Review “Inside Bill’s Brain”, Dokumenter di Balik Otak Brilian Bill Gates

Siapa tak kenal Bill Gates? Sampai detik ini jutaan manusia menggunakan software ciptaannya, Microsoft.

Sutradara dokumenter Davis Guggenheim membuat 3 episode Netflix berjudul “Inside Bill’s Brain: Decoding Bill Gates”. Dokumenter ini mengajak kita mendengar langsung tentang kehidupan pria 63 tahun ini dari sisi istrinya, Melinda, kakak dan adik perempuannya, karyawan, hingga sahabatnya, pebisnis Warren Buffet.

bill gates netflix

Inti serial ini justru bukan tentang bagaimana ia membangun Microsoft, tapi bagaimana Bill & Melinda Gates Foundation membantu menyelesaikan masalah di dunia. Bagaimana ia berusaha mengajak orang-orang yang kompeten di bidangnya untuk bersama menyelesaikan masalah itu.

Episode 1 berkisah tentang Melinda dan Bill terkejut membaca berita di New York Times bahwa masih ada anak di dunia yang meninggal karena diare. Kok bisa? Ternyata di negara-negara Afrika, saluran sanitasi itu tidak ada. Kotoran manusia dibuang begitu saja ke sungai, dan di sungai yang sama anak-anak bermain air dan mereka mengambil minum dari sana. Bagaimana tidak diare?

Bill dan Melinda berusaha mencari teknologi toilet yang bisa mengurai sendiri kotoran manusia di harga yang murah. Mereka sampai membuat kompetisi di berbagai negara untuk menemukan teknologi itu.
Episode 2 berkisah tentang perjuangannya menghilangkan masalah polio di dunia dengan berbagai tantangannya sementara di episode 3, cerita bergulir seputar tenaga nuklir yang aman untuk kehidupan manusia.

Menariknya, sang sutradara menyelipkan pertanyaan trivia di tengah-tengah kisah “heroik” itu. Ia juga mengaitkan apa yang Bill Gates lakukan sekarang dengan pengalaman Bill di masa kecil, bagaimana ia dibesarkan, apa cerita paling menarik saat ia sekolah, dan banyak lagi.

Juga dari sudut pandang Melinda, sebagai karyawan yang pada akhirnya jadi istrinya. Bill selalu melihat Melinda dengan setara. Juga dikejutkan dengan fakta betapa pintarnya Melinda ahahahaha. Ya tentu ya, orang pintar menikah dengan orang pintar jadinya memang bisa mengubah dunia. :)

Selesai menonton, kita akan mendapat sekilas kehidupan Bill di masa kecil, peran ayah dan ibunya yang sangat banyak sampai ia bisa seperti sekarang, hingga betapa kerasnya ia bekerja sampai bisa jadi orang terkaya di dunia bertahun-tahun lamanya.

Worth to watch! Di Netflix ya!


Post Comment