Now Reading
Nandinne Kuntjoro: You Cannot Get Everything Right at First Time

Nandinne Kuntjoro: You Cannot Get Everything Right at First Time

Kondisi kesehatan memaksa Nandinne (38), instruktur Yoga dan Chakra Facilitator di Anahata Studio Kemang untuk mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Bagaimana perjalanan usahanya dan pesannya yang menarik untuk para perempuan yang juga ingin menjalani gaya hidup sehat?

Sejak kapan mulai menekuni Yoga, kenapa tertarik dengan olahraga yang satu ini dan apa alasan di balik ketertarikan terhadap yoga?

Saya menekuni yoga dengan rutin sejak tahun 2013 karena saat itu saya menderita upper back pain berkepanjangan yang dilanjutkan dengan migrain sehingga sangat mengganggu pekerjaan. Biasanya shortcut yang saya lakukan adalah minum painkiller and just get on with it. Tapi saat itu saya lelah karena terus menderita migrain tanpa tahu penyebabnya. Akhirnya saya memutuskan bahwa I need to do something about this dan saat itu yang ada di kepala saya hanya “Yoga for upper back pain”. Saya pun menemukan dua channel di Youtube (Tara Stiles dan Yoga With Adrienne) yang saya rasa paling cocok untuk badan saya dan kondisi saya saat itu. Akhirnya pelan-pelan saya mengikuti latihan mereka secara rutin di saat senggang di rumah.

Setelah beberapa saat saya pun merasakan benefit latihan, yaitu tubuh terasa lebih ringan, sakit kepala mulai jarang, dan saya tahu bagaimana dealing dengan upper back pain lewat simple stretch. Kemudian saya mulai ikut kelas fisik untuk mendapatkan pengalaman latihan yang lebih personal dan rutin. Setelah mencari informasi dan menghubungi studio-studio yoga di area sekitar kantor saya pun menemukan satu studio yang cocok, yaitu Karmarati. Sejak saat itu saya tidak pernah pindah ke tempat lain dan melanjutkan yoga dengan lebih serius.

Nandinne Kuntjoro - Mommies Daily

Sebagai instruktur Yoga, trend gaya hidup saat ini di kalangan perempuan terutama seperti apa sih?

Secara umum, tampak tren ke arah yang lebih sehat, terutama meningkatnya curiosity dalam konteks mental-emosional sehingga hal ini mulai mendapatkan perhatian yang lebih besar dibanding sebelumnya. Banyak ditandai dengan bermunculannya workshop-workshop yang mengambil sudut pandang keseimbangan mental emosional lewat kegiatan terkait hobi (menggambar, merangkai bunga, dll). Selain itu, pola makan sehat pun sudah semakin spesifik dalam pendekatannya untuk membantu kondisi ketidakseimbangan fisik atau penyakit tertentu. So I think the awareness of balanced physical and mental-emotional wellbeing has spread widely in the society.

Baca juga:

Isu Kesehatan Perempuan yang Wajib Diperhatikan Jelang Usia 35

Selain Yoga, gaya hidup sehat apa lagi yang sekarang kamu jalani dan apa pemicu dari semua itu?

Mengubah pola makan menjadi gluten & grain free, dairy free dan sugar free karena kondisi kesehatan yang memerlukan perhatian khusus karena tingginya inflamasi dan toxin di dalam tubuh saya.

Menurut kamu, apa yang paling berat di dalam menjalani gaya hidup sehat dan cara menyiasatinya?

Ini merupakan transformasi yang sangat besar buat saya sehingga tantangan tertinggi ada pada disiplin dan konsistensi.

Pernah merasa bosan nggak menjalani gaya hidup sehat seperti ini? Dan saat bosan apa yang kamu lakukan?

Setiap saat!!! Hahahahaha… Thanks to the magic world of world wide web, saya bisa mencari ragam menu dan pilihan makanan yang sesuai dengan keperluan saat itu. Misalnya, untuk menghemat waktu, untuk meningkatkan variasi dalam metode memasak, dan lain-lain. Jadi bukan hanya resep saja, tapi sesuai dengan apa yang dibutuhkan saat itu. Hal ini juga agar tidak menjadikan gaya hidup ini sebagai beban dan memberatkan, karena apabila kita overwhelmed dengan semua “boleh” dan “tidak boleh”, nothing good will come out from it.

Bagaimana bentuk dukungan dari orang-orang terdekat kamu?

Cukup baik karena mereka tahu saya adalah orang yang independen dalam mengambil keputusan dan mereka hanya perlu ada untuk mendukung apapun itu keputusan dan jalan yang saya pilih.

Nandinne Kuntjoro - Mommies Daily

Apa manfaat dari mengubah lifestyle kamu saat ini?

Yang saya rasakan sangat berubah adalah keseimbangan dalam distribusi energi sepanjang hari, tidak fluktuatif seperti sebelumnya.

Ada tips untuk perempuan-perempuan lain yang ingin memulai gaya hidup sehat?

Fokus pada intention dan mulai dengan sederhana. You cannot get everything right at first time. Lalu educate yourself mengenai situasi yang kamu hadapi untuk mendapatkan pola makan yang sesuai untuk dirimu saat itu. Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda dalam nutrisi, apalagi bila mengidap penyakit atau kondisi tertentu, sehingga pastikan kamu didampingi oleh ahli untuk memastikan program yang sesuai untuk tubuhmu.

Baca juga:

Asupan Gizi Saat Kemoterapi

Tempat olahraga favorit?

Studio saya sendiri hahahaha

Nandinne Kuntjoro - Mommies Daily

Quotes favorit yang berkaitan dengan kesehatan?

“Be gentle with your healing – start over as many times as you need to” – Alex Elle (IG @alex_elle)

Baca juga:

Jadikan Musik Sebagai Terapi Untuk Penyakit

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top