Peran Kolagen Mengembalikan Stamina Kulit Zaman Masih Muda

Bukan jiwa saja yang harus dipertahankan kemudaannya, tapi juga kulit. At least, tundalah penuaan :)

Buat yang merasa malas untuk mematut diri di depan kaca selepas punya krucils gara-gara nggak selera liat kulit mengendur, mana suaranya? Iya, iya, kebanyakan dari kita dengan alasan merasa lebih penting mengurus anak dan keluarga, lantas (sengaja) lupa merawat diri.

Masalah Kulit Wajah Usia 30-an dan Rangkaian Skincare yang Tepat - Mommies Daily
Oh no, please, jangan gunakan alasan “ah, udah laku ini” lantas diri sendiri nggak diurus. Bukan, kita bukan mengurus diri demi suami nggak lari ke pelukan wanita lain, tapi demi kebahagiaan diri sendiri. Siapa, sih, yang nggak bahagia liat kulit, terutama wajah tetap berstamina (baca: mulus, kencang, halus) zaman muda dulu? Bukankah ibu yang berbahagia adalah sumber dari keluarga bahagia?

(Baca: Masalah Kulit Wajah Usia 30-an dan Rangkaian Skincare yang Tepat)

Maka mulailah kebahagiaan dengan kolagen. Kenapa? Berikut alasannya.

Kolagen sangat berguna untuk mempertahankan elastisitas kulit. Selain itu kolagen juga membentuk struktur pada sendi dan tendon. Pada dasarnya kolagen ini memiliki multifungsi, seperti melindungi organ-organ di dalam tubuh, hingga menyatukan bagian tubuh seperti tulang dan otot.

Sedihnya, makin bertambah umur, kemampuan tubuh memproduksi kolagen juga berkurang. Jadinya, fungsi-fungsi di atas pun juga menurun kemampuannya, yang paling nyata terlihat yaitu kulit jadi kendur, garis-garis halus dan kerut pun muncul. Hiks….

Kolagen juga berguna untuk mengurangi selulit. Dibanding pria, memang wanitalah yang paling banyak mengalami kondisi kulit bergelombang dan terlihat seperti kulit jeruk. Mau muda, mau tua, selulit seringkali sulit dicegah.

Kolagen adalah agen anti penuaan, or at least menunda penuaan. Rata-rata rangkaian perawatan kulit, bahkan treatment seperti laser dan ultrasonik di klinik-klinik kecantikan atau kulit biasanya menstimulasi produksi kolagen. Kolagen bekerja sama dengan protein lain yang disebut elastin untuk menguatkan jaringan dermis dan membantu kulit yang mengendur menjadi kencang kembali.

(Baca: Supaya Nggak Iritasi, Sesuaikan Pembersih Wajah Dengan Jenis Kulit)

Kolagen bekerja efektif untuk pertumbuhan rambut. Sebuah studi yang dilakukan oleh University of California, Los Angeles, Amerika Serikat tahun 2012, menunjukkan bahwa konsumsi suplemen kolagen rutin bisa menstimulasi pertumbuhan rambut yang signifikan apalagi yang mengalami rontok rambut parah.

Suplemen kolagen, dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan kolagen peptide bisa meningkatkan pertumbuhan dan memperbaiki tekstur kuku.

Kandungan asam amino dalam kolagen bermanfaat untuk melindungi lapisan dermis terluar dan membuatnya lebih cerah. Kulit pun jadi lebih glowing.

Sudah tahu, kan, manfaat kolagen buat menjaga kecantikan dan keremajaan kulit, juga rambut? Nah, produksi kolagen bisa dibantu dengan mengonsumsi bahan makanan yang mengandung vitamin C tinggi seperti buah Kiwi. Putih telur dan bawang putih ternyata juga bisa, lho, boosting produksi kolagen di dalam tubuh.


Post Comment