5 Hal yang Saya Katakan Setiap Kali Anak Berangkat Sekolah

Di tengah-tengah kesibukan saya bekerja, ada lima hal yang selalu saya katakan ke anak-anak setiap kali saya melepas mereka untuk pergi ke sekolah.

Anak Berangkat ke Sekolah - Mommies Daily

Saya dan juga anak-anak kebetulan bukan tipe yang romantis. Walaupun dibandingkan dengan mama saya, ya saya jauuuuuh lebih romantis sih ke anak-anak, hahahaha.

Mama saya bukan tipe mama-mama yang terbiasa memeluk atau mengatakan I love you ke anak-anaknya dari dulu hingga detik ini. Kebalikannya, saya sering mengucapkan I Love You atau mama sayang kakak/adik ke anak-anak saya. Tapi, bukan juga tipikal yang akan bilang I looveeee you sooo much, atau I love you more and more and more. Ya udah hanya bilang I love you. Begitu pun anak-anak saya. Mereka akan membalasnya dengan I love you too mah. Titik. Tapi kami paham, kami saling menyayangi dan mencintai satu sama lain.

Baca juga: 3 Kesalahan Orang tua yang Memiliki Anak SD

Di luar itu, ada lima hal yang selalu saya katakan ke anak-anak setiap kali saya melepas mereka berangkat ke sekolah. Kebiasaan yang baru beberapa bulan ini saya lakukan:

  1. Be good

Sama seperti yang saya ucapkan di dalam doa setiap hari untuk anak-anak saya, saya berharap mereka akan selalu baik-baik saja di mana pun mereka berada dan dengan siapa pun mereka bersama. Be good juga berarti agar mereka hanya melakukan hal-hal baik dan dikelilingi oleh orang-orang baik.

  1. Learn Lots

Saya ingin setiap kali mereka berangkat ke sekolah, akan ada banyak hal yang mereka pelajari. Tak hanya belajar tentang akademis di sekolah, tapi juga belajar segala hal di dalam perjalanan menuju sekolah, pulang sekolah, ketika bergaul di sekolah. Jangan membatasi diri hanya belajar sesuai mata pelajaran di hari itu, tapi semoga dalam segala sisi yang mereka temukan setiap harinya, mereka mendapat banyak pelajaran berharga. Bahkan untuk urusan jatuh cinta, patah hati, berantem dengan teman, melihat tukang jualan atau sepanjang menikmati kemacetan di perjalanan.

Baca juga: Agar Anak Belajar Berpikir Kritis

  1. Have fun

Jangan lupa untuk bersenang-senang , itu yang juga saya tekankan ke mereka. Bersenang-senanglah dalam belajar, bersenang-senang ketika bermain bersama teman, bersenang-senang ketika ngobrol dengan guru, bersenang-senang saat mencicipi berbagai jajanan di sekolah.

  1. Do your best

Dari dulu saya selalu bilang, saya tidak pernah meminta mereka meraih nilai bagus di semua mata pelajaran, hanya di mata pelajaran yang mereka suka dan di mata pelajaran yang akan berpengaruh terhadap masa depan mereka. Namun di luar itu, saya meminta mereka selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik dan semaksimal mungkin. Agar mereka tahu artinya bekerja keras dan tak mudah menyerah.

  1. I Love you

Saya ingin, kalimat terakhir yang mereka ingat ketika mereka keluar dari rumah dan berangkat ke sekolah adalah kalimat bahwa mamanya mencintai mereka. Agar mereka tahu, ketika sekolah mungkin sedang tak ramah, saat teman-teman mungkin sedang tak menyenangkan, ada sosok mama yang selalu akan mencintai mereka, tak peduli seberat apa pun hidup yang mereka jalani. Cinta mama tak akan pernah habis untuk mereka. Itulah yang saya ingin agar mereka ingat. Bahwa mereka dicintai oleh saya.

Baca juga: Soft Skill yang Diperlukan Oleh Anak SD

Bagaimana dengan mommies, adakah kalimat lain yang kerap Anda ucapkan sebelum melepas anak-anak tersayang berangkat ke sekolah?


Post Comment