Perubahan Hormon yang Bikin Anak 6-8 Tahun Super Moody

Punya anak usia 6-8 tahun dan moodnya sangat tidak terduga? Wajar karena mereka sedang mengalami perubahan dalam dirinya karena adrenache.

Yes, nama yang asing sekali ya. Sepanjang pengalaman saya, mengenali apa yang sedang terjadi pada tubuh anak, membuat kita lebih “maklum” pada semua tingkah lakunya, bahkan yang paling menyebalkan sekali pun. :)))) Jadi ayo berkenalan dengan adrenache!

Anak agresif - Mommies Daily

Adrenache adalah fase pertumbuhan yang dialami anak usia 6 sampai 8 tahun. Hormon adrenal androgens di tubuhnya mengalami perubahan untuk mempersiapkan pubertas sehingga emosinya jadi tidak terkendali.

(Baca: Ingat 5 Hal Ini Ketika Menghadapi Anak yang Sedang Marah)

Bedanya dengan pubertas, adrenache tidak menunjukkan tanda-tanda fisik sehingga sulit dikenali. Kalau pubertas kan jelas menunjukkan tanda eksternal seperti jerawat, payudara membesar pada perempuan atau tumbuh rambut pada laki-laki. Adrenache hanya menunjukkan perubahan mood dan emosional.

Memang agak membingungkan karena tantrum kan biasanya terjadi pada balita, tapi sebetulnya fase ini bisa dilewati dengan komunikasi dengan anak yang baik. Karena anak kan sudah bisa berkomunikasi, beda dengan saat ia balita.

Bicara pada anak tentang perasaannya saat ia sudah lebih kalem, validasi emosinya dan katakan kalau kita mengerti apa yang ia rasakan. Namun seperti tantrum balita, pastikan orangtua punya otoritas untuk konsisten, tegas, dan adil. Jangan kalah!

Satu lagi, adrenache ini berbeda dengan pubertas dini ya! Adrenache ini justru menandai datangnya masa awal pubertas yang mungkin baru akan terjadi 2-3 tahun lagi. Jadi, seharusnya sekarang sudah tidak pusing lagi ya moms kenapa anak umur 6-8 kok jadi sering marah-marah. Salahkan adrenache! :)

(Baca: 10 Alasan Pemicu Kemarahan Remaja)


Post Comment