Metode Ortho-K: Meminimalkan Kelainan Mata Minus dan Silinder Tanpa Bedah

Metode Ortho-K, dengan menggunakan lensa kontak khusus, sebuah usaha untuk menekan atau menghambat minus dan silinder yang diderita mata, karena berbagai sebab. Tertarik?

Metode Ortho-K - Mommies DailyImage: by Allef Vinicius on Unsplash

Mau curhat dikit dulu boleh, ya, mommies? Di usia saya yang menjelang 35 tahun, baru hampir setahun belakangan saya pakai kaca mata. Didiagnosa minus dan silinder, untungnyaaa keduanya masih di bawah 2. Tapi, tapi, tapi, pas mulai membiasakan diri pakai kacamata, saya merasa kurang nyaman :D Mesti rajin bersihin kacamata lah, suka lupa saya bawa liputan, nggak bisa saya pakai baik ojol (karena takut lensanya baret) dan lain-lain. Untungnya, dokter spesialias mata yang saya kunjungi mewajibkan saya pakai kaca mata, pas lagi ngetik, nonton atau kegiatan lainnya yang melibatkan kegiatan membaca atau nonton saja.

Baca juga:Tips Fashion: Memilih Kacamata Sesuai Bentuk Wajah

Suatu hari, semacam alam semesta merekomendasi alternatif untuk lepas dari kacamata, Mommies Daily dapat undangan dari JEC – Eye Hospitals and Clinics. Membahas soal metode Ortho-K, “yaitu metode dapat menjadi alternatif untuk koreksi kelainan refraksi mata minus atau silinder bagi penderita yang ingin terbebas dari pemakaian kacamata namun tidak memenuhi persyaratan untuk tindakan LASIK,” kata DR. dr. Tri Rahayu, SpM(K), FIACLE, dokter mata subspesialis lensa kontak dan Ketua Contact Lens Service JEC.  

Jadi mommies, cari kerja metode Ortho-K menggunakan lensa kontak yang di desain khusus untuk mengoreksi dan menghambat penambahan minus pada mata penggunanya. Pada metode Ortho-K, penderita akan memakai lensa kontak khusus sepanjang malam ketika tidur. Lensa Ortho-K bekerja dengan mendatarkan permukaan kornea sehingga ketika dilepas saat bangun tidur, pasien dapat melihat dengan jelas dan dapat beraktivitas tanpa bantuan kacamata sepanjang hari. 

Baca juga: Mata Merah Belum Tentu Sakit Mata, Tapi Bisa Juga Karena Alergi Pada Mata

Waktu dibilang bisa dipakai selama tidur, lumayan terkejut sih. Sebagai orang awam, lensa kontak yang bisa dijual dipasaran, kan, nggak boleh dipakai tidur. Nah, ternyata lensa kontak uang metode Ortho-K pakai, terbuat dari bahan yang Hyper-Oxygen Transmissibility dan High Durability, sehingga memungkinkan kornea mata tetap mendapat asupan oksigen yang baik. Gitu, lhooo mommies penjelasannya.

Namun, ada keterbatasam minus dan silinder yang bisa ditekan, hanya maksimal minus 6 dan silinder maksimal 2.50 (yeaaay, saya masih ada harapan :D). Nah, lensa kontak yang digunakan, custom alias dibuat dulu sesuai dengan ukuran mata pasien. dr. Tri sempat bilang pasien termuda yang pernah ditangani, berusia 5 tahun.

Mengenai biaya, untuk pasien yang menjalani metode ini dikenai biaya sekitar 17 juta. Jadi ini semacam paket. Mulai dari pemeriksaan awal, mengukur mata untuk mendapatkan lensa kontak yang sesuai dengan mata pasien, dan lain-lain.

-

Ada yang tertarik mau coba, atau mungkin sudah pernah?

Baca juga: Perdana Pakai Eye Cream? Pastikan Mengandung 3 Bahan Utama Ini


Post Comment