6 Fakta Terbaru Virus Corona

Kabar terbaru tentang Corona, nama virus yang beberapa hari terakhir menjadi momok tersendiri bagi masyarakat dunia.

virus Corona - Mommies DailyImage: Photo by CDC on Unsplash

Virus Corona diawali dari Wuhan China, pertama kali dilaporkan ke WHO pada 31 Desember 2019 lalu, virus Corona telah menewaskan 171 penduduk China hingga artikel ini saya tulis, dan menjangkiti 2.700 di 13 negara (27 Januari 2020).

Baca juga: 5 Penyakit yang Sering Muncul di Musim Hujan

Negara-negara tersebut di antaranya Hong Kong, Makau, Taiwan, Thailand, Amerika Serikat, Australia, Kanada, Prancis, Jepang, Malaysia, Nepal, Singapura, Korea Selatan, dan Vietnam.

Berikut berita terbaru seputar virus Corona yang kami himpun sampai 2 Februari 2020.

1. Hari ini 2 Februari 2020, sebanyak 250 WNI berhasil dievakuasi oleh tim penjemput yang terdiri dari 42 orang. Mereka berasal dari Kementerian Kesehatan, Kementerian Luar Negeri dan TNI. Para WNI berhasil mendarat di Bandara Hang Nadim, Bata, Kepulauan Riau, untuk menjalankan observasi. 

2.Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan wabah virus corona berstatus gawat darurat. Artinya wabah ini menjadi kejadian luar biasa yang mengancam kesehatan masyarakat di beberapa negara akibat penyebaran wabah ini secara global.

Dirjen WHO Tedros Adanom Ghebreyesus WHO menggelar rapat Jumat, 31 Januari di Jenewa, Swiss lantaran jumlah pengidap terus bertambah dan terjadi penularan antarmanusia di luar China.

3. Rumah sakit khusus Corona sudah siap beroperasi, di kota dekat Wuhan. Melibatkan ribuan pekerja dan ratusan alat berat untuk mendirikan rumah sakit darurat di lahan 25.000 meter persegi. Dikerjakan hanya dalam waktu 10 hari, dan kabarnya akan siap beroperasi 3 Februari 2020 mendatang.

4. Hingga kemarin 30 Januari 2020, setidaknya 213 orang tewas dan lebih dari 9.692 kasus telah dikonfirmasi di Cina, karena virus ini menyebar secara global.

5. Ada lebih dari 9.700 kasus di seluruh dunia. Wabah telah mencapai 20 tempat di luar China, termasuk India dan Filipina. Namun tidak ada kasus kemarian yang dilaporkan di luar China.

6. Sampai 30 Januari 2020, tercatat ada 10 pasien positif Corona di Singapura. Perdaya Menteri Singapura Lee Hsien Loong sebelumnya menyadari risiko virus Corona “mampir” di negaranya. Karena Singapura merupakan negara yang kerap dikunjungi masyarakat dari seluruh belahan dunia, termasuk China. Kabar baiknya seluruh pasien tersebut dalam kondisi stabil dan keadaannya kian membaik.

-

Semoga keadaan ini lekas pulih seperti sedia kala, ya, mommies. Bagi para pasien yang terjangkit virus Corona diberi kekuatan untuk sembuh, dan jangan lupa jaga kesehatan buat kita semua!

Baca juga: Kiat Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

 


Post Comment