Ini yang Harus Disiapkan Anak Saat Orang Tua Makin Menua

Orang bilang, setiap tahapan usia punya tantangannya masing-masing.

Di usia kita yang memasuki  30-40 tahun ini, orang tua kita sudah semakin menua. Mulai muncul berbagai pemikiran karena mereka sudah tidak lagi ada di usia produktif.

Berbeda saat kita di usia 20-an dulu, rasanya orang tua masih orang yang mandiri dan tidak mungkin bergantung pada kita. Tapi seiring berjalannya waktu, ada beberapa hal yang harus disiapkan untuk orang tua agar bisa hidup lebih tenang.

Panti Jompo & Rusun Khusus Lansia

Asuransi kesehatan atau BPJS

Sulit sekali mencari asuransi kesehatan yang mau mengcover orang tua di atas usia 50 tahun. Kalau pun ada, harganya sangat mahal dan tidak terjangkau oleh kelas menengah.

Solusinya dua, miliki asuransi kesehatan sejak muda atau gunakan fasilitas pemerintah yaitu BPJS. Pastikan orang tua selalu bayar iuran BPJS tepat waktu untuk meringankan beban jika orang tua jatuh sakit.

Baca juga:

Tarif Panti Jompo dan Rusun Khusus Lansia Mulai dari yang Biasa Hingga Eksekutif

Pos dana darurat orang tua

Selain mungkin memberi orang tua uang secara bulanan, mommies juga bisa memulai untuk membuat pos dana darurat untuk orang tua. Anggap saja sebagai pos uang hilang, ketika sesuatu yang darurat terjadi pada orang tua, mommies bisa gunakan pos ini.

Jika hal darurat itu sampai tidak terjadi, uang itu bisa digunakan untuk hal lain. Kenapa tidak diberi langsung?

Ya namanya juga dana darurat, kalau diberi langsung pada orang tua, dikhawatirkan uangnya terpakai dan ketika ada kondisi darurat jadi tidak ada cadangan uang sama sekali.

Baca juga:

Memberi Uang Untuk Orang Tua dan Mertua, Seperti Apa Aturannya?

Waktu

Ini sepertinya yang paling sulit ya, ahahahaha. Di luar segalanya, kita hanya perlu meluangkan waktu untuk quality time bersama orang tua.

Sekadar menelepon atau mengupdate keseharian lewat chat tidak ada salahnya kan.

Jadi, sudah siapkan apa untuk orang tua kita?


Post Comment