banner-detik
SELF

Hubungan yang Paling Penting Untuk Dijaga: Hubungan dengan Diri Kita Sendiri

author

fiaindriokusumo01 Feb 2020

Hubungan yang Paling Penting Untuk Dijaga: Hubungan dengan Diri Kita Sendiri

It’s crucial to have a great relationship with ourselves because it’s the only relationship that you are guaranteed to have every day of your life!

Butuh waktu bertahun-tahun hingga akhirnya saya bisa menjadikan diri saya sebagai prioritas dalam hidup. Sebelumnya, saya terlalu sibuk menjaga hubungan baik dengan orang tua, keluarga, kemudian pasangan, anak dan teman.

Saya lupa …. Bahwa sebelum jungkir balik menjaga hubungan baik dengan orang lain, ada diri saya sendiri yang membutuhkan hal itu. Ya bagaimana bisa menciptakan hubungan indah nan harmonis dengan pihak lain, jika hubungan ke diri sendiri saja masih hancur lebur nan babak belur.

Tubuh kita

Pikiran kita

Emosi kita

Hati kita

Jiwa kita

Mental kita

Butuh koordinasi satu sama lain, agar ada yang namanya healthy relationship di dalamnya. Sudah belum kita mengusahakannya?

relationship with ourselves - mommies daily

Ah, memang bisa kita mempunyai hubungan yang tidak baik dengan diri sendiri? Mana mungkin? Namanya diri sendiri ya pasti disayang-sayang dong? Yaa, seringkali disayangnya secara fisik. Makan sehat. Olahraga rutin. Tidur cukup. Tapi bagaimana dengan bagian diri yang lain? Si pikiran, si emosi, si hati, si jiwa, si mental?

Sudah mampukah kita menghargai diri kita sendiri sebagai seorang manusia? Menerima kelebihan dan kekurangan yang kita punya?

Kalau kita bisa mencintai orang lain tanpa syarat, sudahkah kita melakukan hal yang sama untuk diri kita sendiri? Bahagia dengan pencapaian-pencapaian kita di dalam hidup, di dalam setiap peran yang kita pikul? Menerima kondisi fisik kita tanpa ada embel-embel kalimat …. coba kalau ….. coba kalau hidung lebih mancung, kalau tubuh lebih kurus, kalau kulit lebih bersih, dan berderet coba kalau yang lainnya.

If we do not love ourselves entirely, dan nggak berusaha memenuhi apa yang dibutuhkan oleh diri kita, we will find it difficult to do the same for others.

Our relationship with ourselves is the foundation of everything. Karena memiliki hubungan yang sehat dengan diri sendiri bisa menjadi kompas bagi kita menjalani hidup. Bisa menjadi fondasi yang kuat untuk meningkatkan kualitas hubungan kita dengan orang lain. Jika kita tak memiliki koneksi yang kuat dan bagus secara emosi to ourselves, we cannot be connected and emotionally available for others either.

Apakah kita sudah sedikit melunak terhadap diri sendiri? Seringkali tanpa sadar kita menjadi terlalu keras pada diri sendiri, terlalu menuntut hal yang tidak masuk akal.

Mumpung masih di awal tahun, mari kita lebih bermurah hati kepada diri sendiri, lebih menyayangi dan mencintai diri kita.

It’s crucial to have a great relationship with ourselves because it’s the only relationship that you are guaranteed to have every day of your life!

Welcome February :)

Share Article

author

fiaindriokusumo

Biasa dipanggil Fia, ibu dari dua anak ini sudah merasakan serunya berada di dunia media sejak tahun 2002. "Memiliki anak membuat saya menjadj pribadi yang jauh lebih baik, karena saya tahu bahwa sekarang ada dua mahluk mungil yang akan selalu menjiplak segala perilaku saya," demikian komentarnya mengenai serunya sebagai ibu.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan