Lawan Bullying di Instagram dengan Dua Fitur Ini

Instagram meluncurkan dua fitur untuk melawan bullying. Sebuah usaha yang manis di tengah-tengah bullying online yang kian merajalela. 

Salah satu produk perkembangan teknologi yang makin mencuat, adalah social media, lebih mengerucut lagi aplikasi Instagram. Makin banyak netizen “memercayakan” content-content-nya di IG. Mulai dari  sesuatu yang sifatnya personal, hingga urusan bisnis. Dan fakta memang berbicara, Instagram menjadi alat bantu efektif banyak pihak dalam melancarkan usahanya.

Baca juga: Mengapa Verbal Bullying (Lebih) ‘Mematikan’?

Sayangnya sebagian orang malah menyalahgunakan fungsi utama Instagram, malah dijadikan ajang nge-bully. Jika mommies mendapati diri sendiri atau orang terdekat terkena bully si IG, coba deh sarankan menggunakan dua fitur ini.

1. Restrict

Lawan Bullying di Instagram dengan Dua Fitur Ini - Mommies Daily

Fitur ini didesain untuk membatasi interaksi komentar negatif di Instagram, tanpa diketahui oleh si pelaku.

Bagaimana cara kerjanya? Mommies pilih komentar yang ingin dibatasi, dan pilih fitur “Restrict Account.” Setelah itu, komentar bernada negatif tersebut, tidak bisa dilihat oleh pemilik akun dan orang lain. Akun yang mommies aktifkan “Restrict Account” tidak akan tahu kalau komentarnya telah diblokir.

Selain itu, jika mereka menggunakan jalur “Direct Message (DM)”, pesan yang dikirim akan masuk ke “Message Request”, dimana si pengirim pesan hanya bisa berinteraksi dengan mommies jika “request” mereka dikabulkan mommies.

Baca juga: Waspada Trend Cyber Bullying pada Remaja

2. Stiker “Create Don’t Hate”

Lawan Bullying di Instagram dengan Dua Fitur Ini - Mommies Daily

Dari press release yang kami dapat, disebut bahwa stiker ini merupakan salah satu bentuk kelanjutan komitmen Instagram untuk memerangi perundungan (bullying) dari layanannya. Selain itu, melalui koleksi stiker Create Don’t Hate, Instagram ingin menyampaikan dukungan mereka bagi para pengguna Instagram. Instagram berharap stiker ini dapat membantu mencegah seseorang mengalami dan melihat perilaku bullying di Instagram, serta mendorong perilaku dan interaksi yang positif di layanannya.

Ketika mommies melihat teman menggunakan stiker ini, ketuk stiker tersebut, mommies akan mendapati pesan resmi dari Instagram yang berbunyi:

“Instagram menentang perundungan online. Apa yang dikatakan orang-orang secara online, juga dapat menyakiti secara offline. Bantu kami menjaga Instagram agar tetap aman dengan menggunakan stiker ini untuk menentang perundungan, mendukung teman, atau menyebarkan hal positif di Instagram.”

Awww, manis ya, mommies?

Jadi mulai sekarang ayo berani melawan para pelaku bully. Selain dua fitur di atas, saya pribadi lebih memilih fitur “block” :D. Saya nggak mau toleransi dengan orang-orang yang sudah jelas dengan sadar menyakiti perasaan kita. Untuk apa lingkaran pertemanan seperti itu dipertahankan? Lebih baik berkumpul dengan teman-teman yang menebar kebaikan, seperti kiat-kiat tertentu, rekomendasi tempat, resep atau benda yang berfaedah.

Baca juga: Hati Hati, Anak Jadi Korban dan Pelaku Bullying Karena Sikap Orangtua

Itu sikap saya, ya :D, reaksi mommies sendiri gimana kalau di-bully di social media? Ada yang sudah pernah menggunakan salah satu atau dua fitur Instagram di atas?


Post Comment