banner-detik
ENTERTAINMENT

Belajar dari film “Onward”: Mensyukuri Kesempatan dan Berdamai dengan Kenyataan

author

annisast07 Mar 2020

Belajar dari film “Onward”: Mensyukuri Kesempatan dan Berdamai dengan Kenyataan

Kalau diberi waktu 24 jam untuk “menghidupkan” kembali seseorang yang sudah meninggal dunia, apa yang akan kamu lakukan?

onward3

Kakak beradik kurcaci Barley Lightfoot (Chris Pratt) dan Ian Lightfoot (Tom Holland) harus kehilangan ayah mereka. Sang ayah meninggal karena sakit saat Barley masih kecil dan Ian dalam kandungan ibunya.

Barley tumbuh menjadi anak yang tak takut segala hal, cenderung bandel dan rebel. Barley menyukai kisah legenda, sejarah, dan permainan berbasis sejarah dunia mereka yang konon dulu dibantu oleh sihir sebelum teknologi datang dan memudahkan hidup.

onward2

Centaur (manusia setengah kuda) yang dikenal masukulin, kuat, dan pemberani kini naik mobil, buncit, dan tak lagi berlari. Peri-peri kecil yang dulu berterbangan dengan cantik kini jadi preman jalanan dan naik motor, bahkan sudah tidak bisa terbang karena untuk apa terbang? Kan sudah ada motor. :))))

Sementara sang adik Ian besar sebagai anak penyuka sains yang pemalu dan tidak percaya diri karena tak punya sosok ayah sejak lahir. Ia stres karena merasa tak ada yang mengerti dirinya, Barley yang terlalu bertolak belakang, ibu yang sangat perhatian namun punya pacar baru yang tak ia sukai. Semua berubah saat ulang tahun Ian yang ke-16.

Sang ayah mewarisi mereka sebuah tongkat sihir dan mantra untuk mengembalikan ia selama 24 jam dari matahari terbit hingga terbenam. Sayang, Ian tak cukup kuat untuk menahan tongkat itu hingga sang ayah baru muncul setengah dari kaki sampai pinggang, kekuatan tongkatnya sudah hilang!

onward

Mereka pun bertekad mencari batu permata yang jadi sumber kekuatan tongkat sihir itu agar bisa bertemu kembali dengan ayah mereka meski sebentar saja. Sampai sini merasa seperti diberi spoiler?

Tidak! Semua cerita saya di atas itu sudah ada di beberapa versi trailernya. Saya awalnya bingung kok trailernya lengkap sekali, apa kejutannya?

Ternyata banyak. :)

Barley dan Ian larut dalam petualangannya yang mendekatkan mereka sebagai kakak adik. Perjalanan yang membuat mereka sadar atas kehadiran satu sama lain, yang membuat mereka akhirnya bicara dari hati ke hati. Bahwa yang terpenting bukan menghidupkan yang sudah mati, tapi ... ah sudahlah nonton saja. :)))

Banyak adegan kocak mengocok perut namun lebih banyak lagi yang menegangkan dan menguras air mata. Emosional sekali. Film ini mengingatkan kita untuk percaya pada semua orang punya kekuatan dalam diri, yang kalau kita percaya, baru bisa kita lakukan.

Endingnya juga sangat tidak terduga. Tentang bagaimana mensyukuri apa yang kita punya dan letting go atas apa yang tidak kita miliki.

Disney & Pixar’s Onward sudah ada di bioskop ya moms! Jangan lupa tonton bersama keluarga!

Share Article

author

annisast

Ibu satu anak, Xylo (6 tahun) yang hobi menulis sejak SD. Working full time to keep her sanity.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan