Samuel Rizal: Saya Menjaga Hubungan Baik Sekaligus Menjaga Jarak dengan Mantan Istri

Samuel Rizal Arifin, aktor sekaligus pemain basket berusia 38 tahun ini berbagi cerita mengenai kehidupan setelah bercerai dan tips menjaga hubungan baik dengan mantan istri. 

Apa pesan mengenai pernikahan yang ingin dia sampaikan ke putri semata wayangnya, Drucilla Kalea Arifin (7 tahun)? Simak obrolan saya dengan Samuel atau yang akrab disapa dengan Sammy …

Samuel Rizal - Mommies Daily

1. Tips hingga bisa menerima kondisi perpisahan ini?

Mau tidak mau, suka tidak suka, perpisahan sudah pasti nggak mudah untuk dijalani. Saya menyerahkan semuanya kepada Tuhan sebagai pemilik kehidupan dan waktu juga yang membuat saya bisa menerima kondisi ini.

2. Bagaimana kehidupan setelah menjadi single dad?

Berusaha sebaik-baiknya menjalani kehidupan yang mungkin di mata orang lain kurang normal ya, hehehe. Saya hanya fokus pada anak aja ditambah sekarang lebih hati-hati dalam mencari pasangan karena nggak ingin mengulangi kesalahan yang sama.

Samuel Rizal - Mommies Daily

3. Bagaimana menjelaskan tentang perpisahan ini ke anak?

Sesuai dengan kapasitas usianya dia aja sih. Saat ini kan Cilla usianya tujuh tahun ya. Yang jelas saya selalu mencoba untuk meluangkan waktu untuk berdua Cilla, dan memastikan bahwa Cilla tetap mendapat kasih sayang dari bapak dan ibunya.

4. Kekhawatiran terbesar setelah menjadi single dad?

Hmmm, takut kalau gagal lagi, karena yang saya pikirkan adalah dampak dari kegagalan saya terhadap kondisi psikis anak ke depannya. Nah, berkaitan dengan takut merasa gagal, otomatis saya menjadi lebih hati-hati dalam mencari pasangan, dan butuh waktu yang nggak sebentar, jadi kekhawatiran berikutnya adalah kalau saya sulit mendapat keturunan lagi, mengingat waktu dan usia yang terus bertambah.

Samuel Rizal - Mommies Daily

5. Hal yang membuat kehidupan pasca bercerai baik-baik saja?

Selalu mengingatkan diri sendiri bahwa setiap orang itu punya masalah dan kesusahannya masing-masing, dan porsi saya yang ini, jadi jalani dengan ikhlas, selalu mengandalkan Tuhan serta fokus saja pada tumbuh kembang anak.

6. Ada tips untuk sesama single dad di luar sana nggak?

Belajar dari kegagalan yang pernah kita alami itu penting agar nggak mengulangi kesalahan yang sama, selalu ingat Tuhan dan meminta bantuannya ketika sedang merasa tidak nyaman. Jangan juga perceraian membuat kita berubah menjadi manusia yang sulit, tetap memiliki attitude yang baik dan sebisa mungkin melakukan hal-hal baik di dalam hidup serta bisa membawa diri di mana pun kita berada.

7. Bagaimana kehidupan setelah bercerai untuk diri sendiri dan anak?

Sebisa mungkin mengutamakan keperluan anak, memberikan hidup yang layak untuknya, mencari perkenan Tuhan, baru memikirkan kebutuhan diri saya.

8. Tips menjaga hubungan dengan mantan istri?

Saya menjaga hubungan baik namun tetap menjaga jarak sih, karena ini yang terbaik saya rasa. Berkomunikasi atau berhubungan ya benar-benar kalau menyangkut Cilla aja. Tapi nggak ada benci atau dendam, karena semua kan sudah berlalu juga ya.

9. Pelajaran yang bisa diambil sebagai single dad?

Saya jadi lebih bertanggung jawab terhadap diri sendiri serta keluarga, nggak sibuk membandingkan diri dengan orang lain dan lebih niat lagi untuk menjalani hidup dengan baik-baik.

Samuel Rizal - Mommies Daily

10. Pesan mengenai pernikahan yang kelak akan kamu berikan ke anak?

Sebisa mungkin jangan melakukan kesalahan yang sama seperti orang tuanya dulu lakukan, namun kalau memang hal itu harus terjadi, selalu utamakan tumbuh kembang anak.


Post Comment