banner-detik
ENTERTAINMENT

Onward, Perjuangan Kakak & Adik Sarat Petualangan untuk Bertemu Ayah Tercinta

author

Mommies Daily04 Mar 2020

Onward, Perjuangan Kakak & Adik Sarat Petualangan untuk Bertemu Ayah Tercinta

Ditulis oleh: Febria Silaen

Onward, film tentang persaudaran yang akan mengajarkan tentang kebersamaan dan keberanian dalam menghadapi petualangan penuh risiko.

Onward - Mommies DailyImage: Disney & Pixar

Mencari tahu tentang rilis film animasi terbaru dari Disney dan Pixar berjudul ‘Onward’ ini penuh kejutan. Ada tawa dan juga haru yang mampu mengaduk emosi penonton. Dan buat  saya sendiri, film ini yang ternyata sangat berkaitan dengan kehidupan kita sehari-hari. Baik saya sebagai orangtua maupun untuk anak-anak, yaitu tentang rasa takut.

Sebelumnya disclaimer dulu, ya, mommies. Artikel ini mengandung spoiler :D. Yang tidak suka kisi-kisi sebelum nonton, silakan skip baca :D

Film ini berkisah tentang dua saudara Ian (Tom Holland) dan Barley Lightfoot (Chris Pratt), yang memiliki keinginan untuk bisa bertemu lagi dengan ayah mereka. Kisah petualangan mereka untuk bisa bertemu dengan sang ayah bermula ketika Ia berulang tahun dan mendapatkan hadiah istimewa dari sang ayah.

Ian mendapat hadiah ulang tahun berupa tongkat sihir dan batu ajaib bernama Phoenix Stone. Konon katanya, jika Phoenix Stone digunakan dengan benar, maka orang yang mati bisa hidup kembali.

Tentu saja hadiah ini sangat istimewa karena tumbuh besar tanpa kehadiran sang ayah, impian Ian dan Barley adalah bisa melihat kembali ayah mereka. Oleh karenanya, begitu mendapat hadiah Phoenix Stone, hal pertama yang mereka lakukan adalah mencoba menghidupkan kembali sang ayah.

Adegan ini sempat membuat jantung berhenti sesaat karena saya ikut terbawa emosi, berharap sihir mereka berhasil dan sosok sang ayah bisa dilihat oleh Ian dan Barley. Namun, ternyata gagal total.

Ian dan Barley hanya berhasil menghidupkan separuh tubuh ayah mereka. Kaki hingga pinggang, tanpa tubuh, tangan, dan kepala. Ini memancing gelak tawa sesaat ketika sang ayah hadir separuh tubuh dan memiliki cara komunikasi yang unik dengan menggunakan hentakan kaki untuk berdialog dengan kedua anaknya.

Petualangan demi petualangan Ian dan Barley lalui untuk bisa mewujudkan bertemu dengan sang ayah. Dalam perjalanan petualangan kakak beradik ini ada berbagai kendala dan kekacuan yang terjadi. Di balik kekacuan yang mereka timbulkan, ada beberapa pesan yang saya peroleh dalam film ini.

1. Kehadiran ayah membentuk karakter anak

Film Onward ini fokus pada pembentukan karakter Ian. Lahir tanpa mengenal sosok ayah dan tumbuh tanpa kehadiran sang ayah ternyata berdampak pada karakternya. Ia menjadi sosok yang pemalu, canggung dan kikuk. Ketika di-bully, dia hanya pasrah dan tidak mampu membela diri. Bahkan untuk mengajak teman-temannya berulang tahun, dirinya tak berani. Akhirnya Ian tumbuh menjadi anak yang pasrah.

2. Rasa takut membuat kita kehilangan kesempatan

Barley sang kakak mengajarkan kepada Ian bahwa rasa takut hanya akan membawa pada penyesalan. Seperti dirinya yang ketika itu takut untuk bisa mendampingi sang ayah di saat terakhirnya. Hingga akhirnya Barley kehilangan kesempatan untuk bisa bertemu dan mengucapkan selamat tinggal. Sejak saat itu Barley tidak mau menyimpan rasa rasa takut, ia harus mampu melawan ketakutan dan berani menghadapi tantangan.

3. Harus berani ambil risiko ketika berpetualang

Tidak hanya orang dewasa, anak pun harus berani mengambil risiko. Dengan begitu ia siap berpetualang dan mendapatkan berbagai pengalaman dalam hidup. Hal ini akan membentuk karakter anak menjadi kuat dan berani.

4. Selalu ada pengganti sosok ayah

Selama ini Ian mencari sosok yang ayah yang tidak pernah ia temukan. Ian ingin sekali menghabiskan waktu bersama ayahnya meski sesaat. Tapi ternyata, kehadiran Barley, sang kakak lebih berarti. Ketika sang ayah sudah tiada, Barley yang menemani Ian selama ini. Barley selalu ada untuk Ian bahkan sang kakak juga yang membantunya untuk punya keberanian.

5. Mengingat hal kecil yang membuat bahagia

Di saat putus asa dan sedih, kita bisa mengingat kembali hal-hal kecil yang sudah membuat bahagia. Coba deh buat daftar hal kecil yang sudah membuat kamu bahagia. Ini akan membuat kita tidak larut dalam kesedihan dan mampu untuk semangat lagi.

6. Ada kalanya berkorban untuk orang lain itu bahagia

Meski kesempatan untuk bertemu sang ayah sudah di depan mata, namun Ian memilih berkorban. Ian memberikan kesempatan itu untuk sang kakak, yang belum sempat mengucapkan selamat tinggal dan memeluk sang ayah untuk terakhir kalinya. Ini mengingatkan saya bahwa, ketika bisa berkorban untuk orang yang kita sayangi sesungguhnya disitulah letak kebahagiaan terbesar.

-

Yuk, ajak suami dan anak-anak untuk menonton film Onward di akhir pekan. Film ini mulai rilis 4 Maret 2020 ya, Moms!

 

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan