Now Reading
Youtube Channel Ussy Andhika: Pelajaran dari Episode Denada, Cerita Kondisi Terbaru Shakira (part 1 & 2)

Youtube Channel Ussy Andhika: Pelajaran dari Episode Denada, Cerita Kondisi Terbaru Shakira (part 1 & 2)

Delapan pelajaran penting dari obrolan antara Denada, Ussy dan Andhika tentang kondisi terkini Shakira.

Denada dan Shakira - Mommies DailyImage: youtube channel Ussy Andhika Official

Pertengahan 2019 lalu seperti yang kita ketahui bersama, Shakira Aurum putri dari penyanyi Denada didiagnosa mengidap Leukemia, atau kanker darah. Sejak saat itu, Shakira menjalani serangkaian pengobatan di Singapura.

Baca jugaLeukemia yang Dialami Anak Denada, Gejala Apa yang Patut Mommies Ketahui?

Tidak terasa, sudah setahun lebih Denada dan keluarganya berjuang untuk kesembuhan Shakira. Kabar terbaru tentang Shakira saya dapatkan dari channel youtube chaneel Ussy Andhika Official. Lewat ngobrol santai antara Denada, Ussy dan Andhika saya mencoba merangkum pelajaran berharga apa saja yang bisa dipetik.

Denada dan Shakira - Mommies DailyImage: youtube channel Ussy Andhika Official

1. Jangan pernah menyepelekan sesuatu yang secara insting keibuan mengatakan “ada sesuatu yang tidak beres dengan kesehatan atau tumbuh kembang anak aku.”

2. Saran Denada kepada para ibu, ketika menghadapi anak sakit adalah: jangan anggap remeh, apalagi sampai masih percaya mitos “anak sakit karena mau pintar atau mau cepat besar.” Karena jika hal ini dibiarkan, kita jadi mudah menyampingkan kemungkinan lain, yang mungkin jauh lebih serius.

3. Temui dokter spesialis atau subspesialis. Misalnya sudah ditemukan masalah utamanya ada di darah, cari dokter spesialis anak subspesialis yang menangani darah anak. Karena dari situ kita bisa mengetahui secara jelas apa yang terjadi dan menentukan penanganannya yang paling tepat.

4. Ketika menghadapi cobaan hidup, sebisa mungkin jangan mengeluh dan protes kepada Tuhan. Mengakui berat menjalankan itu semua wajar, tapi Denada meyakini di balik cobaan yang ia dan Shakira hadapi, selalu ada kemudahan yang juga Tuhan hadirkan. Terus berdoa dan berjuang untuk kembali sehat!

5. Kemudahan tersebut di antaranya, Denada diberi keleluasaan bekerja dan masih bisa membiayai pengobatan Shakira. Karena itulah, dia ingin memberikan sesuatu kepada mereka yang sedang menghadapi situasi yang sama seperti Shakira. Denada mengatakan memberikan apa yang bisa dia kerahkan. Misalnya membuat gerakan penggalangan dana, yang nantinya akan diberikan kepada para pasien kanker anak-anak yang membutuhkan bantuan materi.

6. Sesulit apapun keadaan yang sedang kita hadapi, coba selalu menjadi role model yang baik untuk anak. Ketika Denada sempat gusar meninggalkan Shakira yang sedang diopname ke Jakarta untuk bekerja, malah Shakira yang balik memberikan semangat kepada ibunya, supaya tetap semangat kerja dan mengucap syukur dengan pekerjaan yang sudah dikasih Tuhan.

Pola berpikir Shakira yang dewasa ini, tidak serta merta keluar begitu saja. Hal ini terjadi karena Denada juga menekankan kepada Shakira, rambut demi rambut dia yang rontok karena kemoterapi, akan digantikan rambut baru yang lebih bagus sama Tuhan, jadi sebaiknya mengucap Alhamdulillah, ketika rambut itu rontok.

7. Hormati keputusan anak jika dia sendiri tidak nyaman dengan dirinya sendiri. Shakira mendapati rambut dirinya perlahan mulai rontok ketika dia bercermin karena efek kemoterapi. Denada menjelaskan di video “Dari Shakira, Denada Lebih Bersyukur, “di saat itulah dia tidak menyukai refleksi wajahnya, kalau dia sendiri tidak menyukai refleksi wajahnya. Berarti saya yakin, dia pun tidak senang kalau orang lain melihat hal yang sama.” Hal inilah yang membuat Denada menutup wajah Shakira jika ia sedang menceritakan keadaan terbaru Shakira. Semata-mata untuk menghormati privasi anaknya.

8. Jangan segan untuk mencurahkan isi hati mommies dengan menangis jika merasakan sesak di dada karena sedang merasa lelah menjalani cobaan tertentu. Kita manusia kok, pasti ada titik lemahnya. Cari support system berupa komunitas yang sedang menghadapi isu yang sama, pasangan, keluarga, sahabat terdekat, atau yang paling mudah curhat kepada Tuhan yang punya kendali atas semua yang sedang dijalankan manusia.

Baca juga: Pengalaman Ibu Dampingi Anak Sakit Kanker Darah

Untuk mommies yang sekarang sedang menghadapi situasi yang mirip dengan Denada dan Shakira, kalian adalah orangtua dan anak yang dipilih oleh Tuhan, kalian spesial. Denada dan Shakira, dan mommies lainnya, peluk dari kami keluarga besar Mommies Daily.

 

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top