai terpikir untuk membuatnya sendiri di rumah?

Sampai siang ini, menurut Juru Bicara Pemerintah terkait Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, ada 5 pasien positif Covid-19 di Indonesia dinyatakan sembuh. Tapi tetap ya, sampai benar-benar mayoritas sembuh, kita sepertinya masih terus harus waspada pada penyebaran virusnya.

hand-sanitizer

Lalu pentingkah membawa hand sanitizer ke mana pun kita pergi? Dilansir today.com, profesor di Columbia University’s School of Nursing and Mailman School of Public Health, Elaine Larson menyatakan sebetulnya selama punya akses ke air dan sabun, hand sanitizer itu tidak dibutuhkan.

Ketika membuat sendiri hand sanitizer, bahan utama yang harus diperhatikan adalah alkohol. Namun mommies harus berhati-hati karena kalau sembarangan mencampur bahannya, bisa jadi malah berbahaya untuk kulit.

“Kamu ingin menjaga tanganmu bebas dari virus, tapi jangan sampai menggunakan alkohol terlalu sering dalam sehari. Juga, produk (hand sanitizer) itu juga bisa membunuh kuman alami yang hidup di kulit kita,” sambung Larson.

Jadi, kalau memang mau membuat sendiri, usahakan membuat sesuai standar WHO ya!

Berikut bahan yang diperlukan untuk membuat 10 liter hand sanitizer sesuai standar WHO dilansir Wolipop.

Formulasi:

1. Ethanol 96 persen, 8333 ml ATAU Isopropil alcohol 99,8 persen, 7515 ml

2. Hidrogen peroksida 3 persen, 417 ml

3. Gliserol 98 persen, 145 ml

4. Air distilasi atau air matang yang sudah didinginkan

Masukkan semua bahan sesuai urutannya dan tutup agar alkohol tidak menguap. Kemudian campur semua bahan itu dengan dikocok pelan. Simpan di ruangan sejuk (jauh dari panas/api) selama 72 jam sebelum digunakan.

Bagaimana dengan resep diy hand sanitizer yang banyak beredar? Banyak sekali ya resepnya, dari aloe vera sampai yang terbuat dari vodka!

Menurut CDC Control, hand sanitizer efektif jika memiliki kandungan alkohol minimal 60%. Mencampurnya dengan aloe vera boleh saja, asal yakin bahwa kandungan alkoholnya masih 60%.

Tricky sekali memang, karena kita tak bisa memastikan apakah alkoholnya tidak terlalu sedikit? Atau malah terlalu banyak sehingga membuat kulit kering?

Sementara untuk vodka, minuman berakohol biasanya sudah dicampur dengan air. Sehingga yang alkoholnya mencapai 80% pun jika dibuat hand sanitizer, akan berakhir dengan 40% alkohol.

Jadi perlukah membuat hand sanitizer sendiri? Selama masih punya akses pada air sih masih lebih efektif cuci tangan ya! Cuci tangan sesering mungkin sebelum berganti aktivitas.

Semoga sehat selalu ya moms!

Baca juga:

Corona dan Apa yang Seharusnya Dilakukan Oleh Pihak Sekolah

Ayo Lawan 10 Ancaman Kesehatan Global 2019

Share Article

author

annisast

Ibu satu anak, Xylo (6 tahun) yang hobi menulis sejak SD. Working full time to keep her sanity.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan