Now Reading
Dari Lawan Bully sampai Promosi Wisata, Ini Fakta tentang TikTok di Indonesia

Dari Lawan Bully sampai Promosi Wisata, Ini Fakta tentang TikTok di Indonesia

annisast

Mommies main TikTok? Atau justru hanya anak yang punya akun TikTok?

Rasa-rasanya, Instagram sekarang sebagian berisi video TikTok ya. TikTok adalah aplikasi asal China yang dibuat tahun 2016 namun mulai booming di tahun 2019. Dalam satu tahun, aplikasi ini diunduh 738juta kali! Meski demikian, 57% penggunanya memang masih berasal dari China.

Apa saja fakta terbaru tentang TikTok yang (mungkin) belum mommies ketahui?

tiktok

Viral video

Rata-rata pengguna TikTok di Indonesia menghabiskan waktu 29 menit untuk memakai aplikasi TikTok. Dari menonton, membuat konten, sampai membagikannya. Kalau di Instagram, yang banyak beredar hanyalah video komedi atau dance challenge.

Padahal di aplikasinya langsung, banyak sekali jenis video yang mendapat ratusan ribu like dan jutaan views!

Seperti video 15 detik yang memperlihatkan makeup pengantin Makassar dari annaqueen_mua ini sudah ditonton 26,8juta kali dengan lebih dari 936ribu likes! Atau yackikuka yang rajin membagikan video resep masakan hingga total likes yang ia terima mencapai 4,9juta!

tiktok2

Lawan bully

Dalam rangka hari internet aman sedunia di awal Februari lalu, TiKTok bekerja sama dengan komunitas Sudah Dong yang juga pernah digaet Instagram untuk anti bullying movement. Panduan “Sama-Sama Aman, Sama-Sama Nyaman” dapat diakses di website resmi Sudah Dong, mulai tanggal 11 Februari 2020 yang bertepatan dengan Hari Internet Aman Sedunia. TikTok juga bekerjasama dengan sejumlah kreator di TikTok untuk mengunggah video yang mengkampanyekan anti-cyber bullying dan dapat dilihat melalui tagar #samasamanyaman.

Kemajuan pesat karena pada 2018 TikTok pernah diblokir selama 1 minggu oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika atas laporan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak. Kini, TikTok juga punya fungsi parental control yang memungkinkan orangtua mengontrol penggunaan aplikasi anak langsung dari ponsel orangtua.

Bekerjasama dengan pemerintah

Dari pengalaman teman-teman di circle saya, pengguna TikTok senang ada di sana karena banyak video challenge yang mengharuskan pengguna untuk berlatih terlebih dahulu. Hal ini dimanfaatkan pemerintah untuk menjadikan TikTok sebagai mitra resmi untuk mempromosikan pariwisata Indonesia.

Kementerian Pemuda dan Olahraga juga tak mau kalah. Mereka membuat tantangan #EkspresiMerdeka yang meraih 64,9 juta penonton. Ada pula tantangan #ColorfulMedan yang berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata Kota Medan dan meraih 24,3 juta views.

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top