Cara Ampuh Kurangi Stres untuk Para Ibu Bekerja

Bekerja sambil berkeluarga itu multitasking yang luar biasa ya. Stres rasanya jadi sahabat sehari-hari.

Padahal stres itu tidak baik lho kalau berkelanjutan dan kita pasti bisa menjalani kehidupan sebagai ibu bekerja, mengurus keluarga, dan tidak stres.

Tapi tentu ada caranya. Ikuti cara di bawah ini, ampuh untuk mengurangi stres bagi kita, ibu bekerja.

kantor, ibu bekerja

Sleep well

Waktu tidur adalah salah satu yang paling sering dikorbankan ya. Rasanya ingin me time nonton Netflix setelah seharian bekerja dan anak sudah tidur. Tapi percayalah, tidur lebih penting dibanding ketinggalan serial terbaru.

Tidur lebih lama membuat badan lebih fresh di pagi hari. Jadikan tidur sebagai prioritas utama untuk mengurangi stres.

Ya kecuali kalau mommies masih punya bayi yang terbangun di malam hari ya. Sabar saja kalau begitu, nanti juga berlalu ahahahaha.

Banyak tertawa

Tertawa itu menyenangkan kan! Maka carilah hal-hal yang bisa membuat tertawa. Makan siang bersama teman atau meluangkan waktu setengah jam sebelum pulang kantor menonton stand up komedi favorit. Tertawa itu sehat jadi jangan dilupakan ya!

Makan dengan benar

Makan tidak sehat membuat tubuh juga tidak enak dan menambah hal yang membuat stres. Pastikan selalu makan dengan sehat agar tubuh tetap bugar. Ya jajan boleh saja, tapi selalu makan dengan sadar agar setiap makanan yang masuk ke tubuh itu sudah kita pikirkan baik buruknya.

Ubah ekspektasi jadi lebih realistis

Kadang yang membuat stres adalah ekspektasi kita sendiri yang terlalu tinggi atau segalanya harus sempurna. Saat menginginkan sesuatu, ingat SMART (Specific, Measurable, Attainable, Realistic, Time Bound).

Goals kita harus spesifik, terukur, bisa diraih, realistis, dan tentukan waktu tercapainya. Dengan demikian, kita jadi tidak mudah kecewa yang berujung pada stres.

Punya to do list

To do list harian dan mingguan itu membuat hidup lebih produktif lho. Kalau niat, buat journal yang berisi jadwal to do list kita. Kalau kurang niat (seperti saya haha), setiap datang ke kantor yang pertama dilakukan adalah menulis list hal yang harus dilakukan hari itu. Lalu setiap kali kehilangan fokus, kembali pada list itu.

Mengerjakan sesuatu sesuai waktunya akan mengurangi stres kita.

Latihan fokus

Baru kerja sedikit, sudah buka Instagram. Baru selesai satu pekerjaan, sudah buka YouTube. Disiplin untuk fokus itu memang sulit ya! Kalau memang benar-benar sulit, beri waktu jeda.

Misal boleh buka Instagram 15 menit setelah 1 jam bekerja. Tapi setelah waktunya bekerja ya kembali fokus bukannya malah terus menerus terdikstraksi. Tak terasa 2 jam hilang, lembur 2 jam deh jadinya.

Jangan abaikan napas sebagai alat bantu untuk fokus! Tarik napas dalam beberapa kali biasanya membantu kita untuk meluruskan niat untuk fokus pada yang harus dilakukan.

Hindari racun-racun

Iya hindari toxic friend, toxic relationship, dan toxic lainnya. Kadang masalahnya sepele tapi karena terus menerus jadinya membuat stres.

Kalau memang sudah tidak membawa hal positif dalam hidup, hentikan saja hubungan dengan si racun-racun ini. Pasti bisa kok, pasti bisa baik-baik saja.

Semangat bekerja, mommies!


Post Comment