Danang Wisnu Wardhana, Cari Sumber Kenyamanan dalam Bekerja, Supaya Fokus & Nggak Cepat Bosan

Danang Wisnu Wardhana, ayah, dokter gigi sekaligus skincare enthusiast ini membuktikan menjalankan tiga peran sekaligus bukan hal yang mustahil. Pintar mengatur waktu dan selalu melihat sisi baik dari pekerjaan, supaya tidak cepat bosan.

Danang Wisnu Wardhana - Mommies Daily

Di antara mommies ada yang gandrung banget sama skincare? Jika iya, kemungkinan sudah familiar sama sosok Danang Wisnu Wardhana (33). Dikenal sebagai skincare junkie, dokter gigi sekaligus ayah. Tiga perpaduan peran yang menurut saya unik, terutama menyoal perawatan kulit wajah.

Kenapa unik? Soalnya kalau kita bicara soal skincare, masih identik sama urusan perempuan. Padahal, kan, yang namanya kulit wajah dimiliki setiap manusia. Kata Danang, ayah dari Rania (6) ini, salah satu misinya “supaya cowok pun sadar kalau ngerawat kulit juga kewajiban, nggak dibatasi dengan gender.”

Selain sibuk sama urusan nge-review produk-produk skincare di youtube channel-nya Danang Wisnuwardhana dan membuat content di akun Instagram @danangwisnu, Danang juga aktif praktik sebagai dokter gigi di Ponorogo, Senin-Sabtu. Nah, hari Minggu dia fokuskan untuk urusan keluarga.

Yuk, langsung simak obrolan kami dengan Danang, mengulik rahasianya bisa tetap bekerja dengan minim rasa bosan, meski bergelut dengan dua profesi sekaligus.

Awal kali tertarik dengan dunia skincare, hingga akhirnya menjadi skincare junkie? Mengingat anggapan sebagian orang, skincare identik dengan perempuan.

Mulai pakai skincare itu sebenarrnya sejak kecil. Dari kecil, tepatnya 2 SD ibu saya sudah membiasakan saya melsayakan hal-hal kecil, seperti pakai body lotion setelah mandi, pakai sunscreen pas mau sekolah, dan menggunakan conditioner setelah keramas.  

Nah, pas SMP sudah mulai pakai milk cleanser sebelum tidur, jadi sudah kenal double cleansing sejak SMP. Lalu rangkaian kebiasaan di atas itu, kebawa deh sampai besar, ditambah suka coba-coba skincare. Akhirnya rajin nge-share di social media tentang produk-produk apa saja yang sudah saya coba.

Jadi, karena sudah terbiasa dari kecil, saya tidak menganggap skincare itu hanya buat cowok. Melainkan setiap orang harus merawat kulitnya dengan baik, laki-laki dan perempuan.

Ada misi khusus yang ingin dicapai, dikaitkan dengan kesehatan kulit pada pria – khususnya ayah-ayah di luar sana?

Misi khusus secara umum adalah, saya pingin tiap orang mulai mengenal jenis kulitnya masing-masing. Tiap orang itu unik dan berbeda, karakter orangnya pun beda-beda. Terutama pendekatan ke cowok, nggak bakal sama seperti ke cewek. Saya ingin supaya cowok pun sadar kalau ngerawat kulit adalah kewajiban, nggak terbatas gender. Namun memang harus disesuaikan dengan karakter kulit masing-masing.

Bagaimana strategi kamu mengatur waktu antara karier sebagai dokter gigi, skincare enthusiast dan quality time keluarga?

Danang Wisnu Wardhana - Mommies Daily

Karena jam praktik sebagai dokter gigi itu sudah terjadwal dan pasti, maka sebagai content creator saya memilih menggarap pekerjaan ini disela-sela jadwal praktik. Saya kerjakan di rumah bersama keluarga, jadinya masih bisa berinteraksi. Misalnya sambil main sama anak, ngobrol sama istri. Bikin video dan foto di rumah sama anak istri jauh lebih menyenangkan, dan menghilangkan stress, dibandingkan mengerjakannya sendirian.

Rajin merawat kulit wajah, apa Mas Danang juga punya olahraga andalan untuk merawat kesehatan tubuh?

Pasti! Olahraga itu udah masuk kebutuhan ya. Apalagi dengan intensitas jam kerja yang lumayan tinggi, kalau tidak diimbangi tubuh yang fit, maka gampang sakit. Selain itu juga ngatur pola makan. Karena saya percaya tubuh yang sehat dan muka yang oke didapat dari makanan juga. Selama ini saya mengadaptasi pola latihan di gym, tapi saya lakukan di rumah.

Ada buku atau media lainnya yang kamu rutin baca/ikuti untuk menambah ilmu parenting/kaitannya dengan profesi yang kamu geluti sekarang?

Sampai saat ini hanya internet. Tapi karena punya banyak kolega dokter kulit, untuk urusan skincare kadang ngobrol sama mereka sehingga dapat ilmu baru yang lebih terpercaya. Jurnal-jurnal ilmiah juga jadi sumber referensi pembuatan konten

Tolong bagi dong mas, rahasia supaya fokus dalam bekerja?

Bikin pekerjaan itu menyenangkan dan nyaman supaya bahagia. Yang saya lakukan, menata ruangan dengan alat-alat yang mendukung dari segi estetika. Selain itu juga berkawan dengan orang-orang yang supportif.

Ditambah, kalau nge-review sesuatu, saya nggak sembarang menerima proyek. Memilih yang membuat saya senang.

Kalau kita senang saat bekerja, otomatis kita bakalan fokus dan menikmati pekerjaan itu. Kita yang harus membuat pekerjaan itu nyaman, bukan pasrah menganggap selamanya pekerjaan yang kita lakoni memberi kenyamanan.

Me time andalan Mas Danang apa?

Karena makin tua makin sedikit teman, maka biasanya main sama teman beberapa jam, tanpa mikirin kerjaan tanpa mikirin keluarga. Itu sudah bantu banget ngilangin stres.

Bentuk dukungan dari  keluarga seperti apa yang paling kamu rasakan punya dampak nyata terhadap kemajuan karier?

Danang Wisnu Wardhana - Mommies Daily

Keluarga sangat mendukung kerjaanku selama ini, dan mereka bikin pekerjaanku jadi nyaman. Kalau ngeliat saya sudah lelah, mereka ngajak liburan. Atau kalau lagi serius, anak saya pengertian, nggak akan ganggu. Bentuk dukungan yang sebetulnya sederhana, tapi memang pada akhirnya bikin pekerjaan nggak jadi beban.

Pernah merasa bosan nggak dengan pekerjaan?

Pernah beberapa kali, misalnya pas menghadapi netizen dengan bermacam-macam karakter, ahahaha. Diakali dengan membuat pekerjaan itu menyenangkan. Makanya saya sengaja pilih pangsa pasar untuk content skincare dan dokter gigi, karena dua hal itu yang membuat saya senang. Keduanya setipe (mengedukasi masyarakat untuk merawat sesuatu) dan sesuai dengan apa yang saya pelajari dan saya senangi.

Walau bukan pangsa pasar yang luas, tapi saya senang melakukannya karena seperti ngobrol sama teman, nggak stress. Terbukti dengan saya saya yang minim drama.


Post Comment