Dos & Dont’s Pesta Ulang Tahun Anak yang Wajib Dipahami Orangtua

Mau mengadakan pesta ulang tahun anak? Coba, deh, perhatikan 10 poin dulu di bawah ini. Supaya pesta ulang tahun makin seru dan bermakna serta berkesan untuk anak, keluarga, saudara dan teman yang datang.

 Dos & Dont's Pesta Ulang Tahun Anak yang Wajib Dipahami Orangtua - Mommies Daily

 

Beberapa bulan lalu Jordy anak saya, punya permintaan spesifik terkait ulang tahunnya ke-5 – minta dirayakan meriah dan tidak mau di rumah atau daycare karena sudah pernah merayakan ulang tahun di dua tempat itu. Saya dan pasangan memutuskan mewujudkan. Pertama karena lepas dari usia balita (kombinasi sedih tapi bahagia). Kedua, pertama kalinya dia punya momen spesial merayakan ulang tahun di luar dengan belasan teman, tenaga pengajar dan miss-nya.

Sebelum melangsungkan pesta ulang tahun Jordy, saya sempat diskusi dengan rekan-rekan kantor yang sudah lebih pengalaman mengadakan pesta ulang tahun untuk anak-anak mereka, dan terangkumlah, sekian poin penting berikut ini.

1. Pilih tempat yang menyediakan fasilitas ulang tahun lengkap

Melaksanakan pesta ulang tahun di luar rumah atas nama efisiensi tenaga dan waktu menjadi pertimbangan orang tua masa kini. Kebayang, kan,  kalau mengadakan pesta di rumah? sangat repot harus mempersiapkan segala keperluan pesta. Kelebihan lainnya mengadakan pesta ulang tahun di luar rumah adalah tidak perlu repot menyiapkan makanan, venue yang mumpuni, nyaman, punya fasilitas lengkap. Mulai dari konsep acara, MC, hadiah, dekorasi, kartu undangan, tema backdrop, kue ulang tahun dan lain-lain. Restoran menjadi pilihan paling logis untuk mendapatkan sekian fasilitas tadi.

2. Persiapkan segala sesuatu dari jauh-jauh hari

Hindari “proyek roro jonggrang”, ya, mommies. Biasanya sesuatu yang diadakan terlalu mepet, ada saja kekurangan di sana sini. Kalau menyiapkannya mepet, nanti menyebar undangannya juga mepet, dong. Harap diingat, kalau setiap orang pasti seringkali sudah punya rencana kegiatan. 

Kebayangkan kalau kita kirimkan undangan mendadak, padahal yang mau kita undang ada kegiatan lain. Sehingga bentrok ketika mau datang, nggak datang nanti nggak enak sama pihak pengundang. Idealnya sih, undangan disebar dua minggu sebelum hari H. Mereka yang diundang masih punya waktu untuk mengosongkan jadwal dan mencari hadiah yang tepat, hahaha. Demi efisiensi tenaga, biaya dan waktu, undangan bisa berupa Whatsapp atau bisa juga berbentuk fisik, semua terserah kita kok.

3. Pilih goodie bag yang mengedukasi dan menarik 

Prinsip ini penting banget menurut saya. Sayang, kan, sudah menghabiskan ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tapi goodie bag anak-anak tidak punya fungsi maksimal. Pinginnya sih, yang bisa digunakan setiap hari. Misalnya yang disediakan paket ulang tahun di beberapa restoran berupa tas ransel, pasti terpakai untuk anak-anak yang sudah sekolah. Atau bisa juga dipertimbangkan, tempat minum, buku cerita, pouch untuk menyimpan perlengkapan anak-anak dan lain-lain.

4. Tentukan tema dan dekorasi  ulang tahun

Pilih tema dan dekorasi ulang tahun sesuai dengan kegemaran anak. Seringkali dekorasi menjadi urusan yang merepotkan, namun sejumlah restoran yang menyediakan acara ulang tahun, biasanya juga menyediakan dekorasi. Mommies tinggal pilih mana yang paling sesuai dan menarik, tanpa perlu repot mendekorasi.

5. Spesifik tentang waktu dan lokasi 

Karena saya pribadi merasa senang dengan undangan yang mencantumkan lokasi, hari, tanggal dan jam yang jelas, maka saya juga ingin ketika mengirimkan undangan, semua informasi tersebut sudah ada. Kebayang nggak sih kalau terima undangan tapi kita masih harus bolak-balik nanya di mana, kapan, jam berapa. Lebih enak lagi kalau sekalian share location agar para tamu nggak nyasar.

