Riescha Puri Gayatri, “Fokus pada pekerjaan yang berimpact besar terhadap hasil”

Riescha Puri Gayatri “membelah diri” sebagai media manager di Beiersdorf, mengurus akun Instagram parenting, sambil merawat Naura 5 tahun, Nara 2 tahun. Bagaimana ia membagi waktu?

riescha2

Halo mbak Riescha, apa kabar? Sedang sibuk apakah?

Kabar baik, saat ini sedang menjadi ibu (satu anakku mau masuk SD, satu lagi mau masuk preschool) , lalu menjadi media manager, lalu menulis buku kedua dan microblogging di Instagram @ Mommy.101.

FYI buku pertama launching di 2018, Buku 101 Perawatan Bayi, yang kolaborasi bersama dr. Reisa Brotoasmoro, Dokter Anak, Dokter Gigi, Dokter Gizi, Psikolog Kesehatan, Psikolog Anak, dan ahli safety) .

Apa sih yang mendasari sampai mau sharing di Instagram di tengah kesibukan jadi ibu bekerja?

Berawal saat mengandung anak pertama, aku ngerasa kalau banyak banget informasi yang diperlukan sebagai ibu baru. Kemudian saat browsing di internet, informasi kadang berbeda-beda, dan sebagai bu ga yakin mana sih yang mitos dan mana yang fakta.

Nah dari situ aku baca berbagai buku, dan aku rangkum informasi-informasi yang praktis dan dari sumber yang terpercaya. Informasi itu lalu aku share di Instagram dan juga bukuku, karena mungkin banyak Ibu baru lainnya yang juga membutuhkan.

Punya tips bagi waktu agar pekerjaan bisa lebih efisien?

Don’t sweat the small stuff, fokus ke pareto, yaitu pekerjaan yang berimpact besar terhadap hasil. Lalu punya to do list untuk membantu men-track status pekerjaan kantor dan pekerjaan di hobi. Punya jadwal dan disiplin untuk mengikuti jadwal tersebut , baik jadwal jam kerja di kantor ataupun jam kerja untuk hobi sampingan.

Tidur cukup, jangan melembur jika tidak perlu baik untuk bekerja ataupun untuk kegiatan lain (misal movie marathon, sekedar browsing-browsing).

riescha

Bagaimana bentuk dukungan suami pada karier?

Alhamdulilah suami sangat mendukung baik pekerjaan di kantor ataupun pekerjaan di hobi. Jika harus mengerjakan sesuatu, suami bersedia menjaga kedua anak. Bahkan saat penulisan buku, suami bantu proof read nya :D

Bagaimana membagi peran dengan suami dalam pengasuhan?

Suami sangat terlibat aktif dalam pengasuhan anak. Kita juga suka diskusi, apa yang bisa kita lakukan lebih baik saat mengasuh, Juga membahas apa yang bisa dilakukan untuk membentuk karakter/menghilangkan karakter tertentu pada anak.

Apa kekhawatiran terbesar sebagai ibu bekerja?

Apakah anak merasa mendapatkan perhatian yang cukup dan berkualitas. Karena saat menjadi ibu bekerja, kita tidak bisa lagi memberikan waktu. Cuma menurutku, memiliki kekhawatiran adalah hal yang wajar. Karena dengan merasa khawatir, kita jadi selalu berusaha memperbaiki diri.

Apa sih me time favoritnya?

Simple, Makan sendirian di mall tanpa harus terinterupsi suapin anak atau nememin ke kamar mandi :D


Post Comment