6. RSVP please

Mau sedekat apa pun hubungan kita dengan pihak yang kita undang, ingatkan mereka untuk melakukan RSVP ya. Bukannya mau belagu, tapi ini membantu kita untuk menghitung jumlah tamu yang akan datang, dan otomatis ini berkaitan dengan porsi makanan dan jumlah goodie bag yang harus disediakan.  Jangan lupa juga, kasih batasan waktu untuk RSVP.

7. Cari tempat yang nyaman dan strategis

Pesta ulang tahun kerap dijadikan ajang reuni untuk kita para orangtuanya, setuju? :). Nah, ada baiknya tempat yang kita pilih memerhatikan kenyamanan dan keamanan untuk semua pihak. Tersedia toilet yang nyaman dan bersih dengan jumlah mumpuni, tempat-tempat duduk yang teduh, dan aksesnya mudah dijangkau, baik itu dengan kendaraan pribadi atau transportasi umum.

8. Pilih kue ulang tahun yang rasanya disukai semua anak

Rasa paling aman untuk kue ulang tahun anak-anak adalah cokelat. Namun, akan lebih baik kue yang gluten free, jadi aman dimakan anak yang punya riwayat alergi. Selain itu, pilih desain dan warna yang sesuai dengan tema yang anak pilih. Hal ini akan membuat anak semakin happy di hari ulang tahunnya.

9. Menu makanan yang variatif

Sediakan aneka menu yang dapat mengakomodir selera makan anak dan orangtua. Misalnya, hampir semua anak suka olahan ayam dan mie, lebih aman dibandingkan ikan, karena ada durinya. Sementara untuk orangtua, relatif suka yang pedas-pedas atau berkuah.

10. Hanya undang keluarga dan teman dekat supaya lebih intim 

Di keramaian, anak biasanya merasa lebih nyaman kalau dikelilingi orang-orang yang sering ia temui, minimal sudah dikenal. Usahakan tamu undangan yang datang, terdiri dari keluarga dan teman-teman terdekat anak. Misalnya teman-teman kelasnya anak, geng satu jemputan, dan lain-lain. Acara yang lebih intim akan membuat memori anak lebih lekat, karena dia bisa berinteraksi dengan hampir semua orang di sana.

Nah, setelah mempelajari dengan saksama poin-poin di atas, saya memutuskan untuk merayakan ulang tahun Jordy di restoran Bakmi GM. Tambah yakin setelah mendengar salah satu rekan kerja yang sudah lebih dulu merayakan ulang tahun anaknya di Bakmi GM, dia terkesan, karena harga yang sangat terjangkau, tapi mendapatkan pelayanan terbaik Tim Restoran Bakmi GM. Segala sesuatunya dipersiapkan dengan detail, acara berjalan meriah dan lancar.  

Paket ulang tahun yang Bakmi GM tawarkan sudah lengkap dengan fasilitasnya. Saya nggak perlu lagi mikirin konsep acara, dan tinggal pilih menu makananannya. Yang paling bikin bahagia, harganya itu, lho, ekonomis!

Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 9.091 (belum termasuk pajak) per anak. Harga ini termasuk , MC yang asyik, dekorasi sesuai tema, kartu undangan, hadiah anak yang ultah, souvenir teman-teman yang ultah, foto, backdrop berbagai macam tema, serta balon. Harga tersebut belum termasuk makanan. Tinggal dipilih aja, menu-menu makanan yang masuk ke dalam budget mommies. Dengan berbagai menu khas Bakmi GM yang beragam, membuat saya tidak khawatir anak – anak dan orang dewasa jenuh dengan menu-nya.

Selain itu ada beberapa pilihan aktivitas yang bikin pesta ulang tahun makin seru. Photo corner, Magic balloon, Menghias kue, dan tambahan maskot dari Bakmi GM yaitu Sam, Tim, Mia. Melihat varian kegiatannya, ulang tahun orang dewasa juga bisa banget, dirayakan di Bakmi GM.

Jadi sekarang sudah tidak perlu bingung lagi, dong, ya merayakan ulang tahun anak dimana dan mempersiapkannya seperti apa? Yang punya rencana akan menggelar ulang tahun anak, bisa tanya seputar infonya ke cs@bakmigm.co.id, website Bakmi GM www.bakmigm.com  ,telepon ke 021–5655-008 atau bisa juga langsung kunjungi store Bakmi GM terdekat.


Post Comment